GG saat disambut wabup siak alfedri di ruang kerjanya. (RB/Agus)

Selasa, 29 Agustus 2017 - 10:18 WIB 4860000

Peduli Lingkungan, Green Generation Bertekad Sungai Siak Harus Bebas Sampah dan Limbah

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Kepedulian, dan aktif dalam masalah pengelolaan lingkungan, membuahkan prestasi yang membanggakan bagi sekelompok anak muda yang bernama Green Generation Siak (Generasi Hijau Siak), terbentuk sejak September 2015 yang lalu, adalah organisasi pelajar yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Petang itu, Senin (28/8/2017) enam orang pelajar menjumpai Wakil Bupati Siak di ruang kerjanya. Anak-anak yang tergabung dalam Green Generation (GG) itu telah mengikuti Jambore Generasi Hijau Indonesia di Bontang, Kalimantan Timur. Mereka berhasil membawa penghargaan meski tidak sebanyak tahun lalu.

"Alhamdulillah, kami bisa membawa hasil yang baik yaitu menerima Anugerah Pandawa dan Juara III kategori Nakula Sadewa pada Jambore Generasi Hijau Nasional 2017 di Bontang, Kaltim, kata Tony Kurniawan kepada Wabup Alfedri," kata ketua GG Siak Tony.

Tony kurniawan pencetus sekaligus Ketua Umum GG kabupaten Siak, menceritakan sejumlah kegiatan yang pernah mereka lakukan sebelumnya. Antara lain, memberikan masker kepada masyarakat saat kabut asap, kampanye hari lapisan ozon se dunia tahun 2015, kegiatan Gembol atau gerakan membawa botol dan kegiatan aksi mengutip sampah di sekitar Taman Mahratu.

"Melalui Green Generation (GG) ini kami bersama kawan-kawan bisa mengekspresikan bentuk dari kepedulian kami terhadap lingkungan. Dan ternyata banyak anak-anak muda yang ingin ikut bergabung dan mendukung kegiatan yang kami lakukan," ujar Tony.

Pelajar yang memiliki segudang prestasi itu, bertekad untuk membuat Sungai Siak bebas sampah dan limbah. Dirinya menghimbau kepada masyarakat Siak maupun wisatawan yang datang, untuk tidak membuang sampah sembarang.

"Sebaiknya Pemkab Siak membuat peraturan atau larangan membuang sampah sembarang, yang dikenakan sangsi langsung, seperti denda Rp 50 ribu, dan disetiap mobil harus punya tong sampahnya," harap Tony.

Sementara itu Wakil Bupati Siak Alfedri saat menerima kedatangan GG Siak di ruang kerjanya mengaku, bangga atas aktifitas dan kreatifitas dari generasi hijau Siak. Sebab menurutnya, apa yang dilakukan anak-anak tersebut relevan dengan ditunjuknya Siak sebagai Kabupaten Hijau. Sehingga negeri istana menerima penghargaan kota kecil terbersih (Adipura) dan penghargaan Indonesia Green Award dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Kami turut bangga, karena mereka yang masih remaja, masih mencari jati diri, begitu peduli terhadap lingkungan. Tentunya ini harus di dukung, karena salah satu bagian terwujudnya Siak sebagai Kabupaten Hijau," sebut Alfedri.

Alfedri berharap, karena tahun depan Kabupaten Siak ditunjuk sebagai tuan rumah Jambore Generasi Hijau, untuk itu segala sesuatunya harus dipersiapkan dari sekarang. Sehingga pada pelaksanaanya nanti Siak bisa memberikan yang terbaik dan membawa harum nama negeri Istana. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Viral! Video Kapal Buang Sampah ke Laut, Pelni Minta Maaf

Selasa, 15 Agustus 2017 - 17:41 WIB

Kerja Nyata Konservasi Alam

Kamis, 10 Agustus 2017 - 08:26 WIB

Tahun Ini Riau Berlimpah Penghargaan dari LHK

Senin, 07 Agustus 2017 - 12:28 WIB

Riau Terima Penghargaan ProKlim dari Menteri LHK

Sabtu, 05 Agustus 2017 - 12:48 WIB

DPRD Riau Targetkan RTRW Selesai Pertengahan Agustus

Kamis, 03 Agustus 2017 - 22:29 WIB

Wiranto: Bangsa Ini Harus Diamankan, Termasuk Hutan

Kamis, 03 Agustus 2017 - 17:24 WIB

Walau Panas, Riau Berpeluang Hujan

Rabu, 02 Agustus 2017 - 11:31 WIB

Membara, 6 Titik Panas Terpantau di Rohil

Selasa, 01 Agustus 2017 - 10:16 WIB

Di Bengkalis, Gubri Ajak Bersinergi Cegah Karhutla

Selasa, 25 Juli 2017 - 18:07 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia