Bupati Pelalawan, H. Haris pemukulan gong tanda dibukanya Pekan Seni Budaya 2017 Riau Komplek PT RAPP yang didampingi oleh Direktur Utama PT RAPP, Rudi Fajar.

Minggu, 10 September 2017 - 18:33 WIB 2060000

Tunjukkan Keberagaman dan Persatuan

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Seni dan budaya menjadi perekat kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam kebudayaan ada olah rasa. Rasa itu akan timbul rasa menghargai dan mencintai. Cinta adalah akar persatuan.

Pekan Seni dan Budaya (PSB) Riau Kompleks yang digelar PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) 2017 mengangkat tema "Bersatu dalam Kebhinnekaan". Tema itu membawa pesan persatuan walaupun berbeda suku dan etnis. Kegiatan tahunan ini telah 10 tahun dilaksanakan Community Religion Affairs (CRA) RAPP. Lewat kegiatan ini warga Riau Kompleks menunjukkan keberagaman dan menonjolkan persatuan. Budaya harus dilestarikan ke generasi berikutnya.

PSB 2017 yang berlangsung pada tanggal 20-25 Agustus 2017 baru-baru ini diikuti oleh 11 paguyuban, di antaranya Ikatan Keluarga Melayu Riau Kompleks (IKMR), Ikatan Keluarga Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Asal Batak Toba (IKABA), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKASS), Persatuan Tunggal Warga (PUNGGAWA), Persatuan Masyarakat Aceh (PERMASA), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), MERGASILIMA, PANDAN WANGI dan Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT). Diawali dengan pawai budaya, setiap paguyuban menunjukan kesenian dan kebudayaan khas masing-masing daerah.

Walaupun di tengah hujan deras, acara pembukaan PSB 2017 yang dihadiri oleh Bupati Pelalawan, H M Harris tetap berlangsung meriah. Dalam sambutannya Harris mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk persatuan dalam keberagaman yang ada di Riau Kompleks. Banyaknya suku dan etnis, Riau Kompleks tetap saling menghargai satu sama lain. Hal ini, kata Harris, patut ditiru.

"Saya sangat mengapresiasi acara ini yang setiap tahun diadakan di Riau Komplek RAPP ini. Kegiatan ini merupakan wujud saling menghargai perbedaan," ujar Harris.

Acara dibuka dengan tarian persembahan, lagu-lagu daerah yang dinyanyikan oleh Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA). Pembukaan sendiri ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Harris disaksikan Direktur Utama RAPP Rudi Fajar, Direktur Operasional Mhd Ali Shabri, Deputy Direktur RAPP Eduward Ginting dan manajemen perusahaan pulp dan kertas.

Sementara itu, Direktur RAPP, Rudi Fajar mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kepedulian RAPP untuk keberagaman suku dan etnis di Riau Komplek. Selain itu, kegiatan menunjukkan keberagaman budaya bangsa dengan segala corak keseniannya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian RAPP dalam melestarikan budaya bangsa. Betapa kayanya dan seni asli Indonesia ini. Kegiatan ini juga sesuai prinsip perusahaan, good for community, country, climate, costumer dan company," ujar Rudi.

Paguyuban Minang Juara Umum

IKM-RK berhasil meraih juara umum dalam PSB Riau Kompleks RAPP 2017. Kemenangan tersebut diraih oleh IKM-RK yang mengusung cerita Malin Kundang dalam pentas seni, Baralek Gadang dalam pawai, dan miniatur Rangkiang dalam stand PSB 2017 ini.

Ketua Umum IKM-RK, Dasrul Amri mengatakan kemenangan ini berkat kerja keras seluruh anggota, dimana saat ini pemuda dan pemudi IKM-RK telah banyak membantu dalam kegiatan ini.

"Kami menampilkan miniatur Rangkiang. Rangking ini ciri khas manajemen ekonomi orang minang. Rangkiang yang ditampilkan dalam acara PSB 2017 ini adalah Rangkiang persediaan beras untuk makan keluarga kaum kerabat. PSB tahun ini pun ramai diikuti oleh anak-anak muda. Kegiatan ini juga bisa mengobati rindu kampung halaman kita," ujarnya.(advertorial)


Direktur Operasional PT RAPP, Mhd Ali Shabri menyerahkan piagam juara umum kepada Ketua Umum IKM-RK, Dasrul Amri. IKM-RK berhasil meraih juara umum dalam PSB 2017 Riau Komplek PT RAPP.


Keberagaman budaya masing-masing daerah ditampilakan dalam PSB. Salah satunya IKM-RK menampilkan tarian persembahan khas minang lengkap dengan alat musik tradisional.


Dalam memeriahkan pawai PSB 2017 Riau Komplek setiap paguyuban menunjukan kesenian dan kebudayaan khas masing-masing daerah. Paguyuban IKSS memperkenalkan pakaian adat pernikahan.


Bupati Pelalawan, H Harris mengujungi stand IKMR dan langsung disambut dengan tarian persembahan khas melayu yg dibawakan oleh anak-anak Riau Komplek.


Husein Idol berhasil tampil memukau dalam PSB 2017 Riau Komplek PT RAPP.

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

Pekanbaru Menuju Bebas Kawasan Kumuh

Rabu, 02 Agustus 2017 - 10:02 WIB

Realisasi Program Pelalawan Sehat

Rabu, 31 Mei 2017 - 13:27 WIB

Pekanbaru Menuju Ketahanan Pangan Rumah Tangga

Kamis, 13 April 2017 - 14:34 WIB

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017

Senin, 27 Maret 2017 - 00:11 WIB

BRK Dipercaya Pemkab Lingga Kelola PBB-P2

Kamis, 23 Februari 2017 - 21:24 WIB

PKPU Pekanbaru Terus Berkarya Membangun Masyarakat Riau

Jumat, 17 Februari 2017 - 00:23 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia