Tadisi petani bungaraya sebelum turun ke sawah. (RB/Agus)

Selasa, 29 Agustus 2017 - 17:59 WIB 6130000

Tradisi Petani Bungaraya Siak Sebelum Turun ke Sawah untuk Bercocok Tanam

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Di Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, petani padi sebelum turun ke sawah untuk bercocok tanam, meminta keberkahan serta memanjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa agat nantinya mendapatkan hasil yang lebih baik.

Selain itu juga ketika dalam melakukan pengerjaan mereka tidak mendapatkan suatu halangan dengan harapan produksi tanaman padi bisa semakin meningkat.

Selasa Pagi, (29/8/17). Petani mengundang Bupati Siak H Syamsuar menghadiri acara doa turun sawah musim tanam di Kampung Bungaraya Kecamatan Bungaraya.

Syamsuar menuturkan, kegiatan memanjatkan doa sebelum turun kesawah atau turun ke Bumi, juga sebagai meminta keberkahan kepada Allah, sehingga kedepan hasil produksi padi bisa jauh lebih meningkat lagi. Untuk di tahun ini, menurut Syamsuar masih ada yang turun maupun ada pula yang tetap hasil produksi dari para petani.

"Ini perlu saya tegaskan, agar perlunya upaya peningkatatan dalam keterampilan bagi para petani agar hasil produksi padi bisa jauh lebih baik lagi melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga kesejahteraan bisa meningkat bagi para petani baik dari usaha pertanian, peternakan yang daya saingnya jauh lebih meningkat pula," kata Syamsuar.

"Kita ini ibarat wayang, hanya bisa mengikuti saja, semuanya Allah yang mengatur. Mari kita mendakatkan diri kepada Allah dan selalu bersyukur, sehingga diberikan rahmat kepada kita semua, demikian pula dalam hal peningkatan untuk pertanian, kita telah mempunyai Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang saat ini dipusatkan di Sungai Mandau," kata Syamsuar.

Untuk itu, Syamsuar meminta masyarakat untuk meningkatkan keterampilan bagi para petani sehingga produksi pertanian bisa semakin baik pula peningkatannya, melalui ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada di taman teknologi pertanian di kecamatan Sungai Mandau, sehingga kedepan kesejahteraan bisa meningkat pula untu para petani maupun peternakan denga daya saing yang tinggi pula.

Senada di katakan oleh Camat Bungaraya Hendy Derhavin, untuk peningkatan produksi padi agak merosot ditahun ini, ia mengharapkan kedepan, para petani bisa lebih semakin giat dengan harapan kepada pemerintah untuk selalu berupaya bersama dalam memberikan bantuan yang dibutuhkan bagi para petani agar produksi padi bisa jauh lebih meningkat lagi untuk kedepannya.

"Kami mengharapkan kepada petani untuk bisa memberikan dukungan atas apa yang akan diperbuat oleh Pemerintah untuk kemajuan pertanian. Selain itu, produksi padi pada tahun ini ada yang tetap ada pula juga yang turun. Untuk itu, kita harus tetap menanamkan kekompakan dan tingkatkan komunikasi kebersamaan sehingga tidak adanya terpecah belah demi kemajuan kita bersama," ujar Hendy Derhavin. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Lantik Nanang Wartono Panwaslu Pelalawan Mulai Bekerja

Selasa, 29 Agustus 2017 - 11:36 WIB

Demo Tuntut Penindakan Pekat di Kepulauan Meranti

Selasa, 29 Agustus 2017 - 10:15 WIB

Kemenag Pelalawan Lakukan Pembinaan KUA Kuala Kampar

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 12:36 WIB

Idul Adha pedagang kurban bermunculan

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 09:41 WIB

Bupati HM Wardan Resmikan e-Bilik Sebagai Media Center

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 14:16 WIB

Mobdin Pemko akan Dipasang Stiker, Ini Tujuannya

Kamis, 24 Agustus 2017 - 12:59 WIB

Pangkalan Lesung Tuan Rumah Harganas XXIV

Rabu, 23 Agustus 2017 - 20:53 WIB

Disbunak Pastikan Pasokan Hewan Kurban Aman dan Terpenuhi

Selasa, 22 Agustus 2017 - 22:24 WIB