Asisten Gubernur BI Dyah Nastiti membuka pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia 2017. (RB/Vera)

Senin, 20 November 2017 - 13:48 WIB 3890000

BI Edukasi Peran Bank Sentral Bagi 580 Wartawan Se Indonesia

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Dalam rangka menyebarkan fungsi dan peran bank sentral kepada masyarakat, Bank Indonesia (BI) menggelar kegiatan Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia 2017 yang diikuti 580 jurnalis seluruh Indonesia di Jakarta .

"Kami apresiasi kepada seluruh wartawanIndonesia yang hadir di sini," kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Agusman saat memberikan sambutan pada acara Pelatihan wartawan daerah Bank Indonesia 2017, di Jakarta, Senin (20/11).

Agusman menjelaskan ada beberapa tugas pokok BI yakni menjalankan fungsinya sebagai otoritas monoter, sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan.

"Untuk itu Bank Indonesia memandang komunikasi merupakan hal yang penting dalam menyampaikan kebijakan - kebijakan kepada masyarakat," tuturnya.

Ditambahkan dia, dengan komunikasi yang lancar, efektif, dan efesien akan membuat transmisi kebijakan Bank Indonesia diterima industri, pelaku usaha dan masyarakat secara cepat dan tepat sasaran, termasuk dalam mengendalikan ekspektasi inflasi hingga ke pelosok.

"Maka untuk itu, BI butuh peran serta dari media massa sebagai institusi yang memiliki tugas untuk menyebarkan berita dan informasi yang efektif dan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Nah, Sebagai salah satu pilar demokrasi, media massa juga memiliki peran untuk mengawal kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh otoritas.

"Bank Indonesia memandang penting untuk meningkatkan pemahaman wartawan media massa secara rutin, maka penyelanggaran Pelatihan Wartawan Daerah 2017 dengan tema "Pengendalian Inflasi Daerah untuk Mewujudkan Kesejahteraa masyarakat," pungkas Agusman.

Sementara itu Asisten Gubernur BI Dyah Nastiti dalam pembukaan pelatihan mulai 19-22 November 2017 di Grand Sahid Jaya

menyatakan BI tidak bisa hidup tanpa media

"Saya akui kita tidak bisa hidup tanpa media," ujar Diah disambut tepuk tangan.

Diah mengapresiasi para wartawan dan mengucapkan selamat datang di Jakarta yang tentunya akan sangat memberikan pengalaman dan pengetahuan tidak hanya wartawan tetapi juga BI.

Ia menyatakan 65 persen masyarakat Indonesia dibawah 39 tahun, mereka yang dibesarkan dan lahir di era digital, itu artinya terbanyak digital metikc.

Diah juga menilai diera generasi muda saat ini pola penyampaian komunikasinya jauh berbeda dengan jaman dulu. Dimana anak usia sekarang sudah disebut generasi digital metikc.

"Untuk itu BI juga harus bekerja keras bagaimana membantu untuk menyampaikan kebijakan BI ke masyarakat dengan pola komunikasi yang canggih, kami juga sudah lebih info grafis, " tambahnya.

Sebagai catatan, selama dalam pelatihan peserta akan dibekali dengan materi Pengendalian Inflasi Daerah Untuk Mewujukan Masyarakat, yang narasumbernya Pimpinan DKEM, Gubernur Provinsi Jawa Tengah, dan Kemenko Perekonomian, serta Pengamat Ekonomi.

Lalu, dilanjutkan dengan materi Perkembangan dan Kebijakan Sistim Pembayaran BI dan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT). Perkembangan dan Kebijakan Sistim Pembayaran Bank Indoensia, Kebijakan Makroprudensisial Untuk Mendorong Pertumbuhan Perkonomian Daerah dan materi penting lainnya.

Pemilihan materi yang akan disampaikan menurutnya didasarkan pada perkembangan ekonomi saat ini, apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini, dengan harapan akan memberikan manfaatat bagi peserta.(RB/Vera)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
redaksi riaubook

Berita Terkini

UMP Riau Kalah dengan Papua dan Bangka

Minggu, 19 November 2017 - 17:57 WIB

Awas, Transaksi Mata Uang Asing Dimonitor BI dan Polri

Jumat, 17 November 2017 - 15:49 WIB

Kredit Perbankan Belum Kuat, Ini Data Bank Indonesia

Kamis, 16 November 2017 - 20:13 WIB

Harga Sawit Riau Turun

Selasa, 14 November 2017 - 13:09 WIB

Harga Sawit Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.093 Per Kilogram

Selasa, 07 November 2017 - 13:26 WIB

PDRB Riau Tumbuh 2,85 Persen Pada Triwulan III 2017

Senin, 06 November 2017 - 16:18 WIB

Petani Riau Mulai Sejahtera, Menurut BPS

Senin, 06 November 2017 - 09:45 WIB

Cara BI Atasi Krisis Keuangan Global

Kamis, 02 November 2017 - 13:19 WIB

Supermarket Giant di Malaysia Berguguran

Rabu, 01 November 2017 - 12:22 WIB

Harga Gas Elpiji 3 Kg Mahal, Warga Dumai Menjerit

Minggu, 29 Oktober 2017 - 13:50 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia