Saksi Beberkan Peran Mantan Kepala BIN Indonesia Terkait Gugatan Perdata Jufri Zubir di PN Pekanbaru, Nama Sutanto Masuk Akta Perusahaan

RIAUBOOK.COM - Sidang gugatan perdata yang menyeret nama Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Indonesia periode 2009-2011 Jenderal Polisi (Purn) Sutanto kembali digelar di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Rabu (3/10/2018).

Sidang tersebut masih dengan agenda mendengar keterangan saksi atas nama Mursal Efendi yang dihadirkan oleh pihak Jufri Zubir selaku penggugat, saksi kemudian diminta memberi keterangan terkait hubungan antara penggugat dengan Onny Hendro atau H. Onny selaku perwakilan Sutanto yang statusnya menjadi tergugat I.

Berdasarkan penuturan, saksi tersebut dulunya merupakan staf administrasi dan operasional di PT. Mitra Nusa Graha yang dipercaya Jufri untuk menyimpan dokumen serta memegang kunci brankas.

Dalam persidangan saksi mengatakan, dirinya mengetahui dan melihat secara langsung kedatangan Sutanto bersama rombongan untuk meninjau rencana pembangunan mal, hotel dan apartemen di lahan yang awalnya atas nama PT. Bukit Permai Asri milik Jufri Zubir yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru.

"Dulu ceritanya Pak Jufri Zubir nelpon saya, sewaktu dia di Jakarta, waktu itu tahun 2012, dia kasih perintah, tolong siap-siap di lapangan karena tamu mau datang," saksi menuturkan.

Penasaran, dalam sambungan telepon saksi kemudian menanyakan lagi tentang tamu yang akan datang meninjau lokasi tersebut, "siapa bang?," tanya saksi kepada Jufri.

"Pak Tanto dan rombongan," kata saksi menirukan percakapan dirinya dengan Jufri.

Mencoba menanyakan keyakinan saksi atas keterangannya, kuasa hukum penggugat pun mengkonfirmasi ulang jawaban saksi.

"Pak Tanto Mantan Kapolri?, Sutanto?, kata kuasa hukum penggugat kepada saksi.

"Ya, awalnya beliau datang ke situ (lokasi lahan) untuk melihat-lihat bersama rombongan, karena waktu itu saya menerima tamu, kita antar beliau ke lokasi, kemudian dia bicara dengan Pak Jufri, pertemuan itu terjadi di kantor yang lama, dulu kan kantor lama berada di lokasi itu, sebelumnya mereka dari Labersa dulu baru ke kantor, kemudian karena lahan yang berada di belakang Konsulat Malaysia itu cukup luas, dia (Sutanto) melihat dari atas saja, tidak turun ke bawah," kata saksi menjelaskan.

Sebulan setelah kunjungan itu, kata saksi, H. Onny datang ke lokasi proyek tersebut sebagai perwakilan Sutanto, "Bang Jufri bilang, nanti ada orangnya Pak Tanto, itu Pak Haji Onny," tuturnya.

"Kemudian saya jumpa dengan dia di kantor itu juga, sempat salaman, setelah itu dia rapat, tapi saya tidak ikut, besoknya hasil rapat disampaikan, beliau (Jufri) bilang itu orang yang mewakili Pak Tanto di sini, mungkin nanti ada lagi orang yang mau datang sebagai pelaksana, tidak berapa lama datang Pak Saiyful sebagai pelaksana," jelas saksi.

Seiring berjalannya waktu, saksi mengatakan, rencana pembangunan proyek tersebut terus berlanjut.

Dalam tugasnya, saksi berujar jika dirinya terus melakukan kordinasi dengan Saiyful sebagai pelaksana yang ditunjuk H. Onny dalam pembangunan proyek tersebut.

"Saya berkordinasi dengan dia, waktu tugas seperti pembebasan-pembebasan lahan, itu saya dengan dia, dalam tugas sehari-hari dia kordinator saya untuk melaksanakan tugas di lapangan".

"Saipul juga tanya saya, lahan yang ini sertifikatnya mana, jadi saya tunjukkan satu-satu, ketemulah tanah itu, kemudian dilakukan penambahan, karena yang 5 hektar itu tidak satu kesatuan, dia tersekat oleh tanah orang, jadi dibelilah tanah orang itu," saksi menuturkan.

Saksi juga membenarkan jika dana yang digunakan untuk pembiayaan dalam membangun mal, hotel dan apartemen tersebut merupakan pinjaman dari Beringin Srikandi Finance (BSF) pada tahun 2012 senilai Rp 25 miliar atas nama PT. Mitra Nusa Graha dengan agunan lahan seluas kurang lebih 5 hektar.

Dari dana Rp 25 miliar tersebut kemudian dipotong oleh BSF sebanyak Rp 4,5 miliar terkait adanya sangkutan pembayaran hutang sewaktu Jufri meminjam dana Rp 5 miliar untuk pembangunan perumahan dengan memakai PT. Osmar pada tahun 2006.

"Waktu itu orang BSF turun ke lapangan, ketemu dengan saya, mereka tanya lokasi yang 5 ha itu, kemudian saya tunjukkan, kebetulan Pak Erinos, Dirut Pertama PT. Mitra Nusa Graha cerita juga terkait pengajuan pinjaman, dia bilang ke saya, tolong nanti kalau orang BSF datang dibantu," kata saksi.

Nama Sutanto di Akta Panghegar Pekanbaru Permai

Dalam pelaksanaan pembangunan mal, hotel dan apartemen tersebut kerja sama yang melibatkan Jufri Jubir, Sutanto dan Cecep, masing-masing bersepakat untuk menunjuk perwakilannya.

Jufri kemudian menunjuk Tomi Karya sebagai perwakilan, Sutanto menunjuk H. Onny dan Cecep menunjuk Sofyar, setelah itu pembangunan proyek tersebut dilaksanakan melalui PT. Panghegar Pekanbaru Permai.

Di persidangan tersebut, Kuasa Hukum Penggugat juga memperlihatkan lampiran bukti yang mendukung peran Sutanto dalam keterlibatan pembangunan proyek kepada Majelis Sidang.

Dalam Akta Notaris Muhammad Azhari tentang Berita Acara Rapat PT. Panghegar Pekanbaru Permai tanggal 5 Februari 2014 tertulis jika Adji Waseso Hamid bertindak selaku Presiden Direktur dan Ketua Rapat, Mochamad Sofyar selaku Direktur, Hilwan Saleh selaku Direktur, Antonius Hari Sutanto selaku Direktur, Sutanto selaku Presiden Komisaris, Cecep Rukmana selaku Komisaris dan pemilik 300 lembar saham, Suparno pemilik 1.350 lembar saham, Arif Rakhman selaku komisaris serta Siyful selaku undangan mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa walaupun tidak ada panggilan terlebih dahulu atau pemberitahuan melalui surat kabar.

Akta tersebut juga menerangkan bahwa rapat diadakan dengan acara pemberian pembebasan (acquit et decharge) atas tindakan pengawasan yang dilakukan mantan Anggota Dewan Komisaris dan tindakan pengurusan oleh Direksi, serta mengubah susunan Direksi dan Komisaris Perseroan.

Selain itu, Notaris juga menuliskan kalau pihak-pihak yang disebutkan tidak dapat memperlihatkan surat-surat saham karena belum dicetak.

Hasil RUPS kemudian menyetujui pemberian pembebasan (acquit et decharge) atas tindakan pengawasan yang dilakukan mantan Anggota Dewan Komisaris dan tindakan pengurusan oleh Direksi Perseroan serta menyetujui Perubahan susunan Direksi dan Komisaris Perseroan yang baru.

Adapun susunan baru tersebut menempatkan Saiyful Tri Putrnto sebagai Presiden Direktur, Mochamad Sofyar sebagai Direktur, Achmad Yani sebagai Direktur, Cecep Rukmana sebagai Presiden Komisaris Onny Hendro sebagai Komisaris dan Arief Rakhman sebagai Komisaris. (RB/Dwi)

foto

Terkait

Foto

Oknum Polisi Ketangkap Pesta Sabu

RIAUBOOK.COM - Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Bengkalis, Riau, mengamankan empat pria di Kabupaten Bengkalis yang sedang pesta sabu.Dalam penggerebekan…

Foto

Duh, Bupati Kampar dan Wali Kota Dumai Disebut Penyuap Pejabat Kementerian, Azis Kasih Rp125 Juta, Zul As Lebih Rp500 Juta

RIAUBOOK.COM - Sejumlah kepala daerah di Indonesia termasuk dua dua di Riau yakni Wali Kota Dumai Zulkifli AS dan Bupati…

Foto

Flash - Polda Riau Tangkap Oknum Pengacara dan Satpol PP Pesta Narkoba di Hotel Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Aparat Kepolisian Reserse Narkoba Polda Riau dikabarkan menangkap seorang oknum pengacara berinisial YP alias Yopizar dan seorang oknum…

Foto

Pengadilan Negeri Pekanbaru Gelar Sidang Gugatan Perdata Terhadap Mantan Kepala BIN RI dan Malaysia

RIAUBOOK.COM - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pekanbaru yang diketuai Martin Ginting menggelar sidang gugatan perdata yang dilayangkan oleh Jufri Zubir…

Foto

Nekat Curi Motor Berkali-kali di Halaman Kantor Gubernur, Pria ini Babak Belum Dihajar

RIAUBOOK.COM - Beberapa pekan terakhir suasana di lingkungan Kantor Gubernur Riau mencemaskan karena maraknya aksi pencurian sepeda motor yang diparkirkan…

Foto

Perempuan Diperkosa Secara Bergilir, Laki-laki Diikat, Buruh Bangunan Rampas Sepeda Motor di Dayun

RIAUBOOK.COM - Polres Siak berhasil mengamankan dua orang pelaku pencurian secara kekerasan serta pemerkosaan terhadap seorang gadis di Km 61…

Foto

Begini Cara Popay Menghabisi Nyawa Adi Saputra, Kasus Pembunuhan di Sabak Auh

RIAUBOOK.COM- Polres Siak melakukan rekonstruksi pembunuhan korban atas nama…

Foto

Terbukti Koruptor, 23 ASN Riau Bakal Dipecat

RIAUBOOM.COM - Sebanyak 23 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang tersandung kasus hukum dan korupsi…

Terkait Konflik Nelayan, Danlanal Dumai: Kita Coba Persuasif, Tindakan Hukum Jalan Terakhir

RIAUBOOK.COM - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Kota Dumai, Kolonel Laut (E) Yose Aldino mengatakan, pihaknya terus mencoba upaya-upaya…

Foto

Ini Tujuan Dibentuknya Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba

RIAUBOOK.COM - Pengurus Pemuda Bersama Ninggalin Narkoba (BNN) Tembilahan secara resmi dilantik. Ini akan menjadi contoh generasi muda dalam pencegahan…

Foto

Kasus Pencucian Uang Jemaah Haji Triliunan Rupiah Jalani Sidang Perdana

RIAUBOOK.COM - Kasus tindak pidana pencucian uang jemaah haji senilai triliunan rupiah diduga oleh Abu Tours pagi ini akan menjalani…

Foto

Pusako UIR Minta Polda Riau Beri Kepastian Hukum Soal Dugaan Korupsi yang Menyeret Nama Wabup Bengkalis

RIAUBOOK.COM - Pusat Studi Anti Korupsi (Pusako) Universitas Islam Riau (UIR) meminta Polda Riau memberikan informasi yang jelas dan transparan…

Foto

Terkait Dugaan Korupsi Wabup Bengkalis, Kejati Riau: Kalau Sudah Dilimpah akan Segera Diserahkan ke Pengadilan

RIAUBOOK.COM - Aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Riau Bersatu Lawan Korupsi (Alamak) berlanjut dari Mapolda ke Kantor…

Foto

Demo 'Alamak', Mahasiswa Minta Polda Riau Tahan Wabup Bengkalis Terkait Korupsi

RIAUBOOK.COM - Puluhan mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Riau Bersatu Lawan Korupsi (Alamak) menggelar aksi demonstrasi di Mapolda Riau, mereka berorasi…

Foto

Setya Novanto Krisis Keuangan, Berniat Jual Rumah Bayar Denda Kasus Korupsi e-KTP

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto mengalami krisis keuangan, dia bahkan berniat menjual rumahnya untuk membayar denda…

Foto

Penangkapan Kurir Narkoba di Tualang, Polisi Sita 26 Paket Sabu

RIAUBOOK.COM - Satuan Narkoba Polres Siak berhasil menangkap seorang pria yang bernama inisial WD alias Wira, warga Rantau…

Foto

Terkait Sengketa Lahan UR, Jaksa Pengacara Negara Minta PT HTJ Menahan Diri, 'Keputusan Belum Inkracht'

RIAUBOOK.COM - Asisten Perdata Tata Urusan Negara Kejaksaan Tinggi Riau, Dwi Agus Arfianto selaku jaksa yang menjadi pengacara negara serta…

Foto

Bocah SD Bengkalis Termakan Ekstasi Sampai Teler

RIAUBOOK.COM - Peredaran narkoba di sejumlah wilayah di Riau terbukti masih marak, kali ini yang menjadj korbannya empat bocah sekolah…

Foto

Polres Siak Musnahkan Barang Bukti Shabu dan Ekstasi Bernilai Rp 7,4 Miliar

RIAUBOOK.COM- Senin (10/9/18) pagi, di Mapolres Siak, Polres Siak memusnahkan barang…

Foto

Terkait Penghinaan, Ustadz Somad Libatkan 4 Pengacara

RIAUBOOK.COM - Terkait penghinaan yang ditujukan ke Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam akun mesia sosial yang disebar, UAS menunjuk empat…

foto

Pendidikan