Bupati Siak saat mendatangi rumah warga lubuk tilan saat pemberian bantuan Limar. (RB/Agus)

Selasa, 10 Oktober 2017 - 07:45 WIB 1010000

Sudah Lama Dambakan Listrik, Masyarakat Lubuk Tilan Kini Bisa Nikmati Limar dari Pemkab Siak

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Dusun Berumbung Rejo, Kampung Lubuk Tilan Kecamatan Dayun, saat ini menjadi terang benderang, pasalnya sebanyak 36 Kepala Keluarga (KK) mendapat bantuan Listrik Mandiri Rakyat (Limar) dari Pemerintah kabupaten Siak yang bekerjasama dengan TNI, karena selama ini tidak tersentuh penerangan dari PLN.

"Sejak awal masuk tinggal di daerah ini belum pernah ada listrik, Alhamdulillah saat ini berkat adanya bantuan dari pihak Pemda, PT BSP dan TNI, saya tahu rasanya saat malam hari ada lampu yang menerangi setiap sudut rumah ini," kata Saiman (61), salah seorang warga Berumbung Rejo, Senin (9/10/2017) jelang magrib.

Peluncuran program Listrik Mandiri Rakyat BSP Siak Bersinar itu ditandai penekanan tombil serine oleh Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Edy Nasution, yang disaksikan oleh Bupati Siak, Wakil Bupati Siak, Direktur PT BSP, Dandim 0303 Bengkalis, Penemu Limar Ujang Koswara, Camat Dayun. Selain itu dilakukan penandatanganan berita acara pemakaian Limar oleh Direktur PT BSP dengan perwakilan warga, Saiman.

Dusun Berumbung Rejo merupakan salah satu daerah terpencil yang dihuni sebanyak 39 KK. Pada umumnya mata pencaharian mereka sebagai buruh, dagang kecil-kecilan yang terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pak Syamsuar, atas perhatian pada warga disini. Selama ini kami hanya mengandalkan lampu minyak (teplok), anak-anak serta cucu-cucu kami jika ingin belajar maupun mengajid malam harinya bergantung pada cahaya dari lampu itu," tutur Saiman penuh syukur.

Ia pun senang, karena rumahnya dikunjungi oleh jenderal bintang satu, Bupati dan Wakil Bupati Siak serta Dandim 0303 Bengkalis. Dengan bantuan penerangan ini, kata Saiman, semua masyarakat di daerah ini sangat terbantu, tidak hanya bagi pendidikan anak-anak di rumah yang ingin belajar saat malam hari, namun juga aktivitas ibadah, hingga pekerjaan para orang tua-tua disini yang umumnya merupakan buruh kasar.

Terkait hal itu Bupati Siak Syamsuar mengatakan, dengan adanya Limar di rumah-rumah masyarakat merupakan awal dari langkah maju daerah ini. Anak-anak dapat belajar dengan baik, pemuda dapat melaksanakan aktivitas pada malam hari, dan semoga semua yang dilakukan dengan sinergi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

"Terus terang saya terharu, melihat keinginan dan cita-cita anak-anak disini, saat saya tanya tadi, mereka ingin jadi Dandim dan ada juga yang ingin jadi Bupati. Saya jadi teringat masa seumuran mereka, masa susah dulu, siapa sangka bisa jadi Bupati saat ini. Saya doakan cita-cita anak-anak ini bisa terwujud," kata Syamsuar sambil terbata-bata penuh haru.

Ini merupakan kado untuk masyarakat disini sebut Syamsuar, dalam rangka HUT Kabupaten Siak ke 18. Program ini merupakan hasil sinergi Pemkab Siak dengan menggandeng BUMD PT Bumi Siak Pusako melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR), dan didukung oleh jajaran Kodim 0303/ Bengkalis sebagai ujung tombak pelaksana dilapangan.

Ia menambahkan, untuk Rumah Tangga Miskin yang tidak dilalui jaringan PLN, jumlahnya mencapai 1055 Rumah Tangga. Hingga bulan Desember Tahun 2017 direncanakan dapat terpasang sebanyak 300 unit, sisanya diharapkan tuntas pada semester satu Tahun 2018.

Sementara untuk rumah tangga miskin yang dilalui jaringan PLN, rencana akan dibantu oleh BAZNAS Kabupaten Siak pemasangan meteran listriknya, dengan jumlah 500 rumah tangga untuk tahap pertama. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Irwan Nasir Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua IPSI Riau

Minggu, 08 Oktober 2017 - 00:23 WIB

Pilgubri Tahun 2018, Harris Ngotot Tetap Maju

Rabu, 04 Oktober 2017 - 13:40 WIB

KPU Riau Launching Simojo Maskot Pilgubri Tahun 2018

Senin, 02 Oktober 2017 - 19:53 WIB

Sandiaga Uno: Kerenan Pakai Batik dari pada Pake Jas

Senin, 02 Oktober 2017 - 12:11 WIB

Bantu Meranti, Ini yang Dilakukan GenBI

Senin, 02 Oktober 2017 - 10:31 WIB

September Menyakitkan, 3.000 Orang Tewas di Suriah

Minggu, 01 Oktober 2017 - 18:38 WIB

Mantan Pegawai Google Sebarkan Agama dan Tuhan Baru

Minggu, 01 Oktober 2017 - 16:23 WIB

KB FKPPI dan PPM Kabupaten Pelalawan Gelar Nobar G30S PKI

Sabtu, 30 September 2017 - 19:56 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia