Kalau Mudik Ingat Tips Sehat Ini

RAUBOOK.COM - Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan pulang kampung atau yang akrab dikenal mudik, nah tahun ini lebaran tinggal menghitung hari.

Menghadapi perjalanan panjang belasan jam rela dilakukan untuk bisa berkumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman.

Sayangnya, menghadapi perjalanan panjang ketika berpuasa bukan perkara mudah. Ada beberapa masalah kesehatan yang sering menghantui.

Dirangkum oleh per, berikut empat masalah kesehatan atau penyakit yang sering menghantui para pemudik.

1. ISPA

Penyakit yang paling banyak ditemui saat mudik adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Penyakit ini terutama sering terjadi pada pengendara motor.

Perjalanan panjang yang harus ditempuh saat menjalani ibadah puasa membuat daya tahan tubuh lebih rendah sehingga seseorang beresiko tinggi terkena infeksi virus atau bakteri yang mengakibatkan ISPA.

"Infeksi saluran pernapasan dapat terjadi karena debu dan polusi udara di jalan, kerumunan orang yang menularkan penyakit lewat udara, serta daya tahan tubuh karena lelah," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama, Rabu (15/7/2015).

Tjandra mengungkapkan, ISPA bisa membuat tubuh menjadi lemas sehingga bisa menurunkan konsentrasi.

Hal ini berdampak buruk jika ISPA diderita oleh para pengemudi, baik roda dua, empat, masinis, hingga pilot.

Penularan ISPA juga perlu diwaspadai jika ada pasien ISPA yang terus mengalami batuk-batuk dalam perjalanan mudik dengan mobil maupun bus.

Untuk itu, penggunaan masker disarankan selama mudik terutama bagi pengendara motor dan pengguna alat transportasi umum.

"Kedua, hindari kemungkinan tertular dengan sedapat mungkin menghindari kerumunan orang banyak dan jangan kontak dengan orang yang sedang batuk pilek demam," lanjut Tjandra.

Memperhatikan asupan makanan dan kebersihan juga mutlak dilakukan oleh para pemudik untuk menghindari ISPA.

2. Infeksi Saluran Cerna dan Diare

Penyakit kedua yang sering dijumpai, yaitu infeksi saluran cerna seperti diare. Diare bisa terjadi ketika mengonsumsi makanan di pinggir jalan yang tidak higienis. Jangan lupa cuci tangan pakai sabun sebelum makan, untuk mencegah masuknya kuman penyakit.

Selain diare, masalah pencernaan biasanya juga berhubungan dengan puasa yang dijalankan selama melakukan perjalanan jauh.

Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Samsuridjal Djauzi berpendapat, pola makan para pemudik ketika berbuka puasa hingga sahur harus dijaga teratur.

"Dari berbuka puasa hingga sahur yang berdurasi sekitar 10 jam, frekuensi makan bisa ditambah hingga tiga kali," kata Samsuridjal.

Banyak minum Dalam perjalanan, para pemudik wajib meminum enam gelas air putih saat sahur sehingga terhindar dari dehidrasi. Risiko dehidrasi terbesar mengintai para pengendara sepeda motor yang berpuasa dalam perjalanan mudik.

"Pemudik yang menggunakan sepeda motor, ancaman defisiensi elektrolit menjadi lebih besar," ujar dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawita Sari.

Ancaman dehidrasi terjadi ketika harus berkendara di bawah terik matahari. Ditambah lagi situasi macet yang membuat perjalanan menjadi lebih lama.

Untuk itu, Tirta mengingatkan para pemudik yang berpuasa untuk minum sedikitnya dua gelas air putih saat sahur. Dia juga mengimbau pemudik untuk menghindari makanan yang asin atau mengandung garam tinggi saat sahur seperti ikan asin, telur asin.

Pasalnya, makanan tinggi garam akan membuat Anda mudah merasa haus dan berujung pada dehidrasi.

3. Penyakit Kambuh

Sering kali pemudik mengalami kekambuhan atau perburukan penyakit yang sudah lama diderita. Hal ini terjadi karena pemudik kelelahan selama dalam perjalanan dan juga lupa minum obat yang seharusnya rutin.

"Siapkan obat-obatan rutin yang dibutuhkan dan harus diminum selama macet dijalan. Jangan sampai, obatnya ada di kopor di bagasi yang sulit dicari. Jangan lupa juga untuk diminum di kampung halaman," ujar Tjandra.

Ada baiknya, sebelum berangkat mudik, berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai penyakit kronik yang diderita dan obat-obatan apa yang baik dikosumsi selama mudik.

Jika merasa penyakit Anda kambuh, segera beristirahat dan hentikan sejenak aktivitas. Anda juga bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat jika keluhan atas penyakit Anda tidak berkurang.

4. Gangguan Selama Perjalanan

Masalah kesehatan keempat adalah gangguan selama perjalanan, seperti mual, pusing, kelelahan hingga stres karena macet. Tjandra juga mengingatkan, khususnya bagi pengemudi, untuk tidak minum obat secara sembarangan yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sesaat.

Samsuridjal mengharapkan, dengan pola waktu istirahat dan makan yang bergeser selama Ramadhan, para pemudik perlu waktu istirahat yang cukup.

"Biasanya setelah makan, kadar gula dalam tubuh menurun. Akibatnya, kondisi badan pun mudah lelah. Oleh karena itu, saya menyarankan agar beristirahat setelah mengemudi selama empat jam," kata Samsuridjal.

Samsuridjal menegaskan, pemudik yang mengendarai kendaraan sendiri perlu berhati-hati meminum obat ketika sedang sakit.

"Kebanyakan obat influenza mengandung zat antihistamin yang dapat membuat kantuk jika meminumnya. Pemudik perlu teliti membaca peringatan yang tertera dalam obat," ujarnya.

Sementara itu, mantan atlet binaraga nasional, Ade Rai, mengatakan, pemudik perlu menyiapkan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, ubi, dan singkong.

"Makanan itu bisa menambah tenaga ketika menempuh perjalanan jauh. Selain itu, mengonsumsi vitamin C secukupnya," ujar Ade.

Sumber kompas

foto

Terkait

Foto

Ingat, 21 Juni Perpanjang SIM Lewat Urus baru

RIAUBOOK.COM - Dikarenakan libur cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 yang berlaku bagi seluruh instansi pelayanan pemerintah…

Foto

Donald Trump dan Kim Jong-un Ketemu di Singapura, Terlihat Mesra

RIAUBOOK.COM - Akhirnya pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un terealisasikan.Keduanya telah melaksanakan dialog…

Foto

Polsek Sabak Auh Santuni Anak Yatim di Kampung Belading

RIAUBOOK.COM- Polsek Sabak Auh, Sabtu (8/6/18) malam, menyantuni anak-anak yatim yang…

Foto

Tinjau Posko Mudik di 3 Kecamatan, Ini yang Diminta Plt Bupati Siak H Alfedri ke Petugas

RIAUBOOK.COM- Plt Bupati Siak H Alfedri, meninjau 3 posko mudik lebaran 2018…

Foto

Mudik Gratis ke Medan, PTPN V Berangkatkan 400 Dari total 1000 Pemudik

RIAUBOOK.COM - Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) V memberangkatkan 400 dari 1.000 pemudik ke Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/6/2018), sementara…

Foto

Memasuki Lebaran, Stok Sembako Cukup Harga Masih Stabil

RIAUBOOK.COM - Memasuki Lebaran Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 yang tinggal 4 hari lagi, harga bahan pokok di Kota…

Foto

Setda T Mukhlis: Sesuai Edaran Dilarang Gunakan Mobnas Untuk Mudik

RIAUBOOK.COM - Dilarang bagi seluruh PNS untuk menggunakan fasilitas Negara Mobil Dinas (Mobnas) untuk keperluan mudik Lebaran Idul Fitri 1439…

Foto

Apa Benar, Perpanjang Libur TPP PNS Akan Dipotong 100 Persen

RIAUBOOK.COM - Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Cuti Bersama Pegawai negeri Sipil (PNS) dalam rangka Lebaran…

Foto

Ramadhan, Media Sosial Dipenuhi Iklan Dagangan Masyarakat

RIAUBOOK.COM - Ternyata tidak saja pusat perbelanjaan maupun toko-toko dan pedagang kaki lima yang panen rezeki di bulan ramadhan ini.…

Foto

Memasuki H-5 Idul Fitri, Arus Mudik di Lintas Timur Pelalawan Terpantau Lancar

RIAUBOOK.COM - H-5 jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018, suasana arus mudik di Jalan Lintas Timur Kabupaten…

Foto

Misteri Mundurnya Yudi Latif dari BPIP Sebelum Adzan Subuh Berkumandang

JAKARTA, RIAUBOOK.COM - Setengah jam sebelum adzan subuh berkumandang, sebuah postingan mengejutkan datang dari akun Facebook mantan Rektor Universitas Paramadina…

Foto

H-7 Arus Lalu Lintas di Jalur Lintas Timur Pelalawan Mulai Mengalami Kenaikan

RIAUBOOK.COM - Memasuki H-7 Lebaran 1439 H atau Tahun 2018, Volume kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Timur Kabupaten Pelalawan menuju…

Foto

Sempena Ramadhan, Polsek Sabak Auh Beri Sembako ke Keluarga Kurang Mampu

RIAUBOOK.COM - Berbagi rezeki, Polsek Sabak Auh, Kamis (7/7/18) kemarin, membagi sembako kepada keluarga…

Foto

Pimpin Rapat Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan, Ini Kata Plt Bupati Siak Alfedri

RIAUBOOK.COM - Jelang menyambut hari raya Idul Fitri 1439H / 2018 M, Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan Rapat…

Foto

Syahbandar Pastikan Ketersediaan Kapal Penumpang Cukup saat Mudik Lebaran

RIAUBOOK.COM - Dalam rangka mengawal arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 H/Lebaran 2018 bagi…

Foto

Antisipasi Pencurian Rumah Kosong Polres Pelalawan Akan Lakukan Patroli Rutin

RIAUBOOK.COM - Lebaran tidak lama lagi. Sebahagian warga masyarakat mulai mempersiapkan diri buat mudik ke Kampung halaman. Seluruh persiapan sudah…

Foto

Dipimpin Langsung Kapolsek, Polsek Sabak Auh Berbagi Takjil Berbuka Puasa

RIAUBOOK.COM- Polsek Sabak Auh, Kamis (7/6/18) sore melakukan kegiatan pembagian takjil,…

Foto

Akibat THR Belum Cair, Penjualan Pakaian Lebaran Masih Sepi Pengunjung

RIAUBOOK.COM - Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 tidak lama lagi akan tiba. Namun terlihat animo masyarakat dalam…

Foto

Rempak Juara 2 Kampung Terbaik Kabupaten Siak 2018, Penghulu: Alhamdulillah

RIAUBOOK.COM - Kampung Rempak Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak meraih juara 2 Kampung terbaik se Kabupaten Siak, setelah Kampung Dayun…

Foto

Siak Project Pilot Program Pola Kemitraan Pertamina

RIAUBOOK.COM - PT Pertamina (Persero) wilayah Sumbagut, Kamis (07/06/2018) pagi, menyalurkan dana kemitraan kepada 49 mitra binaan,…

foto

Wisata dan Gaya Hidup

Foto

Ulu Kasok dan Gulamo Akan Diresmikan Sebagai Objek Geo-Wisata

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Kampar bersama Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) akan meresmikan Puncak Ulu Kasok dan Sungai Gulamo sebagai…

Foto

Fakhrunnas MA Jabbar Bakal Tampil di 'Banda Fiesta 2018', Persiapan Menuju Ivent Sastra Internasional

RIAUBOOK.COM - Dua sastrawan Riau, yakni Husnu Abadi dan Fakhrunnas MA Jabbar menghadiri acara sastra ''Banda Fiesta 2018'' di Banda Neira,…

Foto

Rupat, Pulau Harapan Pariwisata Riau Gelar Festival di Pantai Pesona, Ribuan Orang Hadir

RIAUBOOK.COM - Festival Pantai Rupat yang ditaja Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis dihadiri ribuan warga pada Sabtu…

Pendidikan