Pilgub Riau Patah Tebu

#Politik Riau Beda. Kondisi ini terbukti dengan banyaknya prediksi yang melenceng hingga mencuatkan gambaran 'mentahnya' para politisi di Bumi Melayu.

Pentas politik Pilgub Riau seperti telah 'patah tebu', sulit untuk menggambarkan siapa pemenang pada 'pesta' 27 Juni nanti mengingat sulitnya untuk memetakan wilayah kemenangan dari masing-masing pasangan yang bertarung berebut 'tahta' Gubernur Riau.

Sebut saja petahana, pasangan Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno (AYO). Secara garis besar, partai utama yang mengusung pasangan ini, Golkar, memang memiliki basis yang kuat karena kader partai beringin 'mengakar' di sejumlah kabupaten/kota.

Seperti Amril Mukminin, saat ini menjabat sebagai Bupati Bengkalis, kemudian Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM wardan dan Yopi Arianto yang masih menjabat Bupati Indragiri Hulu (Inhu).

Kader Golkar lainnya yang menjabat kepala daerah adalah Suparman namun kini telah dinonaktifkan setelah tersangkut kasus korupsi.

Kekuatan 'beringin' kemudian diperkokoh oleh partai koalisi PDI Perjuangan yang jelas merupakan 'induk samang' dari Suyatno, bakal calon wakil petahana yang sekarang menjabat Bupati Rokan Hilir (Rohil).

Dua partai besar yang memiliki total 23 kursi (Golkar 14, PDIP 9 kursi), kemudian bertambah 'sehat' dengan munculnya dukungan Hanura yang menambah 2 kursi legislatif.

Dengan demikian, ada 25 orang anggota DPRD Riau yang berasal dari berbagai wilayah kabupaten/kota di Riau yang masuk dalam mesin politik tiga partai tersebut.

Walau tersudutkan oleh banyak lembaga survei, namun Petahana diprediksi tetap menjadi paslon dengan peluang menang lebih besar dengan pertimbangan partai yang mengakar, kekuasaan yang luas serta dukungan logistik yang memadai.

Mesin politik dari pasangan 'AYO' memang luar biasa 'tenaganya', mampu mencapai kecepatan tinggi jika semuanya bekerja secara maksimal, namun medan politik yang harus dijalani tidak begitu mulus.

Motor Baru

Sementara Syamsuar, kader Golkar terbuang, sebelumnya telah memilih untuk membeli 'motor baru' hingga mendapatakan tiga partai, yakni PAN, PKS dan NasDem.

Sebagai penunggang motor, Syam yang saat ini menjabat sebagai Bupati Siak tentu membutuhkan 'mekanik' andal agar mesin mampu memberikan kecepatan maksimal.

'Mekanik' andal itu adalah Brigjen TNI Edy Natar Nasution. Sebagai seorang Danrem 031/Wira Bima, Edy tentu memiliki pengalaman cukup dalam strategi politik internasional, dan ketika pengalaman itu di bawa ke daerah, akan menjadi lebih muda.

Pasangan ini disebut sebagai pasangan yang ideal karena cukup dengan 13 kursi mereka raih dari PAN (7 kursi), kemudian PKS dan NasDem masing-masing 3 kursi untuk kemudian siap 'menjajal' medan politik menuju Pilgub Riau.

Dengan melajunya pasangan ahli strategi dari kader terbuang, maka laju motor Golkar bersama team PDIP dan Hanura terancam bakal mengalami gangguan di medan yang berat.

Gangguan mesin Golkar dapat terjadi kapan saja karena Syam memiliki kekuasaan di Siak, pengalaman berpolitik saat di Golkar, dan dukungan dari kader birokrat yang saat ini menyusup di berbagai elemen pemerintahan.

Ditambah satu mekanik yang memiliki kekuatan strategi politik berimbang. Edy Natar juga merupakan putra Riau asal Bengkalis yang siap memecah suara di wilayah Amril Mukminin.

Kemudian satu kader PAN sebagai partai pengusung pasangan Syam-Edy, Irwan Nasir, saat ini adalah Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sementara satu petinggi NasDem Riau, Zulkifli AS, saat ini juga merupakan Wali Kota Dumai, kemudian ada Ayat Cahyadi saat ini adalah Wakil Wali Kota Pekanbaru.

Dan yang tidak disangka, Rokan Hulu (Rohul) yang sebelumnya sempat dipetakan sebagai daerah kemenangan petahana, kini juga bisa pecah akibat kader Golkar yang menjabat bupati di daerah itu, Suparman telah lengser akibat kasus korupsi.

Tinggal Sukiman, seorang purnawirawan TNI yang saat ini menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) Bupati Rohul yang dipresiksi akan berada di posisi netral.

Dengan demikian, kehadiran pasangan Syam-Edy diprediksi akan memecah suara petahana di Bengkalis, Pekanbaru dan Rohul, namun akan mendominasi kemenangan di 3 wilayah seperti Siak, Dumai, dan Meranti.

Motor Lama

Ancaman petahana juga datang dari pasangan mengejutkan. Mereka adalah Firdaus-Rusli Effendi.

Firdaus merupakan kader Partai Demokrat yang sempat tersisihkan setelah Ketua DPW Asri Auzar lebih mempromosikan diri untuk maju membawa motor partai berlambang mercy.

Namun secara tiba-tiba, Firdaus mengumumkan diri akan tetap maju dengan di dampingi Rusli Effendy selaku petinggi DPP PPP disusul dengan dukungan resmi dari partai berlambang Ka'bah untuk pasangan Firdaus-Rusli.

Seperti kembali membeli 'motor lama', Firdaus pun akhirnya berhasil merebut Demokrat hingga pasangan ini memiliki total 14 kursi (9 Demokrat dan 5 PPP) dan mampu ikut dalam arena Pilgub Riau.

Pasangan Firdaus-Rusli dengan motor lamanya juga bakal memecah suara di sejumlah wilayah yang telah dipetakan menjadi basis kemenangan petahana seperti Kabupaten Kampar.

Hadirnya Rusli di sisi Firdaus seakan membelah 'tubuh' Bupati Kampar Azis Zainal yang sebelumnya maju di daerah itu dengan dukungan Golkar dan PPP.

Dalam perjalanan politik nanti, pasangan Firdaus-Rusli diprediksi juga akan mendominasi suara di wilayah Kampar dan Pekanbaru yang merupakan basis kekuasaan Firdaus.

Kemudian juga akan mengusai suara di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengingat Bupati Mursini juga kader PPP.

LE-Hardianto

Lukman Edy (LE) merupakan putra Indragiri Hilir (Inhil) yang pernah menjadi menteri di era Presiden SBY.

Koalisi PKB-Gerindra mempertemukan LE dengan legislator Riau Hardianto.

Keduanya juga akan 'mengoyak' kantung suara di daerah yang merupakan salah satu basis petahana, saat ini dikuasai satu kader Golkar, HM Wardan, bupati di daerah itu.

Pasangan LE-Hardianto telah membentuk mesin yang sehat dan setidaknya akan mampu mendominasi kemenangan di Kabupaten Inhil dan memecah kantung-kantung suara di sejumlah kabupaten/kota lewat program dana desa yang menggiurkan para kades.

Hal tersebut menyimpulkan, politik Pilgub Riau yang akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang bakal menghasilkan suara yang sulit untuk diprediksi atau patah tebu.

Masing-masing calon akan mengintari motor mereka di basis kemenangan mereka sendiri yang menyebabkan kantung-kantung suara pecah.

Setiap paslon memiliki peluang menang dengan persentase yang nyaris sama, pengumpulan suara yang maksimal tergantung dari sejumlah hal; seperti memanfaatkan kekuasaan atau 'coercive power', serta pergerakan maksimal mesin partai dan relawan.

Siapapun yang terpilih, semoga nanti akan mencapai 'effective leadership' untuk mewujudkan kemajuan bagi Provinsi Riau.

Oleh Fazar Muhardi

Terkait

Foto

15 Ribu Mesin Politik Golkar Kampar Menangkan Paslon 4

RIAUBOOK.COM - Sebanyak 15 ribu mesin politik Partai Golkar Kampar, sudah menyatakan sikap dan siap memenangkan pasangan nomor urut 4, Arsyadjuliandi…

Foto

Mandau Jadi Wilayah Kampanye Terakhir Firdaus-Rusli, Chaidir: Tak Ada Pilihan Lain untuk Riau Maju Berkeadilan

RIAUBOOK.COM -Kepercayaan masyarakat Riau terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3, Dr. H Firdaus MT dan H. Rusli…

Foto

Andi Rachman Gubernur, Riau Bebas Bencana Kabut Asap

RIAUBOOK.COM - Salah satu persoalan mendasar yang dihadapi Provinsi Riau selama sekitar 18 tahun adalah masalah kabut asap, yang bersumber…

Foto

Hati-hati, Satgas Anti MOP Polres Inhu Sudah Tersebar Diseluruh Kecamatan

RIAUBOOK.COM- Sejak beberapa waktu lalu, Satuan Petugas (Satgas) Anti Money Politik (MOP) Polres Inhu sudah tersebar diseluruh Kecamatan di wilayah…

Foto

Kenduri Rakyat Bersama Firdaus-Rusli, Ribuan Warga Digoyang Ike Nurjanah dan Nikmati Jajanan Gratis

RIAUBOOK.COM - Ribuan warga tumpah ruah di Lapangan Pokok Jengkol, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis menghadiri Halal BI Halal dan Mendirikan…

Foto

DHD Angkatan 45 Dukung Nomor 4, Andi Rachman Terima Penghargaan dan Medali Kejuangan dari DHN

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau yang sedang cuti, H Arsyadjuliandi Rachman, menerima Penghargaan dan Medali Kejuangan 9 Windu Kemerdekaan RI dari…

Foto

Paslon Lain Masih Berdebat, Andi Rachman Launching Pencanangan Penguatan Mulok Budaya Melayu 25 Juni

RIAUBOOK.COM - Ada yang menarik saat sesi tanya jawab debat kandidat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau di…

Foto

Andi-Suyatno Sudah Tampung Aspirasi Masyarakat Lebih 600 Titik, Syamsuar-Edi Hanya 356 Titik

RIAUBOOK.COM - Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau, nomor urut 4, Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno, telah menampung aspirasi masyarakat di 600…

Foto

KPU Dumai Diminta Lengkapi Kekurangan Surat Suara

RIAUBOOK.COM - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai diminta untuk melengkapi kekurangan kertas suara untuk pemilihan gubernur Riau 2018…

Foto

Chaidir: Riau Bakal Punya Gubernur Baru

RIAUBOOK.COM - Pasangan Calon Nomor Urut 3, DR H Firdaus – H Rusli Effendi, MSi diprediksi bakal mendulang suara tertinggi…

Foto

Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno Paling Konsisten Pakai Baju Melayu Saat Debat

RIAUBOOK.COM - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman-H Suyatno paling konsisten menggunakan baju Melayu dalam dua…

Foto

Selamat Ulang Tahun Cawagub Suyatno, Dia Kaget Dapat Suprise dari Anak dan Menantu

RIAUBOOK.COM - Calon Wakil Gubernur Riau (Cawagubri) nomor urut 4 H Suyatno, Kamis 21 Juni 2018, genap berusia 61 tahun.…

Foto

Paslon Nomor 4 Pede Hadapi Debat, Andi: Pembangunan yang Sudah Ada Tinggal Lanjutkan

RIAUBOOK.COM - Jumat (22/6/2018) malam, empat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, kembali menjalani debat kandidat kedua. Dan pasangan calon nomor…

Foto

SDM Terbatas, Panwaslu Inhu Ingatkan Copot APK Pilgub Riau

RIAUBOOK.COM - Seluruh tim kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ataupun tim relawan dan lainnya diingatkan agar segera…

Foto

Lamda Indonesia Rilis Firdaus-Rusli Cagub Riau Paling Potensial

RIAUBOOK.COM - LAMDA Indonesia merilis hasil survey terbaru mereka tentang perilaku pemilih di Riau terkait Pemilihan Gubernur Riau yang akan…

Foto

Nahkoda Paham, Lancang Kuning Berlayar Malam

RIAUBOOK.COM - Dalam lagu Lancang Kuning, terdapat lirik "Kalau Nahkoda kuranglah paham, alamatlah kapal akan tenggelam." Rakyat Riau patut bersyukur,…

Foto

IKMR Deklarasi Dukung Nomor 4, Basko: Kewajiban Orang Minang Menangkan Andi Rachman

RIAUBOOK.COM - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), Ikatan Keluarga Wanita Minang Riau (IWMR), dan Ikatan Pemuda Minang Riau (IPMR) se-Provinsi Riau,…

Foto

Warga Suku Jawa Siak Siap Menangkan Paslon Nomor 4

RIAUBOOK.COM - Kerukunan Masyarakat Jawa Kabupaten Siak, siap mendukung dan memenangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut…

Foto

SBY Inginkam Riau Lebih Maju, Dia Ajak Masyarakat Pilih Firdaus-Rusli

RIAUBOOK.COM - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam orasi politiknya di kampanye akbar memenangkan pasangan Firdaus-Rusli…

Foto

Aziz Zainal: Firdaus-Rusli Paslon Terbaik untuk Riau

RIAUBOOK.COM - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) H Aziz Zainal dalam orasinya kampanye akbar di Lapangan…

foto

Pendidikan