Drama Setya Novanto Selesai, 15 Tahun Bui, Siapa Selanjutnya?

RIAUBOOK.COM - Kisah panjang kasus KTP elektronik mengintari sang mantan Ketua DPR RI Setya Novanto, dan drama itu kini berakhir pada Selasa 24 April 2018.

Setnov atau SN yang duduk kursi pesakitan beberapa kali memejamkan mata ketika hakim Pengadilan Tipikor Jakarta membacakan putusannya.

Namun, ia tak sedang tertidur. Sesekali, pria 62 tahun itu mengarahkan pandangan ke majelis hakim. Nasibnya akan segera ditentukan oleh lima orang di hadapannya itu.

Tak lama kemudian, tok, tok, tok vonis 15 tahun penjara dijatuhkan pada terpidana kasus dugaan korupsi e-KTP itu.

"Menjatuhkan pidana 15 tahun penjara dan denda Rp 500 juta," kata Hakim Ketua Yanto, Selasa (24/4/2018).

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntutnya 16 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Hakim menilai, mantan Ketua DPR itu terbukti secara sah melakukan korupsi dalam pengadaan proyek e-KTP. Majelis juga mencabut hak politik mantan Ketua DPR itu selama 5 tahun. Pencabutan hak politik ini akan berlaku setelah ia selesai menjalani masa tahanan.

Setya Novanto juga diharuskan membayar uang pengganti US$ 7,3 juta, dikurangi Rp 5 miliar yang sudah dibayarkannya ke rekening tampungan KPK. Jumlah duit yang harus dikembalikan tersebut sesuai dengan tuntutan JPU KPK.

Majelis Hakim menyatakan, Setya Novanto telah melanggar Pasal 3 UU Tipikor Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1. Pasal tersebut mengatur tentang tindak pidana korupsi dengan menyalahgunakan wewenang.

Tak pembelaan yang ditepis mentah-mentah, permohonan Setya Novanto untuk menjadi justice collaborator (JC) atau saksi pelaku yang bekerja sama dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP pun ditolak hakim.

rb

Tak Berhenti Sampai Setya Novanto

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo mengapresiasi vonis hakim terhadap Setya Novanto. Tuntutan soal uang pengganti dan pencabutan hak politik dikabulkan, meski masa hukuman dikorting setahun dari apa yang diminta jaksa.

"Kita tahu kasus ini ditangani dalam kondisi KPK menghadapi sejumlah tantangan dan hambatan. Namun bisa selesai akibat kerja keras tim di penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan unit lain terkait," kata Agus saat dihubungi Liputan6.com.

Dia mengatakan, KPK juga berterimakasih pada masyarakat yang telah membantu kerja para penyidik dan mengawasi secara lekat kasus yang merugikan khalayak itu.

Dan, kasus e-KTP tak berhenti sampai Setya Novanto.

"Untuk pengembangan pada pelaku lain, segera kami cermati fakta-fakta sidang. Tentu seperti yang pernah disampaikan, kasus ini tidak akan berhenti kepada Setya Novanto saja," kata dia.

Agus mengatakan, sejak tuntutan diajukan sudah menyampaikan, jika ada bukti yang kuat adanya upaya penyamaran uang hasil korupsi tentu akan diproses.

Secara terpisah, Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan, pihaknya akan mencermati fakta-fakta persidangan untuk pengembangan kasus.

"Tentu seperti yang pernah disampaikan, kasus ini tidak berhenti pada Setya Novanto saja, karena kasus ini melibatkan banyak pihak," kata dia kepada pers.

Sementara itu, Pengamat Hukum Pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menilai, hukuman untuk Setya Novanto sudah cukup setimpal terutama adanya uang pengganti sejumlah US$ 7,3 juta dan pencabutan hak politik.

Dia pun berharap, nama-nama yang muncul dalam persidangan e-KTP dan disebutkan hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta.

"Nama nama yang disebut menerima harus diproses, agar perkara e-KTP ini tuntas," kata dia kepada Liputan6.com.

Dia mengatakan, KPK juga harus mengusut kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang melibatkan Setya Novanto.

Sementara, Koordinator Indonesian Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo mengatakan, vonis tersebut relatif besar.

"Vonis yang besar dari sisi tren vonis pidana korupsi yang dikeluarkan pengadilan tingkat pertama, dan di luar perbedaan jumlah tuntutan dan vonis semua tuntutan KPK dipenuhi. Jadi saya kira itu adalah satu bentuk pembuktian memang Setya Novanto terlibat dalam kasus korupsi e-KTP," kata Adnan kepada pers Selasa (24/4/2018).

Mengenai nama-nama yang diduga menerima aliran dana e-KTP, menurutnya KPK akan melihat semua putusan itu dan melengkapi bukti bukti lain yang dimiliki. Karena, kalau hanya putusan saja tidak bisa dipakai KPK untuk memproses.

"Itu harus tetap dibuktikan dengan data data atau alat bukti lain yang dimiliki oleh KPK," kata dia.

Dia mengatakan, KPK harus mengejar pihak - pihak lain yang masih diduga terlibat kasus ini. KPK jangan berpuas diri setelah vonis terhadap Setya Novanto keluar.

Dalam pembacaan pertimbangan putusan, majelis hakim menyatakan, Setya Novanto terbukti memperkaya diri sendiri, memperkaya orang lain dan korporasi.

Berikut sejumlah nama yang disebut dalam vonis hakim:

1. Irman sebesar Rp 2,37 miliar, US$ 877,7 ribu, dan 6 ribu dolar Singapura.

2. Sugiharto sebesar US$ 473 ribu

3. Andi Agustinus Alias Andi Narogong sebesar US$ 2,5 juta dan Rp 1,18 miliar.

4. Gamawan Fauzi sebesar Rp 50 juta

5. Diah Anggraeni sebesar US$ 500 ribu dan Rp 22,5 juta

6. Drajat Wisnu Setyawan sejumlah US$ 40 ribu dan Rp 25 juta

7. Anggota panitia pengadaan barang/jasa sebanyak enam orang, masing-masing sebesar Rp 10 juta.

8. Johannes Marliem sebesar US$ 14,8 juta dan Rp 25,2 miliar

9. Miryam S. Haryani sebesar US$ 1,2 juta

10. Markus Nari sebesar US$ 400 ribu

11. Ade Komarudin sebesar US$ 100 ribu

12. M Jafar Hafsah sebesar US$ 100 ribu

13. Beberapa anggota DPR periode 2009-2014 sebesar US$ 12,8 juta dan Rp 44 miliar.

14. Husni Fahmi sebesar US$ 20 ribu dan Rp 10 juta

15. Tri Sampurno sejumlah Rp 2 juta

16. Beberapa anggota Tim Fatmawati, yakni Jimmy Iskandar Tedjasusila Als Bobby, Eko Purwoko, Andi Noor, Wahyu Supriyantono, Setyo Dwi Suhartanto, Benny Akhir, Dudy Susanto, dan Mudji Rachmat Kurniawan masing-masing sebesar Rp 60 juta.

17. Wahyudin Bagenda selaku Direktur Utama PT LEN Industri sebesar Rp 2 miliar

18. Abraham Mose, Agus Iswanto, Andra Agusalam, dan Darma Mapangara selaku Direksi PT LEN Industri masing-masing mendapatkan sejumlah Rp 1 miliar serta untuk kepentingan gathering sebesar Rp 1 miliar.

19. Mahmud Toha sejumlah Rp 3 juta.

20. Charles Sutanto Ekapraja sebesar US$ 800 ribu

21. Manajemen Bersama Konsorsium PNRI sebesar Rp 137,9 miliar.

22. Perum PNRI sebesar Rp 107,7 miliar.

23. PT Sandipala Artha Putra sebesar Rp 145,8 miliar.

24. PT Mega Lestari Unggul yang merupakan holding company PT Sandipala Artha Putra sebesar Rp 148,8 miliar.

25. PT LEN Industri sebesar Rp 5,4 miliar.

26. PT Sucofindo sebesar Rp 8,2 miliar.

27. PT Quadra Solution sebesar Rp 79 miliar

Dari nama-nama tersebut, sudah ada yang divonis dalam kasus e-KTP atau telah dimintai keterangan di KPK.

Sementara, nama-nama besar -- misalnya nama sejumlah anggota DPR -- yang diakui Setya Novanto sebagai pihak yang kecipratan dana e-KTP dikesampingkan oleh hakim.

"Konfrontir dilakukan di luar persidangan sehingga tidak dapat dijadikan pertimbangan," kata Hakim Anwar dalam sidang vonis Setya Novanto. (RB/liputan6)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Dua Pejabat Polres Kepulauan Meranti Sertijab

RIAUBOOK.COM - Kepala Kepolisian Resor Kepulauan Meranti, AKBP. La Ode Proyek memimpin serahterima jabatan dua pejabat, Selasa (24/4/18).Kasubbag Humas Polres…

Foto

4 Kilo Sabu Diamankan Polisi Riau dari Kurir Jaringan Internasional

RIAUBOOK.COM - Pihak Satuan Reserse Narkoba Kepolisian Resor Kota Pekanbaru, Riau, berhasil mengamankan dan menyita 4 kilogram sabu dari tangan…

Foto

Satreskrim Polres Inhu Bekuk Dukun Aborsi dan Pasiennya

RIAUBOOK.COM - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hulu (Inhu), Riau, berhasil meringkus dukun pelaku aborsi beserta satu orang pasiennya,…

Foto

Komplek BTN TPI Perawang Barat Digrebek, Polisi Ringkus Seorang Perempuan Pemilik Sabu

RIAUBOOK.COM - KomplekBTN TPI II Blok F RT 014 RW 002 Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten…

Foto

Kronologi Penangkapan Tersangka Narkoba di Tambang

RIAUBOOK.COM - Polsek Tambang, Kampar mengamankan seorang pria berinsial LM (37) warga Dusun Srijaya Desa Balam Jaya, Kamis (19/4/2018) sekira…

Foto

Mulai 26 April, Polres Inhil Gelar Operasi Patuh Muara Takus

RIAUBOOK.COM - Polres Indragiri Hilir menggelar Operasi Patuh Muara Takus 2018. Operasi ini akan dilaksanakan mulai 26 April hingga 9…

Foto

Polisi Rohil Amankan 3 Kilo Sabu dan Lebih 2.000 Ekstasi

RIAUBOOK.COM - Kapolres Rokan Hilir (Rohil), Riau, AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH melalui Wakapolres Kompol Dr Wawan di dampingi Kasat…

Foto

Polda Riau Segel Aset Abu Tours di Pekanbaru, Akan Disita, 13 Saksi Sudah Diperiksa

RIAUBOOK.COM - Pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau menyegel kantor dan aset milik biro perjalanan Umrah Abu Tours…

Foto

Dalam Sehari Polisi Ungkap 3 Kasus Sabu dan Amankan 5 Pelaku

RIAUBOOK.COM - Hanya dalam satu hari, Polres Pelalawan kembali berhasil mengamankan 5 orang pelaku sebagai pengedar narkotika jenis sabu dari…

Foto

Narkoba Masuk Riau Hingga Seton, Ada 1.156 Kasus, Negara Rugi Kasih Makan Napi

RIAUBOOK.COM - Peredaran narkotika dan obat terlarang di Riau semakin mengguriata bahkan telah menjadi ancaman besar bagi bangsa Indonesia, terutama…

Foto

Pengusaha Wajib Tahu Soal Perda Keamanan dan Ketertiban

RIAUBOOK.COM - Puluhan pengusaha di Bengkalis dan Bantan mengikuti sosialisasi Pearrutan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketertiban Umum,…

Foto

Bawa Narkoba, Seorang Pengendara Motor Diamankan Polisi di Pelalawan

RIAUBOOK.COM - Polres Pelalawan berhasil mengamankan seorang pria yang diduga sebagai pengedar narkoba jenis sabu-sabu di Perumahan Bumi Asri, Blok…

Foto

Nekat Sodomi 5 Orang Anak Dibawah Umur, Akhirnya Meringkuk Dibalik Jeruji Penjara

RIAUBOOK.COM - Polres Pelalawan kembali mengamankan seorang pria yakni MN (22), Laki-laki, Pekerjaan Buruh, Warga Desa Lubuk Kembang Sari Kecamatan…

Foto

Nekat Cabuli Anak Dibawah Umur, Berakhir Dalam Tahanan Polisi

RIAUBOOK.COM - Sungguh tega perbuatan kakek-kakek bejat ini terhadap cucu tirinya yang masih berumur 8 tahun. Sebut saja Bunga…

Foto

Gelar Giat Cipta Kondisi, Polres Siak Amankan 13 Wanita Malam dan Puluhan Miras

RIAUBOOK.COM - Polres Siak melakukan giat Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (K2YD), dalam rangka cipta kondisi dengan sasaran penyakit masyarakat…

Foto

Terdakwa Tak Punya Uang, Negara Tanggung Bantuan Hukum Gratis

RIAUBOOK.COM - Bagi para terdakwa yang membutuhkan bantuan hukum, maka negara wajib memberi bantuan pembelaan hukum secara cuma-cuma (Gratis). Hal…

Foto

Miliki Sabu, Warga Sumbar Ini Ditangkap Polisi di Siak

RIAUBOOK.COM - Tanpa perlawanan, MS (25) warga Sumatera Barat (Sumbar) tak berkutip, setelah polisi menangkapnya atas kepemilikan narkoba jenis…

Foto

Dalam Tempo 3 Jam, Satres Narkoba Polres Inhu Bekuk 3 Pengedar Sabu

RIAUBOOK.COM – Dalam tempo lebih kurang 3 jam, Satuan Reserse (Satres) Narokoba Polres Inhu berhasil membekuk tiga pengedar Narkoba jenis…

Foto

Ini Pesan Korlantas Polri Tinjau Satpas Polres Pelalawan

RIAUBOOK.COM - Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Risyapudin Nurdin beserta Kasubdit Regident Ditlantas Polda IV Riau AKBP M Mustopa…

Foto

Polisi Amankan Diduga Bandar Sabu, Barang Bukti 0,17 Gram

RIAUBOOK.COM - Tim Opsnal Satuan Narkoba Polres Pelalawan, mengamankan seorang pria yang diduga sebagai bandar narkoba, Senin (02/04/2018) di Jalan…

foto

Wisata dan Gaya Hidup

Foto

Ulu Kasok dan Gulamo Akan Diresmikan Sebagai Objek Geo-Wisata

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Kampar bersama Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) akan meresmikan Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo sebagai…

Foto

Fakhrunnas MA Jabbar Bakal Tampil di 'Banda Fiesta 2018', Persiapan Menuju Ivent Sastra Internasional

RIAUBOOK.COM - Dua sastrawan Riau, yakni Husnu Abadi dan Fakhrunnas MA Jabbar menghadiri acara sastra ''Banda Fiesta 2018'' di Banda Neira,…

Foto

Rupat, Pulau Harapan Pariwisata Riau Gelar Festival di Pantai Pesona, Ribuan Orang Hadir

RIAUBOOK.COM - Festival Pantai Rupat yang ditaja Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis dihadiri ribuan warga pada Sabtu…

Pendidikan