Harris disambut masyarakat Taluk Kuantan saat Pacu Jalur. (ton)

Minggu, 27 Agustus 2017 - 13:58 WIB 2730000

Dikelola dengan Baik, Pacu Jalur akan Masuk Destinasi Wisata Dunia seperti Bekudo Bono Pelalawan

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Tidak hanya menjadi tradisi maupun even kejuaraan, Pacu Jalur, di Sungai Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, sudah menjadi destinasi wisata yang berskala nasional yang terus digenjot pemerintah baik Kabupaten Kuansing itu sendiri demikian juga halnya dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pusat untuk dapat menghasilkan devisa maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dapat dibanggakan.

Dan tahun ini, tradisi sekaligus even kejuaraan pacu jalur tradisional ini kembali di ramaikan dengan makin ketatnya persaingan sesama jalur. Seperti halnya juara tahun lalu, Jalur Sang Ratu Helmina dari Desa Koto kombu, Kecamatan Hulu Kuantan akan berhadapan dengan Jalur Jitu Kuantan dari Kecamatan Inuman. Selanjutnya jalur Bintang Emas Cahaya Intan dari Desa Tanjung, Kecamatan Hulu Kuantan akan berhadapan dengan Jalur Rajawali dari Desa Seberang Taluk Hilir. Sementara nasib baik pada aduan pertama ini berpihak kepada jalur Panglimo Olang Putie dari Desa Sei Alah, Kecamatan Hulu Kuantan. Jalur ini mendapatkan menang bay.

Diantara kepala daerah maupun tokoh masyarakat Riau yang hadir khusus menyaksikan aduan pacu jalur di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuansing, Sabtu (25/08/1017), terlihat Bupati Kabupaten Pelalawan HM Harris, Bupati Kabupaten Indragiri Hulu Yopi Arianto, Anggota DPD RI Intsiawati Ayus, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi serta sejumlah pejabat dan tokoh politik baik di Kabupaten Kuantan Singingi maupun Provinsi Riau.

Bupati Harris tampak antusias dan bersemangat melihat atlit jalur yang berlaga. Bahkan mantan Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan inimenyewa tribun utama beserta spead boat agar dapat menyaksikan langsung jalannya aduan pacu jalur, putaran final dari tepian Narosa, Taluk Kuantan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Harris juga memberikan bonus hadiah bagi jalur yang merapat di tiang pancang finis. Melihat ini disambut antusias oleh warga masyarakat dengan memberikan tepuk tangan dan sorak sorai yang gemuruh.

"Kami baru tahu kalau beliau itu Bupati Pelalawan. Orangnya ramah dan cukup bersahaja serta dermawan," ujar Suhemri Warga Taluk Kuantan, tepatnya dari Basrah pada awak media ketika melihat aksi bupati pelalwan dua periode ini saat menyambut tim jalur di tiang pancang, finis.

Sementara itu Harris, disela-sela kesibukan menonton paju jalur mengatakan, Event Pacu Jalur Tradisional Kabupaten Kuansingini merupakan destinasi wisata daerah sekaligus hiburan rakyat yang mampu menyedot animo ratusan ribu penonton.

"Kedepan hendaknya pemerintah daerah memiliki komitmen bersama untuk memajukan dan melestarikan tradisi pacu jalur setiap tahunnya agar pariwisata riau kebanggaan kita ini bisa mendunia," Harris mengakhiri. [RB/ton].

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
anthon dalemunte

Berita Terkini

Info Pacu Jalur 2017: Kuansing Mendominasi atas Inhu

Jumat, 25 Agustus 2017 - 11:34 WIB

Pemkab Siak dan Kuansing Teken MoU Pariwisata

Rabu, 23 Agustus 2017 - 16:16 WIB

Pemkab Inhil Gelar Iven Menongkah Heritage 2017

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 19:48 WIB

Ini Jawaban Tantangan Pengelolaan Pariwisata Alam

Selasa, 08 Agustus 2017 - 12:12 WIB

Vote and Share for Riau The Homeland of Melayu...

Senin, 07 Agustus 2017 - 08:36 WIB

Cara Yoserizal Ramaikan Museum Riau

Jumat, 14 Juli 2017 - 09:45 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia