Bupati Siak H Syamsuar menerima cenderamata dari Bupati Irwan saat kunjungan kerjanya di Meranti. (BOC)

Jumat, 21 April 2017 - 10:01 WIB 1420000

Kunjungi Meranti, Berikut Pemikiran Bupati Syamsuar soal 'Kue' Pembangunan Provinsi

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak H Syamsuar mengaku pembagian "kue" dari Provinsi ke berbagai daerah yang ada hendaknya dilakukan secara proporsional. Tetap berkeadilan namun berarti tidak menjadi sama.

"Kenapa kita sebutkan secara proporsional, sebab seluruh kabupaten kota yang ada di Riau tidaklah merata pembangunan yang telah dicapai," ujar Syamsuar di hadapan peserta pertemuan dalam rangka kunjungan kerja Bupati Siak ke Selatpanjang, Kamis (20/4/2017).

Ada daerah yang sudah cukup maju, namun masih banyak daerah yang sangat tertinggal seperti Meranti, jadi wajar kalau Meranti mendapat bantuan dana pembangunan lebih besar.

"Selama ini kebijakan alokasi dana pembangunan yang bersumber dari dana Provinsi ke daerah, belum dilakukan secara proporsional," ungkap Syamsuar.

Kegiatan berlangsung di Afifa Futsal Selatpanjang. Syamsuar dalam kesempatan itu juga menanggapi berbagai pertanyaan masyarakat seputar ketertinggalan Meranti dan penderitaan masyarakat yang masih terjadi hingga saat ini.

Dari berbagai pertanyaan yang terlontar, Syamsuar mengatakan hal itu akan diperjuangkan nantinya secara bersama-sama dengan seluruh komponen pemerintahan yang ada. Baik dari tingkat daerah, maupun tingkat propinsi bahkan dari tingkat nasional.

Sebab persoalan yang dihadapi Meranti, tentu memang tidak sama dengan persoalan yang dihadapi daerah lain.

Sebab letak posisi Meranti yang berpulau-pulau sangat mempengaruhi lambannya pembangunan. Apalagi transportasi umum yang digunakan masyarakat umumnya mengandalkan transportasi laut.

Dengan menggunakan transportasi laut, maka seluruhnya akan berjalan lamban dan juga menimbulkan biaya besar. "Inilah tantangan pemerintah kabupaten yang secara terus menerus harus diperjuangkan baik di tingkat provinsi maupun ke tingkat pusat,kata Syamsuar.

Persoalan musibah abrasi yang sangat mengancam keberlangsungan pulau ini ke depan lanjut Bupati Siak ini,jika tidak ada campur tangan provinsi dan juga pusat, maka persoalan hilangnya daratan Kepulauan Meranti akan terus terjadi sepanjang tahun.

Persoalan kemiskinan dan minimnya infrastruktur juga masih mengayut di Meranti. Untuk itu kita harapkan kesamaan pandang dari seluruh masyarakat Meranti nantinya untuk berperan aktif membangun Meranti ke depan.

"Mari bergendeng tangan membangun Meranti, menuju Meranti menjadi daerah perdagangan yang maju, unggul dimasa datang,"ujar Syamsuar mengakhiri pembicaraan.(RB/jos)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

Kabar Terkini, SK Suparman Tunggu Petunjuk Mendagri

Jumat, 21 April 2017 - 00:35 WIB

Mau Tahu Besaran Anggaran Pilgubri 2018?

Jumat, 21 April 2017 - 00:18 WIB

Djarot: Selamat Pak Anies-Sandi.

Rabu, 19 April 2017 - 17:26 WIB

Bupati Irwan Ingatkan soal Sembako Jelang Ramadhan

Rabu, 19 April 2017 - 09:00 WIB

Gubri Pilih Nama Ini Sebagai Wakil Gubernur Riau

Rabu, 12 April 2017 - 23:13 WIB

Ketua Komisi C DPRD Kuansing Mundur, Kenapa Ya?

Rabu, 12 April 2017 - 09:45 WIB

Cari Judul Berita




sidang paripurna dprd riau pemilihan wakil gubernur


galeri menanam padi siak


Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize