Gubri foto bersama kontingen Riau. (ist)

Minggu, 10 September 2017 - 19:02 WIB 620000

Jauh Meningkat, OSN XVI Riau Raih 4 Medali Emas

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) XVI tahun 2017 di Provinsi Riau telah selesai. Penutupan secara resmi dilakukan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Jumat (7/7/2017).

Bertindak sebagai tuan rumah, OSN 2017 ini Riau mengumpulkan total 4 emas, 4 perak dan 12 perunggu. Hasil ini jauh lebih baik dari prestasi di OSN tahun lalu.

Prestasi ini menurut Gubri sudah jauh lebih baik, karena memang secara kuantitas (jumlah peserta) dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masih perlu terus ditingkatkan.

"Tapi Alhamdulillah, OSN tahun ini kita jauh lebih meningkat, contohnya tahun lalu kita hanya mendapat 1 medali emas, sekarang dapat 4 medali emas," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman tersebut.

Gubri pun berharap dalam penyelenggaraan OSN tahun depan prestasi Riau dapat lebih ditingkatkan dari yang ada sekarang.

"Ketika bertemu dengan anak-anak (peserta OSN Riau-red) dan guru-guru, tahun depan di Padang kita harus lebih banyak lagi (dapat medali emas-red)," katanya.

Apalagi, ditambahkannya, sebagai mantan tuan rumah OSN, Riau harusnya punya semangat baru untuk terus meningkatkan prestasinya.

Dengan raihan medali sekarang, Riau berhasil menjadi yang terbaik di Sumatera. Sementara juara umum OSN 2017 ini diraih oleh DKI Jakarta, peringkat dua oleh Jawa Tengah dan peringkat diraih Jawa Timur.

Beri Motivasi

Provinsi Riau tahun ini dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD, SMP dan SMA/MA yang akan berlangsung sejak tanggal 03 hingga 07 Juli 2017.

Tidak kurang dari lima ribu peserta dan official dari berbagai provinsi akan tumpah-ruah di Bumi Lancang Kuning. Kontingen OSN Riau sendiri berjumlah 57 orang, dengan rincian 35 orang dari SMA, 14 orang dari SMP dan 8 orang dari SD.

Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman secara resmi melepas kontingen OSN Riau di Hotel Furaya, Pekanbaru pada Sabtu (1/7/2017) malam. Orang nomor satu di Riau itu tidak lupa memberikan motivasi sekaligus iringan do'a untuk kontingen OSN Riau agar berhasil menyabet juara di ajang bergengsi ini.

"Kita tahun ini dipercaya sebagai tuan rumah. Mari kita manfaatkan dengan baik kesempatan ini," katanya memberi semangat. Gubri lalu berpesan agar kontingen OSN Riau tidak tegang menghadapi kompetisi ini. "Rileks saja. Tapi jangan lupa berdo'a dan tentu harus konsentrasi," kata dia.

Gubri menyebut bahwa ilmu-ilmu yang diperlombakan sangat penting bagi kemajuan dunia di masa depan. Oleh karena itu, para siswa yang menguasai sains dan teknologi juga akan menjadi penentu bagi peradaban dunia di masa mendatang.

Adapun ilmu-ilmu yang diperlombakan untuk tingkat SMA yakni, fisika, kimia, biologi, matematika, ekonomi, geografi, kebumian, astronomi dan komputer. Untuk tingkat SMP yakni, matematika, IPA dan IPS. Sementara untuk tingkat SD yakni, matematika dan IPA.

Rencananya, OSN akan dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi. Para juara pada OSN ini biasanya mendapat peluang untuk tampil di Olimpiade Sains Internasional. (advertroial)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

Ahmad Hijazi Lantik Pengurus Daerah IKA UR Inhil

Kamis, 31 Agustus 2017 - 12:16 WIB

Bupati Inhil Kukuhkan 33 Orang Calon Paskibra

Rabu, 16 Agustus 2017 - 06:33 WIB

Soal Iptek, Riau Juara 3 se Indonesia

Jumat, 11 Agustus 2017 - 11:35 WIB

Miris, Bocah Kelas 2 SD "Dibully" Hingga Tewas

Rabu, 09 Agustus 2017 - 15:45 WIB

STIKes PMC Yudisium 55 Mahasiswa Periode 2016-2017

Rabu, 02 Agustus 2017 - 12:25 WIB

Dosen PTN yang Gabung HTI Harus Pilih 2 Opsi ini!

Sabtu, 22 Juli 2017 - 19:19 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia