Gado-gado. (net/asliindonesia)

Sabtu, 20 Mei 2017 - 23:49 WIB 8100000

Kuliner Pemersatu Bangsa, dan Inilah Jenis Makanan Indonesia yang Terbukti Disukai Bule

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Indonesia kaya rasa. Kelimat itu setidaknya menggambarkan keanekaragamanan budaya, suku dan agama yang ada di Bumi Ibu Pertiwi dapat dipersaatukan dengan kuliner yang bercita rasa, bahkan kini mendunia dan disukai banyak bule.

Apa saja jenis makanan nusantara yang telah mendunia? Berikut ulasannya.

1. Rendang

rb

Rending adalah makanan daging bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah rempah.

Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulah ulang dengan menggunakan santan kelapa.

Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama. Butuh waktu berjam jam untuk menghasilkan warna hitam pekat dan daging yang empuk. Tapi percayalah, hal ini akan terbayar lunas ketika anda menyantapnya.

Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN internasional pada 2011 lalu.

Rendang bahkan menjadi menu Makanan faforite di sebuah hotel di jerman dalam rangka festival kuliner Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia Jerman.

2. Tempe

rb

Siapa yang tidak kenal tempe. Ternyata tak hanya orang Indonesia saja yang menyukai tempe. Seorang juru masak asal korea eduard quad adalah salah satu dari ribuan orang yang jatuh hati dengan tempe.

Perhelatan Jakarta kuliner festival yang dihelat Oktober 2012 lalu menjadi perkumpulan koki dari berbagai mancanegara. Mereka datang untuk menikmati makanan khas Indonesia.

Salah satunya adalah eduard quad. Ternyata dari berbagai makanan yang ia cicipi, ia menjadikan tempe sebagai idolanya.

Berbeda dengan koki asal korea. Seorang warga Indonesia pak rustomo adalah seorang pebisnis tempe di Jepang. Tak hanya dapat diolah menjadi makanan lezat, tempe juga menghasilkan pundi pundi uang.

Nama Pak Rustomo sendiri dikenal di beberapa daerah di Jepang. Bisnisnya menjual tempe berhasil memikat masyarakat Jepang.

3. Sop Buntut

rb

Sebuah acara untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Madrid, Spanyol.

Salah satu menunya adalah sop buntut. Dan ternyata acara ini mendapatkan respon yang positif.

Chef asal Indonesia menyajikan makanan khas Indonesia di acara tersebut. Setidaknya terdapat 300an orang yang menikmati makanan khas Indonesia dan jatuh hati pada sop buntut.

4. Sate Ayam

rv

Sate ayam, makanan yang dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Terkenal dengan sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri.

Sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak.

Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja. Namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat.

Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restoran satay junction mampu menarik warga Amerika.

Meski terbilang kecil, restoran ini selalu dipadati oleh warga Amerika yang mencintai makanan khas Indonesia. Selain mampu bertahan, jumlah pengunjungnya pun terus bertamabah.

5. Gado-gado

rb

Gado-gado adalah makanan khas Jawa berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Makanan ini mempunyai bumbu khas kacang tanah yang di haluskan. Tak ketinggalan juga irisan telur dan taburan bawang goreng di atasnya.

Penyajiannya yang unik dan lezat ini akan lebih komplit jika ditambah dengan emping goreng atau kerupuk. Gado gado yang dapat dimakan seperti salad ini memang cukup sederhana.

Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado-gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado-gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

Lima makanan khas Indonesia di atas juga menjadi bukti, bahwa negara ini mampu bersaing di tingkat Internasional meski sebatas kuliner. (RB/asliindonesia)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Lempuk Durian Bengkalis Laris Manis di Batam

Sabtu, 13 Mei 2017 - 10:54 WIB

Lion Air Buka Rute Langsung Pekanbaru-Jogjakarta

Kamis, 11 Mei 2017 - 13:11 WIB

Cara Inhu Promosikan Wisata

Selasa, 02 Mei 2017 - 16:16 WIB

Positif, Gubernur Bakal Buka Pacu Jalur di Kuansing

Selasa, 02 Mei 2017 - 00:43 WIB

Pantai Solop Inhil, Gubernur Riau: Sungguh Memesona

Selasa, 02 Mei 2017 - 00:31 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia