Penggagas perpustakaan troatoar anggi saat menerima penghargaan dari Pabung Kodim 0303/bengkalis mayor Sumarno. (RB/Agus)

Senin, 30 Oktober 2017 - 17:48 WIB 3570000

Dapat Penghargaan di Hari Sumpah Pemuda, Ini Latar Belakang Berdirinya Perpustakaan Trotoar di Siak

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Turunnya minat baca masyarakat di era digital saat ini, menjadi inisiatif pemuda Siak untuk membuat taman bacaan Perpustakaan Trotoar, hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian anak-anak muda dalam membantu pembangunan didaerahnya.

"Sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat yang ada di Siak, kami membuat perpustakaan trotoar yang berada seputaran Taman Mahratu depan istana Siak," kata Anggi, salah seorang penggagas perpustakaan trotoar, Senin (30/10/2017), usai upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Anggi bersama kawan-kawannya sudah tiga bulan ini memulai kegiatan yang tak lazim itu. Ia menceritakan hanya beberapa orang saja yang mau singgah dan membaca buku-buku yang telah disediakannya.

"Kami berinisiatif membuka taman bacaan ini untuk menambah wawasan dan ilmu masyarakat, melalui berbagai buku bacaan yang telah kami sediakan. Mulai dari buku bacaan untuk anak-anak dan buku bacaan umum," tutur Anggi,

Ditambahkan Anggi, kami sangat mengharapkan bagi warga yang ingin menyumbang buku, kemudian buku yang tersedia belum bisa dibawa pulang, kecuali kawan-kawan terdekat saja.

Anggi juga berharap agar kedepan Perpustakaan Trotoar ini semakin diminati masyarakat sehingga membaca buku menjadi budaya (kebiasaan) dimasyarakat kabupaten Siak.

Atas insiatif itu, Pemerintah Kabupaten Siak memberikan apresiasinya melalui sebuah piagam penghargaan. Karena dinilai membantu pemerintah dalam menggalakkan Siak gemar membaca, yang telah dicanangkan oleh Bupati Siak tahun 2013 yang lalu.

Saat ditemui usai upacara, Wakil Bupati Siak Alfedri mengatakan, adanya perpustakaan trotoar ini, akan menarik minat baca serta ikut menggalakkan minat baca di hati Masyarakat Siak. Apalagi saat ini anak-anak muda dan masyarakat sudah mulai jarang membaca.

"Saya apresiasi, kreatifitas anak-anak muda kita ini. Sembari berwisata, masyarakat kita bisa membaca di ruang terbuka tersebut," ujar Alfedri.

Alfedri berharap, adanya perpustakaan trotoar ini, minat baca masyarakat bisa meningkat. Dengan membaca bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Selain itu, dengan diserahkannya penghargaan ini, tentu semangat anak-anak muda pendiri perpustakaan trotoar tambah semangat. Begitu juga dengan masyarakat yang ikut mendukung minat baca dengan menyumbangkan buku-buku kepada pengurus perpustakaan trotoar tersebut.

Pada kesempatan itu juga, diserahkan penghargaan kepada Ketua DPRD Siak kategori pembina terbaik pemuda kreatif, komunitas Tanjak, UMKM Telajak Art, Komunitas Pengrajin, Komunitas Seni, Karateka Inkanas Riau dari Kabupaten Siak, Atlet Dayung, pelajar SMA, dan lain-lain. (RB/Agus)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Kata Bupati Yopi Warga Tionghoa Sudah Seperti Saudaranya

Minggu, 29 Oktober 2017 - 12:53 WIB

Hotel Alexis Ditutup? Anies Baswedan: Nanti Kejutan

Rabu, 25 Oktober 2017 - 21:02 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia