Prosesi acara Balimau kasai di Rempak. (RB/Agus)

Rabu, 16 Mei 2018 - 17:45 WIB 16660000

Balimau Kasai di Kampung Rempak, Tradisi Turun Temurun Jelang Ramadhan Tak Lekang oleh Zaman

Siapakah Yang Layak Memimpin Riau 5 Tahun Ke Depan?

  • Firdaus-Rusli
  • Syamsuar-Edy Nasution
  • Arsyadjuliandi Rahman-Suyatno
  • Lukman Edy-Hardianto



RIAUBOOK.COM - Esok, puasa Ramadhan 1439 Hijriah sudah mulai dilaksanakan, setelah pemerintah pusat telah mengumumkannya. Sebagai acara tahunan, di Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak, Riau selalu melaksanakan acara balimau kasai, begitu juga tahun ini.

Hasil pantauan di lapangan, Rabu (16/5/17). Masyarakat Kampung Rempak antusias mengikuti acara yang di pusatkan di depan halaman kantor Kampung Rempak.

Prosesi acara dimulai dengan pelepasan rombongan pawai oleh Penghulu Kampung Rempak, Salman Alfarisi. Peserta pawai mengelilingi rute yang telah disiapkan panitia penyelenggara.

Penghulu Kampung Rempak, Salman Alfarisi mengatakan acara Balimau Kasai tersebut merupakan agenda rutin tahunan untuk menyambut bulan suci Ramadhan di Kampung Rempak.

"Ini merupakan agenda rutin tahunan kita setiap tahun, sanak keluarga yang di perantauan banyak yang pulang kampung untuk untuk mengikuti Balimau Kasai dan menyambut bulan suci Ramadhan di kampung," ujar Salman.

Lanjut Salman. Ia berharap tradisi Balimau Kasai yang merupakan tradisi turun temurun dengan berkembangnya zaman tidak dilupakan oleh generasi penerus.

"Kita berharap tradisi ini harus tetap terjaga kedepannya, jangan sampai dengan berkembangnya zaman maka hilang pula tradisi dari Datuk Nenek kita dulu. Tapi Alhamdulillah, tahun ini masyarakat antusias menyambut Balimau Kasai, dengan dibuktikan ratusan masyarakat datang untuk menyukseskan acara ini," terang Salman.

Balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk dan berbagai macam ramuan lain, yang oleh masyarakat setempat disebut limau. Jeruk yang biasa digunakan adalah jeruk purut, jeruk nipis, dan jeruk kapas.
Sedangkan kasai adalah wangi-wangian yang dipakai saat berkeramas.

Tradisi di Kampung Rempak, sebelum acara Balimau dimulai, masyarakat berkumpul di Mushalla atau Masjid setempat, kemudian melaksanakan shalat Zuhur bersama, dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Setelah itu, Masjid atau Mushalla yang paling ujung di Kampung tersebut, akan memulai pertama pawai dengan diiringi gebukan kompang. Rombongan ini, akan melintasi Mushalla atau Masjid berikutnya, jamaah di Mushalla atau Masjid tersebut, sudah menunggu, untuk bersama mengikuti pawai, dan begitu seterusnya.

Sampai di Mushalla atau di Masjid paling terakhir, kemudian masyarakat secara bersama-sama atau dengan rombongan besar akan melakukan pawai bersama mengelilingi Kampung dengan iringan kompang sampai ke titik akhir di kantor Kampung Rempak.

Sampai di titik akhir, dilaksanakan tepung tawar ke Penghulu Kampung, ketua Bapekam dan pemuka agama. Kemudian dilanjutkan dengan mengucapkan kepala dengan jeruk yang telah disiapkan sebelumnya.

Masyarakat suka cita mengikuti acara tersebut. Setelah acara balimau selesai, masyarakat langsung bersalam-salaman satu sama lain, untuk saling meminta maaf.

Sebetulnya, ada banyak acara yang digelar menjelang Balimau Kasai. Masyarakat Kampung Rempak biasanya akan beramai-ramai memasak panganan khas untuk dibagi-bagi sembari mereka bersilaturahmi dengan tetangga atau keluarga. Menjelang dimulai acara Balimau Kasai, masyarakat juga melakukan ziarah kubur. (RB/Agus)


Siapakah Yang Layak Memimpin Riau 5 Tahun Ke Depan?

Firdaus-Rusli 39.1 %
Syamsuar-Edy Nasution 6.4 %
Arsyadjuliandi Rahman-Suyatno 39.5 %
Lukman Edy-Hardianto 15.0 %
Hasil berdasarkan dari 76430 orang responden.
*sebaran sampel hanya penggiat medsos dan belum berdistribusi normal mewakili populasi atau DPT, jumlah orang responden akan terus bertambah

100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Aherson: Antrean Haji Sesuai Ketentuan

Kamis, 19 April 2018 - 15:59 WIB

Berikut Kabar Terbaru Embarkasi Antara

Sabtu, 14 April 2018 - 10:57 WIB

Surau Al-Hidayah Berubah Status Menjadi Masjid

Senin, 02 April 2018 - 15:57 WIB

Pembukaan MTQ di Siak Kecil Berlangsung Meriah

Selasa, 20 Maret 2018 - 08:36 WIB

Apa Kabar Embarkasi Haji Riau?

Sabtu, 10 Maret 2018 - 08:01 WIB

Umrah Rp20 Juta

Senin, 05 Maret 2018 - 08:59 WIB

Awas Travel Umrah Bodong, Ini Tips Agar Tidak Tertipu

Senin, 26 Februari 2018 - 06:56 WIB
Dunia Islam

Apa yang Allah Pinta

Jumat, 02 Februari 2018 - 11:37 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia