Kemendagri Kukuhkan MARS, Kerajaan Pelalawan Salah Satu Pesertanya

Minggu, 27 Agustus 2017 - 15:08 WIB 2060000

Kemendagri Kukuhkan MARS, Kerajaan Pelalawan Salah Satu Pesertanya

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Mewakili Mendagri Cahyo Kumolo, selaku Plt Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo diamanatkan mengukuhkan Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia bertempat di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Kamis, (24/08/2017) bebeeapa hari yang lalu.

Mendagri Cahyo Kumolo, dalam sambutannya yang dibacakan, Plt Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo mengucapkan selamat atas pengukuhan ini dan berharap kedepannya ada tindakan yang baik bagi pelestarian budaya-budaya daerah yang mempunyai kekhasan tersendiri. "Saat ini banyak budaya asli indonesia diklaim oleh negara lain dengan menyebut itu merupakan bagian dari budaya mereka. Dengan adanya MARS kita berharap hal ini tidak akan pernah terjadi lagi," ujar Hadi Prabowo.

Masih menurut Hadi, jatidiri bangsa ini juga mulai terkikis dengan masuknya budaya asing. Dengan pengukuhan MARS Indonesia diharapkan akan dapat berperan aktif memajukan budaya daerah. "Tentunya dengan kehadiran MARS Indonesia ini akan dapat melahirkan identitas maupun jati diri bangsa Indonesai yang penuh dengan keragaman," sebutnya lagi.

Diterangkan Hadi lagi, sesuai dengan UU No. 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, maka MARS Indonesia ini menjadi suatu wadah tunggal bagi Ketua Lembaga Adat seperti Raja, Datuk, Pelingsir dan Para Pemangku Adat. "Diharapkan, keberadaan organisasi ini dapat menjadi mitra kerja pemerintah dalam melestarikan budaya bangsa," harapnya.

Ia juga meminta MARS berpartisipasi aktif dalam mewujudkan cita-cita nasional dan mempertahankan NKRI. Adapun caranya adalah mendorong keharmonisan, memperkuat toleransi dan membangun gotong royong di tengah kemajemukan bangsa. Apalagi, dengan adanya ancaman radikalisme sekarang ini terhadap Indonesia.

"Itulah mengapa perlunya sinergi antara MARS dan pemerintah dalam menjaga kebersamaan dan kedaulatan NKRI," ujarnya seraya ditambahkannya lagi bahwa tantangan bangsa ini semakin berat apabila sampai muncul konfilk sosial berbau SARA, Politisasi Agama serta muncul pemikiran bebas yang bertentangan dengan kearifan lokal.

Maka dari itu Ia berharap MARS dapat berperan dengan melakukan pendekatan-pendekatan bersifat dialogis, untuk menghindari adanya benturan antar masyarakat. "Untuk menghadapinya kita perlu sebuah organisasi dan kelembagaan yang berkarakter dan memiliki wawasan kebangsaan. Sekaligus perlunya jalinan komunikasi bersama pemerintah," ucap Dia.

Selanjutnya Hadi juga meminta keberadaan MARS Indonesia jangan hanya memberikan manfaat bagi anggotanya, tapi juga menguatkan Indonesia sebagai bangsa yang berkarakter dan mampu menanamkan rasa cinta tanah air untuk semua elemen di negeri ini. "Jadilah alat perekat persatuan dan jagalah keutuhan NKRI beserta pilar-pilarnya," imbuhnya.

Mewakili seluruh Anggota MARS Indonesia, Ketua Agung Panembahan, Hari Ichlas, berkesempatan membacakan Surat Keputusan MARS Indoensia, No. 001/SK-MARSVIII-2017, yang ditanda tangani langsung Mendagri Tjahjo Kumolo. "Memutuskan membentuk wadah para Raja, Sultan, Datuk, Penglesir dan pemangku Adat seluruh Indonesia dengan nama Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia. Lalu membentuk dewan agung, pembina agung, pengawas agung dan pengurus MARS," kata Hari Ichlas membacakan sesuai yang tertera di SK.

Sementara itu yang menghadiri dari Kerajaan Pelalawan, Riau, Sultan Assayidis Syarif Haji Tengku Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan serta didampingi Ketua Umun DPH LKAM yang baru saja terpilih, T Zulmizan F Assegaf beserta juga Sekum Demisioner DPH LKAM Pelalawan Nurzepri. [RB/ton].



Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
anthon dalemunte

Berita Terkini

Kemenag Pelalawan Lakukan Pembinaan KUA Kuala Kampar

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 12:36 WIB

Idul Adha pedagang kurban bermunculan

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 09:41 WIB

Bupati HM Wardan Resmikan e-Bilik Sebagai Media Center

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 14:16 WIB

Mobdin Pemko akan Dipasang Stiker, Ini Tujuannya

Kamis, 24 Agustus 2017 - 12:59 WIB

Pangkalan Lesung Tuan Rumah Harganas XXIV

Rabu, 23 Agustus 2017 - 20:53 WIB

Disbunak Pastikan Pasokan Hewan Kurban Aman dan Terpenuhi

Selasa, 22 Agustus 2017 - 22:24 WIB

Kabupaten Siak Tuan Rumah JGHN 2018

Senin, 21 Agustus 2017 - 12:19 WIB

Nelson Angkat Jabat Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan

Minggu, 20 Agustus 2017 - 11:20 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia