Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI, Akreditasi PN Pelalawan

Jumat, 19 Mei 2017 - 17:31 WIB 1750000

Dirjen Badilum Mahkamah Agung RI, Akreditasi PN Pelalawan

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM- Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum (Badilum ) Mahkamah Agung RI, H Herri Swantoro selaku Team Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) menjelaskan bahwa Akreditas yang dilaksanakan pada semua Pengadilan Tinggi maupun Negeri di seluruh Indonesia merupakan program dari Badan Peradilan Umum yang wajib dan harus dilaksanakan.

Ini disampaikannya saat bersama Haswandi selaku Direktur Tenaga Teknis Peradilan Umum, Wakil Pengadilan Tinggi (PT) Riau Syafrullah Sumar disertai beberapa Hakim Tinggi Riau melakukan close meeting dihadapan Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Riska Widiana serta para Hakim yang bertugas juga pegawai PN Pelalawan dalam Akreditasi Penjaminan Mutu terhadap Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan,Senin (15/05/2017).

Selanjutnya rombongan Team Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) berkeliling ke setiap ruangan memeriksa sekaligus mendapat penjelasan mengenai situasi dan kondisi Pengadilan Negri pelalawan saat ini langsung dari Ketua PN Pelalawan Riska Widiana.

Namun ada satu hal menjadi perhatian khusus dirjen saat melakukan pemeriksaan kelayakan akreditasi mutu pelayanan masyarakat yaitu adanya kotak obat (P3K) yang disiapkan dan diletakan disebelah papan informasi diluar ruangan. "Kotak obat tersebut termasuk salah satu bentuk pelayanan gratis PN Pelalawan untuk masyarakat apabila mengalami kecelakaan saat berkunjung," kata Ketua PN Pelalawan Riska Widiana pada TAPM.

Begitu juga saat audit terlihat seluruh pegawai bekerja dengan cepat memberikan data maupun penjelasan kepada TAPM. Secara umum, PN Pelalawan sudah cukup baik. Begitu juga dengan sarana dan prasarana seperti, sarana pelayanan publik yang rapi dan bersih, tapi cukup membuat nyaman pengunjung, misalnya meja pengaduan, meja informasi, ruang sidang anak, ruang ramah anak, ruang tahanan laki-laki dan perempuan, ruang penuntut umum, ruang advokat, ruang ibu menyusui, ruang mediasi, ruang diversi, ruang kaukus, ruang pengunjung berikut fasilitasnya, ruang tamu terbuka, ruang posbakum, sarana difable, tempat parkir pengunjung juga mobil tahanan serta adanya areal dilarang merokok maupun bebas merokok .

"Kita memakai dan menerapkan konsep 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) dalam penerapan dan penataan PN Pelalawan," ujarnya seraya menyebutkan lagi dalam hal pelayanan publik, PN Pelalawan juga mengutamakan kecepatan dàn ketepatan proses penanganan perkara,

"Ini adalah bentuk kerja keras dan nyata dari seluruh hakim maupun panitera serta pegawai PN Pelalawan," kata Ketua PN Pelalawan mengakhiri.

Diakhir kunjungan rombongan Dirjen Badilum menyempatkan photo bersama dengan keluarga besar Pengadilan Negeri Pelalawan.

"Kita sangat apresiasi terhadap kemajuan-kemajuan yang telah dicapai Pengadilan Negeri Pelalawan, dengan harapan dan catatan agar kekurangan-kekurangan yang masih ada, dapat diperbaiki ke depannya," kata Dirjen Badilum pada media seusai photo bersama. [RB/ton].



Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
anthon dalemunte

Berita Terkini

Polisi Sebar Foto Ratusan Napi Sialang Bungkuk

Sabtu, 13 Mei 2017 - 15:33 WIB

Pagi ini, Miryam Diperiksa KPK

Jumat, 12 Mei 2017 - 11:24 WIB

Cari Judul Berita







Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize