Pembukaan MTQ XVII Kabupaten Siak. (RB/Agus)

Selasa, 05 September 2017 - 15:52 WIB 1940000

Tercatat 1.000 Hafizh, Pembinaan Generasi Muda Penghafal Quran di Siak Capai Kemajuan Menggembirakan

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Upaya untuk membina anak-anak generasi muda harapan bangsa untuk menjadi penghafal Quran di Kabupaten Siak telah mencapai kemajuan yang menggembirakan.

"Berdasarkan data dari Kementerian Agama Kabupaten Siak Tahun 2017, jumlah peserta didik pada lembaga tahfizh di Kabupaten Siak, baik yang tengah menimba ilmu pada pondok pesantren tahfizh dan rumah tahfizh, maupun di madrasah-madrasah yang ada di Kabupaten Siak, jumlahnya saat ini telah mencapai lebih dari 700 orang," kata Bupati Siak H Syamsuar, saat membuka perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur'an Ke XVII Tingkat Kabupatem Siak 2017, yang dipusatkan di Halaman Masjid Sultan Syarif Hasim komplek Islamic Center, (4/9/17) Senin malam.

Syamsuar menjelaskan, jumlah ini belum termasuk putera-puteri Kabupaten Siak yang di sekolahkan diluar daerah. Dimana menurut catatan yang ada, selama periode 3 tahun terakhir ini jumlahnya hampir mencapai 300 orang. Dari keseluruhan jumlah pelajar yang menuntut ilmu didalam dan luar daerah tersebut, semuanya adalah anak-anak Siak para penghafal Quran, baik yang baru memulai dengan 1-5 juz hafalan, maupun yang sedang menyelesaikan 10, 20 dan 30 juz.

"Upaya lain yang dilakukan Pemerintah Daerah untuk terus mensyiarkan Al-quran ditengah masyarakat diantaranya melalui akselerasi (percepatan) penuntasan buta aksara Al-quran, dengan memberlakukan Peraturan Daerah tentang kewajiban mampu baca tulis Al-quran. Bagi peserta didik SD, MI, SMP MTS dan SMA sederajat. Begitu juga bagi setiap penghulu kampung di Kabupaten Siak juga dipersyaratkan harus mampu membaca Al-quran bagi yang beragama Islam," harap Syamsuar.

Masih dikatakan Syamsuar, sebagai kegiatan yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita, kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat Siak yang religus, mengingat iven keagamaan ini sejak lama telah menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah menjadi penyejuk dan perekat kebersamaan ummat dalam menyongsong dan mempersiapkan Kabupaten Siak sebagai tujuan wisata halal dan religius.

"Disisi lain, kegiatan Musabaqah ini sekaligus juga menjadi tolak ukur kemajuan dan keberhasilan pembinaan seni dan baca Al-quran yang telah berlangsung pada masing-masing Kecamatan di Kabupaten Siak," ucap Syamsuar.

Aditya Smara selaku Camat Siak mengatakan, sebagai mana slogan Siak The Truly Malay untuk menjadikan kerajaan melayu menjadi payung negeri yang identik dengan melayu islam, untuk itu ia mengajak momentum dijadikan untuk mencintai Alquran.

Ia menuturkan, pada MTQ kali ini tidak hanya bermakna sebagai pembinaan, namun lebih jauh dari pada itu untuk menghidupkan kecintaan masyarakat kepada Alquran.

"Mari kita bersama-sama mensyiarkan islam dengan sempena MTQ ini,sehingga melalui cabang yang diperlombakan bisa menjadikan kita untuk menerapkan nya dalam kehiduoan sehari hari. MTQ tahun ini memiliki makna spesial, dimana telah menerapkan program elektronik MTQ (e-MTQ) dengan penambahan cabang MTQ. Semoga dengan prnambahan ini syiar islam bisa jauh lebih berkembang," jelasnya.

Sebagai tanda dibukanya kegiatan tersebut Bupati Syamsuar memukul Beduk yang didampingi oleh Kakanwil Kemenag Riau, Wakil Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kapolres Siak AKBP restika, Ketua Pengadilan Negeri Siak Abdul Karim, Kakan Kemenag Siak Muharom, Sekretaris Daerah Siak H.T. Said Hamzah, mantan Bupati Siak H. Arwin AS, dan Camat Siak Aditya Citra Smara. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Hingga Sabtu, Sudah 10 JH Riau yang Wafat

Minggu, 03 September 2017 - 16:42 WIB

Ini 10 Nama JH Riau yang Masih Dirawat di Makkah dan Madinah

Minggu, 03 September 2017 - 16:35 WIB

PAUD Miftahul Huda di Inhil, Kurban Sebanyak 4 Ekor Hewan

Sabtu, 02 September 2017 - 18:51 WIB

IMRA Riau Komplek Bagikan Ribuan Kantong Daging Kurban

Jumat, 01 September 2017 - 17:51 WIB

Jokowi Kurban Sapi 870 Kilogram, Gubernur Riau 450 Kg

Jumat, 01 September 2017 - 11:03 WIB

H-11, Persiapan MTQ Kabupaten Siak Capai 80 Persen

Jumat, 25 Agustus 2017 - 14:22 WIB

Seorang Jemaah Haji Asal Inhu Meninggal Dalam Kamar 130

Minggu, 20 Agustus 2017 - 22:59 WIB

Salam Rakyat Palestina untuk Masyarakat Meranti

Kamis, 17 Agustus 2017 - 13:36 WIB

Malam Ini, 80 JCH Meranti Menuju Madinah

Selasa, 08 Agustus 2017 - 10:26 WIB

Dampingi Gus Solah, Gubernur Riau Dido'akan Sukses

Minggu, 06 Agustus 2017 - 16:53 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia