Kombes Guntur Aryo Aryo Tejo. (net)

Selasa, 16 Mei 2017 - 10:27 WIB 5310000

Kata Kombes Guntur Polda Riau Bisa jadi Percontohan Penanganan Kasus Pungli di Rutan, 'Kalau Sialang Bungkuk Tuntas'

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Penanganan kasus dugaan pengutan liar (pungli) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sialang Bungkuk, Klas IIA Pekanbaru sejauh ini masih didalami Kepolisian Daerah Riau dan jika telah tuntas maka ini bisa jadi contoh nasional, demikian Kombes Guntur Aryo Tejo.

Guntur adalah Kepala Bidang Humas Polda Riau, dia katakan sejauh ini dugaan pungli dan pemerasan Rutan Sialang Bungkuk masih terus didalami.

"Belasan orang rencananya akan diperiksa berkaitan dengan kasus ini," kata Kombes Guntur dihubungi RiauBook.com, Selasa (13/5/2017) pagi.

Ia katakan, pengungkapan kasus dugaan pungli di Rutan Sialang Bungkuk membutuhkan proses pemeriksaan saksi-saksi, tentu ini menjadi kerja para penyidik di Direktorat Kriminal Khusus yang menangani perkara tersebut.

Terkait sudah berapa banyak saksi yang dimintai keterangan dalam kasus ini, Guntur menjelaskan pihaknya belum mendapat informasi terbaru dari penyidik Direktorat Kriminal Khusus yang menanganinya.

Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly bilang ada tindak pemerasan luar biasa di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, yang dilakukan para petugas kepada narapidana dan tahanan.

"Pemerasan di dalam (Rutan Sialang Bungkuk) luar biasa, mulai dari kunjungan keluarga dimintai uang, napi atau tahanan yang mau pindak blok atau ruangan juga ada tarifnya. Semua ada tarifnya," kata Yasonna saat jumpa pers di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Minggu (7/5/2017) siang.

Kata Menkum HAM, ini bukan lagi persoalan biasa yang bisa diatasi atau cukup diselesaikan di internal, namun ada tindak pidananya.

"Saya minta pihak kepolisian untuk mengusut persoalan ini (pemerasan) di rutan ini secara pidana, karena ini pidana," katanya.

Berbagai pihak menyatakan, pungli di rutan ataupun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di berbagai wilayah Tanah Air sudah menjadi rahasia umum.

Apakah pengungkapan kasus pungli di Rutan Sialang Bungkuk akan menjadi pintu gerbang untuk pengungkapan dugaan pemerasan di seluruh rutan dan lapas di Indonesia?

Menurut Kombes Guntur hal itu tentu saja bisa terjadi, namun kepolisian daerah masih fokus menuntaskan persoalan yang ada di Rutan Sialang Bungkuk.

"Sementara ini, rencananya akan ada belasan saksi yang bakal diperiksa. Belum ada penetapan tersangka," Guntur mengakhiri. (RB/fzr)



Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Polisi Sebar Foto Ratusan Napi Sialang Bungkuk

Sabtu, 13 Mei 2017 - 15:33 WIB

Pagi ini, Miryam Diperiksa KPK

Jumat, 12 Mei 2017 - 11:24 WIB

Subuh-subuh Ahok Dipindahkan ke Mako Brimob

Rabu, 10 Mei 2017 - 08:57 WIB

Polda Riau Gelar Pasukan Operasi Patuh Siak 2017

Selasa, 09 Mei 2017 - 12:49 WIB

Ahok Langsung Ditahan di LP Cipinang

Selasa, 09 Mei 2017 - 12:25 WIB

Divonis 2 Tahun Penjara, Ahok: Saya akan Banding

Selasa, 09 Mei 2017 - 11:41 WIB

Ahok Divonis Penjara 2 Tahun

Selasa, 09 Mei 2017 - 11:32 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia