Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Amerika Serikat, Michael Richard Pence. (net)

Jumat, 21 April 2017 - 13:14 WIB 7520000

Indonesia-Amerika Serikat Sepakat Berdamai, Wapres AS: Islam Indonesia Inspirasi Dunia

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Indonesia dan Amerika Serikat (AS) bersepakat untuk menguatkan komitmen untuk meningkatkan strategic partnership yang akan difokuskan pada bidang investasi dan perdagangan, serta menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.

Wakil Presiden Amerika Serikat, Michael Richard Pence beserta istrinya Karen Pence beserta rombongan menginjakan kaki di Indonesia pada Rabu (19/4) malam. Pesawat kepresidenan Pence mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma. Dia dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta pengusaha Indonesia.

Keesokan harinya Presiden Joko Widodo menyambut Pence dan istrinya di Istana negara sekitar pukul 10.00 WIB. Tak hanya memboyong istrinya, Michael Richard Pence juga mengajak dua putrinya Audrey Pence dan Charlotte Pence. Mereka memasuki halaman Istana Kepresidenan Jakarta menggunakan mobil kepresidenan AS berjenis minibus.

Seperti penyambutan tamu negara lainnya, kedatangan Michael Richard Pence dan keluarganya disambut meriah. Sejumlah siswa dan siswi sekolah dasar (SD) yang menyambut Michael Richard Pence nampak mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Indonesia.

Setibanya Michael Richard Pence di halaman Istana Kepresidenan, Kepala Negara dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut hangat.

Setelah berdialog singkat, Jokowi mengajak Michael Richard Pence dan keluarganya masuk ke Istana Merdeka. Ini adalah kunjungan awal pemerintahan Donald Trump.

Di dalam Istana Merdeka, Jokowi mempersilakan Michael Richard Pence mengisi buku tamu kenegaraan. Selanjutnya Jokowi dan Michael Richard Pence melakukan veranda talk atau berbincang singkat di beranda belakang Istana Merdeka.

rb

"Kita berdua telah membahas sejumlah isu baik bilateral maupun internasional," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (20/4).

Sejumlah hal yang dibahas antara lain terkait komitmen Amerika Serikat untuk meningkatkan strategic partnership dengan Indonesia.

Strategic partnership ini akan difokuskan pada bidang investasi dan perdagangan. Selain itu, kedua negara juga sepakat menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.

"Sebagai negara muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia kita juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian," jelasnya.

Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia, Pence berulang kali melontarkan pujian setinggi langit untuk Indonesia. Apalagi, kata dia, hubungan bilateral AS dan Indonesia sangat strategis. Pemerintah AS bangga menjadi bagian dari perkembangan Indonesia.

"Presiden mengatakan kita akan melihatnya lebih jauh dan berkesinambungan. Amerika juga bangga bisa mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia," kata Pence.

Pence juga menyampaikan rasa kagumnya dengan keragaman di Indonesia meski sebagai negara muslim terbesar di dunia.

"Sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, Islam moderat di Indonesia dan keberagamannya menjadi inspirasi dunia. Dan kami, sangat kagum dengan hal itu," ucapnya.

Pence mengatakan persatuan dalam keragaman di Indonesia bisa membawa kebaikan bagi dunia. Hal tersebut yang menjadi alasan Indonesia menginspirasi tak hanya Amerika Serikat, tapi juga internasional.

rb

"Sebagai negara muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi ketiga terbesar di dunia kita juga sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian," jelasnya.

Tak hanya itu, Pence juga memuji kematangan Indonesia dalam berdemokrasi. Hal ini disampaikannya menanggapi jalannya pemilihan gubernur DKI Jakarta.

"Hari ini mereka (pemerintah Amerika Serikat) melihat, memantau, semuanya enggak ada masalah, aman. Alhamdulillah mereka mendapatkan informasi, tadi pagi pun antara Pak Ahok dan Pak Anies sudah bertemu untuk pertama kalinya, dan dia (Pence) mengatakan ini event lebih maju dari Amerika," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/4).

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menceritakan hal sama. Dia mengatakan, Wapres AS memuji jalannya Pilgub DKI dengan damai.

"Saya kira bagus, Pence juga mengapresiasi bahwa demokrasi kita sudah matang. Artinya, semua peaceful. Kalah-menang kan demokrasi. Kita berdoa saja semoga gubernur terpilih jadi gubernur (untuk) semua," ucap Luhut.

Selepas bertemu Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden AS Michale Pence bertolak mengunjungi Masjid Istiqlal. Imam besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menemani Pence berkeliling masjid bersejarah itu. Dia menceritakan, saat berkunjung di Istiqlal, Pence sempat terkesima melihat lokasi Istiqlal yang berseberangan dengan Gereja Katedral. Pence memuji toleransi antarumat beragama di Indonesia.

rb

"Beliau juga melihat Masjid Istiqlal ini dilihat dari kombinasi join parking antara gereja dengan masjid. Kemudian, arsitekturnya juga dibuat oleh orang Protestan. Sangat kaget katanya, 'This is the first time I've ever heard.' Bahkan saya katakan cleaning service-nya ada yang dari nonmuslim. Yang manjat-manjat-nya itu kan best practice kebetulan beragama Buddha dan dia tidak mau dibayar," kata Nasaruddin.

Pence juga takjub dengan bedug di masjid Istiqlal yang sudah berusia 300 tahun. "Dengan adanya bedug, beliau kaget, 'Saya baru tahu itu ada bedug di masjid, apalagi berumur 300 tahun kayunya. (RB/merdeka)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Ini Pesan Gubernur Riau di Hari Kartini

Jumat, 21 April 2017 - 11:30 WIB

Inilah 5 Jalur Pendanaan Nuklir Korea Utara

Rabu, 19 April 2017 - 23:58 WIB

Begini Aksi Gubri Saat Menggoreng Sagu

Rabu, 19 April 2017 - 18:49 WIB

Inilah Gambaran Wisata Seks Thailand yang Tersohor

Rabu, 19 April 2017 - 14:39 WIB

Kata Gubri, Kalau Pusat Perhatian, Riau Lebih Maju

Jumat, 14 April 2017 - 19:06 WIB

Kheny Soliva, Guru Cantik Hebohkan Jagad Maya

Jumat, 14 April 2017 - 12:41 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia