Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memberi sambutan dalam pengukuhan pengurus PERTI. (RB/habir)

Rabu, 11 Oktober 2017 - 13:30 WIB 4600000

Pengukuhan Pengurus PERTI se-Riau, Ini Harapan Gubernur Riau

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menghadiri pengukuhan pengurus Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) kabupaten/kota se-Provinsi Riau di Mesjid Raya Annur Pekanbaru, Rabu (11/10/2017).

Dalam sambutannya, Gubri berharap PERTI dapat semakin eksis setelah sekian puluhan tahun mengalami konflik internal.

"Tentu sekarang yang perlu itu kerja, melaksanakan program yang sudah direncanakan, kami juga berharap ini dapat memperkuat kerjasama dengan provinsi, kabupaten dan kota di Riau," kata Gubri.

Gubri juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pengukuhan ini, karena PERTI sebagai organisasi juga punya program untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Ini (SDM) suatu yang sangat penting untuk Riau di masa yang akan datang," katanya.

Sementara itu Ketua DPD PERTI Provinsi Riau, Alaiddin Koto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk PERTI ini.

"Saya bahagia, karena semua tokoh-tokoh islam yang kami ajak bergabung ke PERTI, tidak ada satupun yang menolak," kata Guru Besar di UIN Suska Riau ini.

Pada kesempatan itun dirinya sedkit menjelaskan awal mula berdirinya PERTI. Menurutnya organisasi ini berdiri tidak lepas dari suasana kejiwaan, suasana politik pada masa itu (masa penjajahan Belanda)

"Pada tahun 1960-an, di Riau ini anggota PERTI yang paling banyak, namun dalam perjalanan ini berubah karena ada sejumlah kepentingan, termasuk perpecahan akibat beda pandangan politik," katanya menjelaskan.

PERTI pada awal kemerdekaan sempat ikut menjadi peserta pemilu. Dan pada akhirnya setelah masa Orde baru, anggota PERTI terpecah, ada yang berafiliasi ke Golkar atau yang ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Akhirnya pada Oktober 2016 lalu, yang berafiliasi ke Golkar dan ke PPP melakukan islah yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi di Jakarta," katanya.

Turut hadir pada pengukuhan itu, Rektor UIN Suska Riau, Munzir Hitami, perwakilan MUI Riau, Forkopimda Riau dan ratusan kader PERTI dari kabupaten dan kota di Riau.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh dua ustad kebanggaan masyarakat Riau yaitu Ustadz Musthafa Umar dan Ustadz Abdul Somad. (RB/habir)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
habir

Berita Terkini

Bupati Inhil Sampaikan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2016

Selasa, 05 September 2017 - 09:42 WIB

Bupati Inhil Lepas Pawai Takbir Idul Adha

Jumat, 01 September 2017 - 08:21 WIB

Olahraga Suatu Kebutuhan Dalam Kehidupan

Selasa, 19 September 2017 - 16:03 WIB

TNI Bangun Toilet di Rohul, Berharap Warga Sehat

Selasa, 10 Oktober 2017 - 14:00 WIB

Semangat Bupati Inhil Upayakan Penyelamatan Kebun Kelapa

Minggu, 17 September 2017 - 11:22 WIB

Bupati Inhil Narasumber Diskusi Nasional Tentang Kelapa

Jumat, 15 September 2017 - 11:10 WIB

Bupati Wardan Kukuhkan Forum Ulama / Umara' Inhil

Selasa, 12 September 2017 - 10:50 WIB

Field Trip, Bupati Inhil Dan Delegasi APCC

Senin, 11 September 2017 - 10:46 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia