Ilustrasi. (net)

Jumat, 27 Oktober 2017 - 10:13 WIB 2840000

Tips Memilih Agen Travel Umroh di Riau, Ketahui Juga Izinnya

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinai Riau menyatakan hanya ada 38 unit travel umroh dan haji plus yang resmi atau mengantongi izin di Provinsi Riau.

Untuk itu masyarakat yang mau betangkat umroh maupun haji plus harus bethati-hati betul dalam menentukan biro perjalan atau travel yang akan digunakan untuk keberangkatan agar tidak tertipu.

"Setelah selesainya musim haji tahun 1438H/2017M ini, biro perjalan umroh atau travel umroh mulai marak lagi dalam melakukan aktivitasnya. Masyarakat diminta untuk berhati-hati dalam memilih travel umroh bagi yang ingin berangkat," kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Riau, Asril, saat diikonfirmasi di Pekanbaru, Kmais (26/10/2017).

Kata dia, jangan hanya tergiur dengan harga yang murah dan fasilitas yang menarik, tapi harus betul-betul diketahui kebetadaan travel tetsebut terutama perizinannya,

Ia katakan, dalam melakukan pengawasan terhadap travel dan melakukan pembinaan-pembinaan pada masyarakat yang akan berangkat umroh maupun haji plus, Kanwil Kemenag Provinsi Riau terus melakukan sosialisasi dengan memberikan kiat-kiat dalam cara memilih atau menentukan travel/biro perjalanan yang baik pada masyarakat yaitu dengan istilah 'Lima Pasti Umroh'.

"Jadi kita lakukan sosoalisasi lima pasti umroh yaitu yang pertama, bagi masyarakat yang ingin mau berangkat pastikan travel itu berizin. Ke dua, pastikan jadwal penerbangannya, ke tiga pastikan pelayamannya, ke empat pastikan hotelnya dan yang ke lima atau terakhir pastikan visanya ada atau belum. Inilah yang harus jadi perhatian bagi maayarakat sebelum berangkat atau memilih travel," kata dia.

Sementara itu disampaikan juga, terhadap travel yang gagal dalam memberangkatkan jamaahnya, ada tiga kewajiban atau hal yang dilakukan oleh Kemenag Riau terhadap travel bersangkuran.

Pertama kata dia, dengan memberikan teguran keras denfan melayangkan Surat Peringatan (SP) I.

Ke dua, lanjutnya, kalau masih tetap juga melakukan hal serupa, layangkan SP II dan dibekukan izin travelnya. Ke tiga, tidak juga berubah, dilakukan pencabutan izin travelnya.

"Tapi lain halnya kalau seandainya ada terjadi unsur penipuan, pihak yang merasa ditipu untuk segera membuat pelaporan pada pihak kepolisian.

"Mengenai ini sudah ada kesepakatan atau MoU antara Kemrenag RI dengan Mabes Polri dalam masalah penanganannya," kata pria berkacamata ini lagi.

Kemudian dikatakan juga, dalam melakukan pengawasan, pihak Kemenag Riau juga ada melakukan peninjauan langsung ke lapangan tempat usaha travel dalam waktu-waktu tertentu, terutama dalam melihat dan mempertanyakan masalah jadwal keberangkstan jamaah apakah sesuai dengan yang disampaikan atau tidak.

Kemudian terpenting masalah pelayanan yang diberikan terutama untuk di Makkah dan Madinah. Sebelum berangkat, jamaah harus disuntik kekebalan. Didampingi oleh Jrtua Regu dan kalau di Makjah dan Madinah harus ads pbimbibg ibadah," kataya menambahkan.

Diakui lagi, izin travel yang dikeluarkan berlaku dalam kurun tiga tahun, namun tiap tahun dilakukan pemantauan, terutama dalam satu tahun harus membetangkatkan jamaah lebih dari 200 orang, kalau tidak, izin tidak bisa diperpanjang.

"Mendirikan sebuah travel dengan persyaratan, buat permohonan mau mendirikan, ada akte notaris, surat dari Menkum HAM, surat dati Dinas Pariwisata, SKDU, struktur kepengurusan, NPWP, biodata pinpinan dan KTP, harus ada laporan keuangan dan ada jaminan Rp 200 juta di bank, Rp500 juta untuk haji," kata dia mengakhiri. (RB/MC)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Bupati Suyatno Minta APBD Riau untuk Pulau Jemur

Senin, 16 Oktober 2017 - 20:20 WIB

Tabuik Piaman Merupakan Budaya, Bukan Ritual Agama

Senin, 16 Oktober 2017 - 19:40 WIB

Walikota akan Membuat Pesta Budaya di Kota Dumai

Senin, 16 Oktober 2017 - 18:09 WIB

Makanan Khas Melayu Ada di Riau Expo

Senin, 16 Oktober 2017 - 07:38 WIB

Sadar, Fotografi itu Penting Dukung Pariwisata Riau

Minggu, 15 Oktober 2017 - 23:48 WIB

Produk Kampar Banyak Dicari Orang Jawa, Kata Azis Zaenal

Minggu, 15 Oktober 2017 - 17:16 WIB

Tabuik di Dumai Merupakan yang Termegah di Dunia

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 14:55 WIB

Riau Juara di Batam

Senin, 02 Oktober 2017 - 09:51 WIB

Taman Putri Kaca Mayang Berubah Jadi Waterboom Dadakan

Minggu, 01 Oktober 2017 - 14:36 WIB

Bandar Bakau Dumai Bisa Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Senin, 18 September 2017 - 22:25 WIB

Vote Bujang Dara 2017 Pilihan Anda, Ini Caranya

Senin, 18 September 2017 - 18:02 WIB

Lima Motif Batik Andalan Kabupaten Pelalawan

Rabu, 06 September 2017 - 12:59 WIB

Konjen RI Johor Bahru: Riau Sangat Kaya Potensi Pariwisata

Senin, 04 September 2017 - 22:35 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia