Foto ilustrasi anggota TNI sedang berjibaku memadamkan kebakaran di lahan. (net)

Senin, 12 Februari 2018 - 06:55 WIB 6740000

Camat Rangsang Meranti Ingatkan Masyarakat agar Waspada Karhutla

Siapakah Yang Layak Memimpin Riau 5 Tahun Ke Depan?

  • Firdaus-Rusli
  • Syamsuar-Edy Nasution
  • Arsyadjuliandi Rahman-Suyatno
  • Lukman Edy-Hardianto


RIAUBOOK.COM - Sudah lebih 2 minggu Kepulauan Meranti mengalami kemarau. Cuaca panas menyengat masih saja berlangsung hingga saat ini. Tanda-tanda akan turun hujan juga masih belum terlihat.

Sebagai daerah bertanah gambut, potensi terjadinya kebakaran sangatlah tinggi. Apalagi kontur tanah gambut di semerata Meranti memiliki kedalaman bahkan lebih dari 2 meter itu.

"Kondisi panas seperti ini cukup rawan dan genting akan terjadinya kebakaran.

Untuk itu kepada masyarakat Meranti, terutama yang berhubungan langsung dengan tanah terbuka, atau lahan maupun berada di kawasan kehutanan agar waspada terjadinya kebakaran," demikianditegaskan Camat Rangsang Tunjiarto didampingi Kepala Desa Gayung Kiri, akrab disapa Ace kepadaRiaubook.comdi Selatpanjang Minggu (11/2/18).

Tunjiarto menjelaskan, tanggungjawab menjaga kondisi aman dari musibah kebakaran hutan maupun lahan tidak semata hanya tanggungjawab pemerintah saja. Semua pihak di semua lini harus turut berpartisipasi. Mulai dari jajaran pemerintah itu sendiri, maupun kalangan pengusaha, pemuda dan pelajar dan seluruh lapisan masyarakat.

Sehingga ancaman terjadinya kebakaran tersebut akan bisa diantisipasi. Dan jika memang ada yang terjadi semua pihak juga harus terjun untuk memadamkannya.

Artinya jika kita mengetahui adanya lahan terbakar di sekitar kita, maka tindakan pertama yang kita lakukan yakni segera padamkan secara bersama-sama.

Kemudian seiring dengan itu laporkan segera kepada kepala desa atau polisi maupun tentara yang ada di wilayah tersebut untuk segera diteruskan ke kabupaten.

Itu semua menjadi tanggungjawab kita bersama. Sebab jika terjadi kebakaran hutan maupun lahan maka yang rugi adalah kita semua. Baik materil maupun moril dan lain sebagainya.

"Untuk itulah kita mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kecamatan Rangsang agar tetap waspada terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan tersebut," pinta Camat Tunjiarto.

Ditambahkan Kades Gayung Kiri, Ace, untuk mengantisipasi musibah tersebut supaya tidak sampai terjadi, pihaknya melalui perangkat desa senantiasa melakukan sosialisasi ancaman kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Baik melalui person maupun melalui pendekatan sosial dan kegiatan-kegiatan keagamaan. Sehingga seluruh Mushalla, maupun tempat ibadah yang ada senantiasa menyelipkan imbauan kepada seluruh jamaah agar tetap waspada terhadap kebakaran dimaksuk.

Kemudian para pekebun atau petani tidak dibenarkan membakar lahan.

Demikian juga masyarakat yang masuk ke dalam hutan agar tidak membuang puntung rokok sebelum dipastikan api rokoknya padam. Selanjutnya kepada masyarakat yang gemar memancing di pedalaman juga diminta, jika terpaksa harus membuat api untuk kebutuhan memasak, maka pastikan dulu api itu dipadamkan, baru lokasi itu ditinggalkan.

Terakhir Kades ini menyinggung, ancaman sanksi pidana pada pelaku Karhutla tidak main-main. Sungguh teramat berat, untuk itu pastikan diri kita sendiri tidak melanggar hukum tersebut," ujar dia mengakhiri. (RB/jos)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau


Siapakah Yang Layak Memimpin Riau 5 Tahun Ke Depan?

Firdaus-Rusli 44.3 %
Syamsuar-Edy Nasution 8.7 %
Arsyadjuliandi Rahman-Suyatno 21.9 %
Lukman Edy-Hardianto 25.1 %
Hasil berdasarkan dari 43980 orang responden.
*sebaran sampel hanya penggiat medsos dan belum berdistribusi normal mewakili populasi atau DPT, jumlah orang responden akan terus bertambah

100000000
Yopi Pranoto

Berita Terkini

BMKG Deteksi 17 Titik Panas dan 5 Titik Api di Riau

Kamis, 01 Februari 2018 - 19:31 WIB

Awas, Kebakaran Lahan Berpotensi Kembali Hantui Riau

Selasa, 30 Januari 2018 - 13:48 WIB

Ada Dinosaurus Cantik Berbulu Warna-Warni

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:35 WIB

Awas Hujan, Legislator Riau: Hati-hati Bencana

Rabu, 10 Januari 2018 - 13:51 WIB

Sejumlah Wilayah di Riau Bakal Hujan, Suhu Udara Normal

Senin, 08 Januari 2018 - 18:02 WIB

Sungai Siak Ikon Riau, Tapi Malah Tercemar

Kamis, 04 Januari 2018 - 08:08 WIB

Awas, Awal Tahun Sejumlah Daerah di Riau Ini Rawan Banjir

Selasa, 02 Januari 2018 - 08:10 WIB

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Untuk Kepulauan Riau

Senin, 25 Desember 2017 - 21:09 WIB

Asal Usul Makhluk Habelia Optata Terungkap

Sabtu, 23 Desember 2017 - 17:41 WIB

Jalur Pendakian Gunung Semeru Akan Ditutup, Ini Alasannya

Senin, 18 Desember 2017 - 20:27 WIB

Baru-baru ini Ilmuwan Temukan Spesies Ngengat, Unik

Senin, 18 Desember 2017 - 11:00 WIB

RAPP Hanya Inginkan Kepastian Hukum dari KLHK

Selasa, 12 Desember 2017 - 22:07 WIB

Titik Panas Bermunculan di Sumatera Kecuali Riau

Rabu, 06 Desember 2017 - 19:31 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia