Petani di Kepulauan Meranti, Riau (Foto:Riaubook.com)

Selasa, 10 Oktober 2017 - 13:56 WIB 4220000

Jaka Insita Ajak Petani di kepulauan Meranti Giat Bercocok Tanam

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM- Kepala Dinas Tanaman Pangan- Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti, Jaka Insita, SP mengajak petani lebih giat bercocok tanam.

Kalau pemerintah keinginannya seratus persen, maka keinginan petani hendaknya 1000 persen. Harus berpuluh kali lipat ganda, keinginan para petani dalam bercocok tanam. Sebab pemerintah telah menunjukkan keseriusannya untuk mendukung pendapatan para petani.

Tidak saja diberikan lahan secara cuma-cuma, tapi juga dibersihkan hingga siap tanam. Tidak berhenti disitu, pemerintah juga menyediakan bibit unggul, berikut pupuk maupun peralatan pertanian yang dibutuhkan.

Itu artinya, pemerintah saat ini benar-benar memberikan perhatian serius kepada petani, sehingga perhatian dan komitmen pemerintah tersebut harus disambut luar biasa.

Tidak disambut biasa-biasa saja, tapi disambut luar biasa. Sambutan luar biasa itulah diwujudkan lewat kinerja yang serius dalam program peningkatan produksi padi dimaksud.

Demikian disampaikan Jaka Insita, akhir pekan kemarin di hadapan petani yang ada di Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir. Dilahan yang sedang melakukan penanaman padi tersebut, Jaka Insita, kepada para petani mengatakan, bahwa semua hasil pertanian dari upaya bantuan pemerintah tersebut sepenuhnya menjadi milik petani.

Mulai dari lahan tersebut begitu juga hasil panen yang didapatkan. Pemerintah daerah tidak berharap akan menerima imbalan padi atau beras dari masyarakat, tapi murni untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani itu sendiri.

Untuk itu tidak ada alasan bagi petani di Meranti saat ini bermalas-malas mengolah lahan. Semua lahan yang diberikan pemerintah itu harus langsung diusahai. Dengan demikian rencana panen setiap tahunnya akan bisa didapatkan dengan hasil maksimal,"kata Jaka.

Ia menegaskan, pera ketua kelompok atau ketua gapoktan agar giat mengajak anggotanya dan secara berkesinambungan untuk bergelut dalam kegiatan bercocok tanam tersebut.

Terkait jika masih ada kendala teknis atau peralatan yang masih dibutuhkan seperti mesin perontok padi maupun mesin giling, silahkan diajukan melalui proposal, dan hal itu akan kita tindaklanjuti.

Sebab bagaimanapun kehadiran alat pertanian tersebut turut mendukung kelancaran kegiatan dan berpotensi meningkatkan produksi itu,"sebut Jaka lagi.

H Zaini, warga Desa Kedaburapat kepada RIAUBOOK.COM mengakui program berbagai bantuan pemerintah tersebut saat ini telah dinikmati masyarakat. Zaini mengungkapkan, dari sebelumnya sangat sulit mendapatkan beras, kalaupun ada harganya cukup mahal.

Dengan program pemerintah yang melakukan cetak sawah di Meranti, saat ini para petani tidak ada lagi membeli beras. Semua kebutuhan beras rumah tangga petani sudah didapatkan dari hasil pertanian itu sendiri.

"Kami sangat bersyukur, semoga perhatian pemerintah ini, berlanjut terus hingga pada akhirnya Kabupaten Kepulauan Meranti swasembada beras,"sebut Zaini, diaminkan Warisman petani lainnya.(jos)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Bram Takana HS

Berita Terkini

Ribut-ribu Proyek di Inhu, Ini Jawaban Pejabat PUPR

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 09:00 WIB

Warga Inhu Mengeluh Ada Proyek Siluman

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 08:46 WIB

Jembatan Nyaris Amblas, Inhil Terancam Terisolasi

Jumat, 06 Oktober 2017 - 21:39 WIB

Konsumsi Gypsun di Riau Rendah, Mengapa?

Selasa, 03 Oktober 2017 - 09:56 WIB

Lampung jadi Pusat Pemerintahan Indonesia?

Sabtu, 30 September 2017 - 21:59 WIB

Desa-desa di Rohul Gunakan Aplikasi Sismiop

Rabu, 27 September 2017 - 13:53 WIB

Sah, APBD Perubahan Meranti Lebih Rp1 Triliun

Selasa, 26 September 2017 - 09:45 WIB

Ranperda RTRW Riau Sudah Sah

Senin, 25 September 2017 - 13:56 WIB

Indonesia Kirim Bantuan Pengungsi Rohingya

Jumat, 22 September 2017 - 12:36 WIB

Defisit Rp1 Triliun, Gubernur Riau Bilang Enggak Apa-apa

Rabu, 20 September 2017 - 08:24 WIB

Pemko Dumai Laksanakan Tiga Proyek dengan Anggaran Besar

Senin, 18 September 2017 - 19:54 WIB

Abrasi Sungai Indragiri, Separuh Badan Jalan Ambruk

Jumat, 15 September 2017 - 14:24 WIB

Kelanjutan Pembangunan Jembatan Siak IV Segera Dimulai

Rabu, 13 September 2017 - 23:51 WIB

Sepakat, Bandara Dumai Dikembangkan karena Menguntungkan

Selasa, 12 September 2017 - 13:44 WIB

Soal Kerusakan Jalan Azki Aris, Ini Jawaban Dinas PUPR Inhu

Minggu, 10 September 2017 - 18:27 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia