Syamsuar saat memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat riau ok nizamil. (RB/Agus)

Kamis, 12 Oktober 2017 - 12:15 WIB 3380000

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-18, Ini Isi Pidato Bupati Syamsuar

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Bupati Siak H Syamsuar mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mengenang kembali peristiwa penting bagi seluruh masyarakat Kabupaten Siak pada hari ini, yang tengah merayakan Hari Jadi Kabupaten Siak ke 18 Tahun 2017.

"Hari ini, tepat 18 tahun yang lalu, tanggal 12 Oktober 1999, tonggak sejarah baru telah berdiri. Siak resmi menjadi Daerah Otonomi Baru melalui terbitnya Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999," kata Syamsuar, saat berpidato di acara peringatan hari jadi Kabupaten Siak ke-18 di lapangan Tugu depan Istana Siak, Kamis (12/10/17).

Syamsuar mengatakan, dengan hal ini tentu menyadari, tonggak sejarah itu tidak semata-mata berdiri sendiri, atau hasil pemberian pihak-pihak lain. Namun marwah yang berhasil dibangun dan tegakkan pada hari ini, merupakan buah dari tekad dan semangat perjuangan, yang dirintis dengan susah payah oleh para pendahulu. Dengan harapan, dapat mendekatkan masyarakat dengan pelayanan publik, serta percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan pembangunan.

"Maka berdirilah Kabupaten Siak mulai saat itu. Kabupaten Siak dalam perjalanannya kemudian terus berbenah, membangun sendi-sendi kehidupan dan kesejahteraan masyarakat, hingga sampailah hari ini, Kabupaten Siak genap berusia 18 tahun," ucap Syamsuar.

Lanjut Syamsuar, perenungan akan latar belakang peristiwa bersejarah dalam perjalanan terbentuknya Kabupaten Siak itu, hendaknya menjadi ruh dan semangat yang dipatri menjadi tema Peringatan Hari Jadi tahun ini. Yaitu "Kita Pertahankan Tradisi Pelayanan Publik Yang Unggul, Menuju Kabupaten Siak Sebagai Destinasi Utama Pariwisata Halal di Provinsi Riau".

"Tema tersebut, merupakan rajutan dari dua poin penting yang terkristalisasi dari semangat perjuangan diawal pemekaran Negeri Istana tercinta," kata mantan Bupati Kepulauan Meranti tersebut.

Tambahnya lagi, dua poin pokok tersebut ialah mendekatkan pelayanan publik dan pembangunan kesejahteraan masyarakat. Yang melalui peringatan hari jadi kali ini kita terjemahkan sebagai inovasi pelayanan publik yang unggul, serta cita-cita menjadikan Kabupaten Siak sebagai destinasi utama pariwisata halal di Provinsi Riau, sebagai pintu gerbang semakin tumbuhnya perekonomian masyarakat dimasa-masa yang akan datang.

"Sejalan dengan itu pula, dalam kepemimpinan kami pada periode lima tahun kedua bersama Wakil Bupati Siak H Alfedri, juga bersama-sama DPRD Kabupaten Siak, telah menetapkan visi pembangunan jangka pendek Tahun 2016-2021, yaitu "Terwujudnya Kabupaten Siak Siak Yang Maju dan Sejahtera Dalam Lingkungan Masyarakat Yang Agamis dan Berbudaya Melayu, serta Menjadikan Kabupaten Siak Sebagai Tujuan Pariwisata di Sumatera," jelasnya.

Sesuai dengan azam tersebut kata Syamsuar, telah banyak upaya dan ikhtiar yang dilakukan seluruh elemen daerah ini dalam membangun negeri, serta mensejajarkannya dengan Kabupaten dan Kota lain di Provinsi Riau yang usianya jauh lebih tua.

"Sebagai bagian dari pertanggungjawaban kami sebagai pemimpin, maka perkenankanlah kami bersama Wakil Bupati dalam kesempatan berbahagia ini menyampaikan perkembangan dan kemajuan pembangunan yang telah kita raih setakat ini," tuturnya.

Pada acara tersebut, juga dihadiri mantan Gubernur Riau Wan Abu Bakar, tokoh masyarakat Riau OK Nizamil, Wabup Siak H Alfedri, Forompimda Siak, para pejabat tinggi dan tamu undangan lainya. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Irwan Nasir Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua IPSI Riau

Minggu, 08 Oktober 2017 - 00:23 WIB

Pilgubri Tahun 2018, Harris Ngotot Tetap Maju

Rabu, 04 Oktober 2017 - 13:40 WIB

KPU Riau Launching Simojo Maskot Pilgubri Tahun 2018

Senin, 02 Oktober 2017 - 19:53 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia