Syahrini merupakan artis yang sering menggunakan jet pribadi untuk plesiran

Sabtu, 08 Juli 2017 - 16:01 WIB 7560000

Tren Mudik di Kalangan Jetset Indonesia

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Mudik merupakan tradisi tahunan yang khas di Indonesia saat lebaran tiba. Para pemudik bisa menggunakan beragam kendaraan untuk menghantarkan ke kampung halaman. Lalu, kendaraan apa yang dipilih oleh kalangan jetset di tanah air?

Rupanya, sejumlah kalangan tajir ini pulang ke kampung halaman dengan menyarter pesawat pribadi. Tren baru ini setidaknya sudah dilakoni kaum berduit sejak dua tahun terakhir.

Dikutip dari tirto, Sabtu (8/7/2017), menjelang lebaran tahun lalu, Maia Estianty bikin keramaian warganet. Ia dan anak-anaknya mudik dengan jet pribadi. Terlihat Maia, Al Ghazali, El Rumi, dan Dul Jaelani serta dua lelaki berpose di samping jet pribadi sebelum mudik ke Surabaya, Juli tahun lalu.

Ada pula foto Al, El, dan Dul di dalam kabin pesawat mewah. Dalam kabin pesawat itu ada enam kursi berbalut kulit berwana cokelat. Anak-anak Ahmad Dhani dan Maia itu duduk di kursi dengan sabuk pengaman sudah terpasang.

Tidak cuma keluarga Maia yang tahun lalu mudik dengan menggunakan pesawat pribadi sewaan. Selebritas macam Syahrini pun mudik dengan menyewa sebuah helikopter. Dalam akun Instagram, Syahrini mengunggah video berdurasi sekitar 60 detik saat hendak menaiki helikopter.

"Bye bye Sukabumi... Bye bye Macet. Sebelum terbang, wajib cium telapak tangan Mama dan memeluknya!" tulis Syahrini, Juli tahun lalu. Sebelumnya, Syahrini sudah beberapa kali memamerkan liburannya menaiki jet pribadi.

Mudik mewah menggunakan jet atau helikopter sewaan menjadi tren baru bagi segelintir orang Indonesia. Selebritas seperti Maia, Syahrini, dan Deddy Corbuzier sempat memamerkan berpergian dengan menggunakan jet pribadi.

Sesungguhnya tren ini bukanlah barang baru. Sejumlah pejabat, politikus, dan pengusaha sudah terlebih dulu melakukannya meski minim pemberitaan, tidak seperti para seleb yang doyan memamerkan aktivitasnya.

Menteri Susi Pudjiastuti, misalnya, yang memang memiliki penerbangan Susi Air, hampir setiap mudik menggunakan pesawat pribadi. Susi menerbangkan sendiri pesawat itu dan turun di landasan miliknya di Pangandaran, Jawa Barat.

Lahan Bisnis buat Kaum Berduit

Mudik mewah menjadi bahan omongan ketika para seleb memopulerkannya. Sejumlah perusahaan sewa pesawat dan helikopter pribadi pun mulai menawarkan paket perjalanan mudik atau liburan mewah.

Tahun ini, Bank Negara Indonesia (BNI) menawarkan layanan mudik mewah bagi nasabah BNI Emerald, yakni nasabah dengan saldo tabungan sebesar Rp1 miliar, untuk bisa menikmati layanan penyewaan pesawat dengan cara lebih gampang melalui BNI.

Layanan mudik via pesawat jet pribadi ini memiliki sembilan kota tujuan: Yogyakarta, Cilacap, Solo, Surabaya, Pangkalan Bun (Kalimantan Tengah), Denpasar, Lombok, Ujung Pandang, dan Selatar (Singapura). Semuanya berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Pesawat jet yang disediakan oleh BNI adalah Phenom 300 dengan kapasitas enam penumpang dan Hacker 900 XP dengan kapasitas delapan penumpang. Layanan ini menyasar kaum tajir. Tarifnya antara Rp151,2 juta dan Rp411,7 juta.

Whitesky Aviaton, perusahaan jasa penyewaan pesawat pribadi, menawarkan paket mudik Heli City dengan rute Jakarta-Bandung sejak dua tahun terakhir. Pejabat eksekutif tertinggi (CEO) PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengklaim bahwa banyak respons begitu program itu dilansir.

"Tahun lalu kita bisa support 30 flight dari 600 penelepon. Untuk mudik tahun ini saya belum cek, tapi tahun lalu 30 trip dalam 10 hari, lumayan ramai," ujarnya.

Mereka memasang tarif Rp14 juta untuk helikopter berkapasitas enam penumpang dengan rute Jakarta-Bandung. Whitesky Aviation mengklaim bahwa pesanan untuk perjalanan mudik tahun ini sudah penuh dari 17 Juni hingga 30 Juni.

"Dalam sehari ada empat penerbangan pergi-pulang dari Jakarta-Bandung-Jakarta," kata direktur pemasaran Whitesky Aviation Ari Nurwanda.

Tak Cuma Para Seleb

Indra Wahyudi, pengusaha distributor oli di Jakarta, tidak melewatkan kesempatan menikmati mudik mewah. Pada 2016 lalu ia mengajak keluarganya ke Bandung dengan menyewa helikopter dari Whitesky Aviation. Indra berangkat dari Waduk Pluit dan mendarat di Pasar Apung, Bandung.

"Tahun lalu saya, tiga anak saya, istri saya dan ibu mertua saya. Ya pengin merasakan saja sensasi berbeda naik helikopter. Itu menjadi pengalaman buat saya," kata Indra.

Keluarga Indra mengatakan "sangat antusias" selama perjalanan 45 menit. Mereka terus-menerus berdecak kagum bisa menghindari macet di ibukota, tidak seperti mayoritas pemudik. Indra antusias bisa mengobrol dengan pilot selama penerbangan.

"Kalau pesawat biasa kita tidak bisa ngobrol sama pilotnya. Kalau ini bisa. Kita bisa tanya-tanya, seru sekali. Tidak kena macet juga. Cepat juga," katanya.

Saat Indra mengunggah pengalamannya di akun media sosial, muncul beragam komentar dari rekan-rekannya. Sebagian rekannya, yang berduit tentu saja, menganggap pengalaman Indra cukup seru apalagi tarif penerbangannya terjangkau. Namun, ada pula komentar miring dengan membandingkan mudik lewat jalur darat yang lebih murah.

Bagamana, Anda tertarik mencobanya? (tirto)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
muhardi

Berita Terkini

Orang Tua di Dumai Jual Emas untuk Sekolah Anak

Selasa, 04 Juli 2017 - 13:56 WIB

BI Sambut Baik Inflasi Riau Terendah di Indonesia

Selasa, 04 Juli 2017 - 11:17 WIB

11 Ton Daging Beku Terjual Selama Ramadan

Sabtu, 01 Juli 2017 - 09:27 WIB

Harga Sawit Riau Turun Jelang Lebaran

Rabu, 21 Juni 2017 - 17:36 WIB

Gubri Optimis Pertumbuhan Ekonomi Riau Terus Membaik

Selasa, 20 Juni 2017 - 11:49 WIB

Bupati Kampar: Bank Riaukepri Mitra Paling Favorit

Sabtu, 17 Juni 2017 - 23:12 WIB

Investor Lirik Industri Hilir Sagu di Meranti

Sabtu, 17 Juni 2017 - 22:51 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia