Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas saat diresmikan sebagai pasangan calon di Pilkada Jawa Timur 2018 (net)

Senin, 27 November 2017 - 07:50 WIB 7790000

PKS Ingin Bersama Kiai Dukung Gus Ipul-Anas di Pilkada Jatim

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Imanmengatakan, PKS kemungkinan besar akan menetapkan dukungannya kepada Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Azwar Anas.

PKS akan bergabung dengan koalisi PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah mendeklarasikan mendukung terlebih dulu kepada pasangan tersebut.

"Sampai saat ini PKS sesuai arahan Majelis Syuro ingin bersama pilihan kiai. Jadi kiai kecenderungannya secara mayoritas ke Gus Ipul. Besar kemungkinan kami akan itu," kata Sohibul usai acara "Tausiyah Kebangsaan" di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu malam (26/11/2017).

Menurut Sohibul, sejak awal Pligub Jatim, PKS sudah mempertimbangkan untuk meminang Gus Ipul. Apalagi, hal itu diperkuat dengan keinginan para kiai di Jatim.

Meskipun, dukungan para kiai terpecah. Ada yang mendukungGus Ipul-Anas, ada pula yang menyatakan dukungan untuk Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Khofifah-Emil telah resmi didukung Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Sementara, tiga partai politik lain yakni Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PPP belum secara resmi menyatakan dukungannya kepada Khofifah-Emil.

"Dari dulu (ingin dukung Gus Ipul) dari awal, kami ingin bersama pilihan kiai. (Kiai terpecah) itu, tapi hitungan kita, mayoritas masih tetap ke Gus Ipul," kata Sohibul, dikutip dari Kompas.com.

Sohibul menegaskan bahwa partainya tak akan bergabung dengan wacana poros baru yang akan dibentuk Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Iya (tidak dengan poros baru). Itu arahan yang sekarang, arahan Majelis Syuro seperti itu," kata Sohibul.

Soal kapan PKS akan mendeklarasikan dukungan untuk Gus Ipul-Anas, Sohibul tak ingin terburu-buru. Ia menunggu usulan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jatim terlebih dulu.

"Kami tetap menghormati proses yang ada di DPW. Biarlah DPW melakukan proses itu. Tapi ini tergantung kecepatan teman-teman dari wilayahngusulinnyake kami," ujar Sohibul.

Sementara itu, terkait Partai Gerindra dan PAN, Sohibul mengatakan kedua partai politik tersebut memahami sikap yang diambil PKS.

"Kami sudah berkomunikasi dengan mereka. Mereka memahami sikap masing-masing," kata Sohibul.

Hal senada disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal PKS Mardani Ali Sera. Ia mengatakan, Pilgub Jatim akan berlangsung menarik. Sebab, Partai Gerindra dan PAN merayu partainya untuk berkoalisi mendukung alternatif calon lain.

"Jatim ini menarik, karena PAN dan Gerindra mengajak untuk bikin poros baru tapi tidak mudah. Kami sedangsowanke beberapa kiai, karena PKS ingin bersama kiai di Jatim, walaupun kiainya pecah dua," kata Mardani.

"Ini lagi dicek mana yang paling maslahat. Desember ini. Kalau selama ini, jujur yang paling dekat Gus Ipul. Politik kan sangat dinamis, kami terus mencermati," ujar dia. (RB/Kompas.com)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM


100000000
Yopi Pranoto

Berita Terkini

Elektabilitas Partai Gerindra Melejit, Golkar Tergerus

Minggu, 26 November 2017 - 17:18 WIB

Setya Novanto Bakal Dicopot dari Ketua DPR Jika...

Rabu, 22 November 2017 - 12:13 WIB

Setya Novanto Berkirim Surat, Ini Isinya

Rabu, 22 November 2017 - 08:09 WIB

Hari ini Setya Novanto Dinonaktifkan

Selasa, 21 November 2017 - 08:52 WIB

Nazarudin Bilang Begini Setelah KPK Menahan Setya Novanto

Senin, 20 November 2017 - 16:07 WIB

Sekda Riau: Tahun Politik, Stabilitas Keamanan Terpenting

Minggu, 19 November 2017 - 23:32 WIB

Siapa Calon Pengganti Setya Novanto sebagai Ketum Golkar?

Minggu, 19 November 2017 - 10:30 WIB
Gerakan Antikorupsi

Catatan Najwa, Papa Kenapa

Sabtu, 18 November 2017 - 22:52 WIB

Rp75 Miliar APBD Riau untuk KPU, Sekda: Akan Dipenuhi

Rabu, 15 November 2017 - 12:17 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia