Aksi mahasiswa dari perwakilan PMII Pekanbaru (net)

Senin, 02 Oktober 2017 - 19:01 WIB 2270000

Mahasiswa Demo Kadisdik Riau Dibubarkan Paksa Polisi, Koordinator: Kadisdik Jelas-jelas Berpolitik

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi unjuk rasa menuntut pihak-pihak yang mempolitisasi pendidikan untuk ditindak.

Namun aksi demonstrasi mereka dibubarkan secara paksa aparat kepolisian dan Satpol PP Riau.

Sikap agresip para aparat tersebut, setelah merasa terprovokasi pendemo yang dinilai sudah melenceng dari tujuan demo dengan mendorong aparat serta memaksa masuk kantor untuk mensweping Kepala Dinas Pendidikan Rudianto.

Mahasiswa beralasan, Rudianto sebagai Kepala Dinas Pendidikan Riau telah berpolitik, terkait spanduk bertuliskan kata-kata lanjutkan yang dipasang di sejumlah sekolah SMA se Riau. Aksi mahasiswa yang dikoordinatori Amri, menuntut agar Rudianto mundur dari jabatannya.

Sementra itu, koordinator aksi demo, Amri, mengatakan, ia bersama kawan-kawannya menyampaikan aspirasi sebagai mahasiswa yang peduli terhadap pendidikan, yang tidak ingin ditumpangi oleh politik.

"Sudah jelas-jelas itu kadisnya berpolitik, kami minta kadis mengundurkan diri dari jabatannya. Kami akan turun lagi jika tidak ada jawaban dari Kadis. Ini sudah melanggar undang-undang, ASN yang berpolitik praktis," kata Amri, Senin (2/10/17).

Selain itu, mahasiswa juga mempersoalkan kehadiran Rudianto menjadi narasumber saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD Partai Golkar di Pasir Pengaraian, Rokan Hulu beberapa waktu lalu.

Pembubaran paksa aksi mahasiswa tersebut sempat memanas beberapa saat. Namun sikap tegas aparat kepolisian dan Satpol PP akhirnya membuat mahasiswa memilih membubarkan dari aksinya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Ahyu Suhendra yang menemui mahasiswa mengaku telah menjelaskan bahwa orang yang dicari tersebut sedang dinas luar di Medan, Sumatera Utara.

langsung mahasiswa menjelaskan bahwa Kadisdik Riau saat ini sedang tugas luar kota, ke Medan, Sumatera Utara. Dan tidak mungkin dipaksakan hadir di hadapan mahasiswa. Apa yang menjadi tuntutan mahasiswa dijanjikan akan disampaikan.

"Kita sudah temui, kita sampaikan bahwa pak Kadis sedang dinas luar. Tidak mungkin kita hadirkan orangnya tak ada. Tapi mahasiswa tetap ngotot ingin masuk, memaksa aparat terus ingin mensweping. Inikan sudah nggak benar," ungkap Ahyu.

Ahyu menduga, sikap ngotot mahasiswa yang memaksa mencari Kepala Dinas Pendidikan ke dalam kantor sudah ditunggangi pihak tertentu yang punya kepentingan lain. Apalagi, tuntutan agar Rudianto mundur terkait kehadiran menjadi narasumber di Rakerda Golkar.

"Soal kehadiran pak Kadis di Rakerda Golkar itukan karena diundang menjadi narasumber. Dalam undang-undang dibenarkan. Kemudian dari empat kepala dinas yang hadir, kenapa hanya pak Rudianto saja yang disuruh mundur. Inikan jelas punya maksud tertentu," tegas Ahyu.

Ahyu dengan lantang kemudian menantang kepada mahasiswa, jika memang ada persoalan yang dianggap menyalahi aturan silahkan adukan ke aparat, bukan dengan turun ke jalan.

"Demo ini tak jelas apa yang dituntut kalau memang salah, silakan adukan saja ke aparat hukum. Sampaikan, jangan dengan aksi, kemudian mau mensweping," kata Ahyu. (RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

TNI AL Tangkap 15 Perompak, Begini Kronologisnya

Senin, 02 Oktober 2017 - 12:12 WIB

Ibu-ibu Temukan Perwira TNI Meninggal di Kamar Kos

Senin, 02 Oktober 2017 - 11:13 WIB

Seorang Kakek Ditemukan Tewas Membusuk di Pinggir Jalan

Jumat, 29 September 2017 - 21:35 WIB

Telantarkan Janda, Ketua DK PERADI Pekanbaru Bantah Menipu

Selasa, 26 September 2017 - 10:40 WIB

Foto-foto Kebakaran Maut di Meranti, 3 Orang Tewas

Minggu, 24 September 2017 - 14:22 WIB

Kebakaran Maut di Meranti, 3 Orang Tewas Terpanggang

Minggu, 24 September 2017 - 14:08 WIB

PNS Pemilik Satu Paket Sabu-Sabu Ditangkap Polisi

Kamis, 21 September 2017 - 14:23 WIB

Saat Ditangkap Polisi, Pelaku Sedang Makan Daging Manusia

Selasa, 19 September 2017 - 16:22 WIB

Bentrokan YLBHI, Sejumlah Personel Kepolisian Terluka

Senin, 18 September 2017 - 11:38 WIB

Geger Temuan Bom di Kampar

Senin, 18 September 2017 - 09:04 WIB

Akibat Mencium Wanita Bukan Istrinya, Zu Dipolisikan

Sabtu, 16 September 2017 - 17:20 WIB

Uang Nasabah 300 Juta Digondol Maling

Jumat, 15 September 2017 - 13:53 WIB

Bus Freeport Diduga Ditembak, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kamis, 14 September 2017 - 14:14 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia