Mission Impossible Jokowi 'versus' Fiksi Ekonomi Sandi (Bag 1)

Mission Impossible Jokowi

RIAUBOOK.COM - Gelombang demonstrasi mahasiswa tak terbendung, mereka mengkritik kinerja pemerintah era Presiden Jokowi yang dianggap telah gagal dalam upaya stabilitas ekonomi, meski faktanya bahan kebutuhan pokok masih dalam kondisi yang wajar.

Demonstrasi aktivis BEM ini sebelumnya dipicu oleh nilai tukar dolar terhadap rupiah yang ketika itu, September 2018, menembus angka Rp15 ribu.

Kemudian gagalnya deklarasi #2019GantiPresiden yang rencananya akan dihadiri oleh seorang ikon 'emak-emak' Neno Warisman.

Realitas itu membuat kabinet pemerintahan Jokowi-JK tersudutkan, bahkan aksi serupa juga 'menjalar' ke sejumlah wilayah di tanah air.

Di Makasar, mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berunjuk rasa di depan Kampus 1 UIN Alauddin dengan memblokade Jalan Sultan Alauddin menggunakan mobil kontainer hingga nyaris berbuah kericuhan dengan suporter klub bola setempat.

Serentetan aksi unjuk rasa mahasiswa tersebut justru ditanggapi dengan santai oleh Jokowi.

Dia malah menantang aktivis mahasiwa untuk melakukan aksi unjuk trasa di depan Istana Negara berkaitan dengan sejumlah keberhasilan yang telah dia raih.

"Blok Mahakam 100 persen, Blok Rokan Chevron 100 persen. Freeport 51 persen. Kok enggak ada demo di depan Istana?" kata Jokowi.

Impossible 1

Layaknya Ethan Hunt dalam Film Mission Impossible 1, kabinet Jokowi bergerak cepat, mengarah pada sebuah petunjuk dengan indikasi konspirasi besar.

Kasus Neno Warisman yang mendapat penolakan di Pekanbaru dan memicu terjadinya kerusuhan di Bandara SSK II seakan membuka 'kotak pandora' atas indikasi penciptaan ikon 'emak-emak' yang berlanjut pada kasus operasi plastik Ratna Sarumpaet.

Pengakuan Ratna sebagai korban penganiayaan orang tak dikenal di Bandung yang menyebabkan wajahnya penuh lebam membuat heboh dunia maya. Dilengkapi dengan foto wajahnya yang mengenaskan.

Pengakuan Ratna bahkan ditanggapi gamblang oleh Capres Prabowo Subianto yang bersedia menemui Kapolri agar kasus tersebut segera diusut tuntas.

Namun sayangnya, sehari setelah pengakuan penganiayaan itu, tersebar hasil penyelidikan kepolisian yang mengejutkan dilanjutkan dengan keterangan pers aparat.

Dalam gelar jumpa pers 3 Oktobrer 2018, polisi menyebut wajah lebam Ratna Sarumpaet disebabkan operasi plastik bukan karena dianiaya seperti yang beredar selama ini.

Hasil penyelidikan awal diketahui, Ratna operasi plastik di sebuah klinik bedah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Penyelidikan melibatkan dua Polda yakni Jawa Barat dan Metro Jaya. Dokumen hasil penyelidikan tersebut beredar di kalangan wartawan.

Sehari setelahnya, penyidik Polda Metro Jaya kemudian mengamankan dan menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka terkait kasus penyebaran kabar hoax yang menyebut dirinya dianiaya orang tak dikenal.

Kasus Ratna Sarumpaet seakan menjadi tamparan keras bagi pasangan Prabowo-Sandi.

Bahkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis, kasus berita bohong atau hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet memengaruhi terhadap sentimen dan elektabilitas capres-cawapres Prabowo dan Sandiaga Uno.

LSI mengungkap, dari sisi elektabilitas pada September 2018, sebelum ada kasus hoax Ratna Sarumpaet, Jokowi-Ma'ruf Amin 53,2 persen, Prabowo-Sandiaga Uno 29,2 persen dan 17,6 persen belum memutuskan.

Sementara pasca kasus hoax Ratna Sarumpaet, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin naik jadi 57,7 persen pada Oktober 2018. Sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno justru turun menjadi 28,6 persen.

Impossible 2

Usai berhasil menangkal 'bencana politik' lewat misi pertama, kubu pemerintah (petahana) mendapat cobaan deras lewat tekanan dolar terhadap rupiah yang memapu 'menyeret' mata uang lokal diangka nilai tukar Rp15 ribu.

Layaknya Ethan Hunt dalam serial Mission Impossible 2, kali ini misinya adalah 'menyingkirkan' virus dolar yang terus menekan dan menggerus elektabilitas sang petahana.

Layaknya sutradara John Woo yang berhasil menciptakan Serial Mission Imposible 2, virus tekanan dolar pun berlahan berhasil 'dibersihkan' oleh kabinet (petahana), rupiah mulai menguat dengan pergerakan fluktuasi.

Saat ini, memasuki pekan kedua November 2018, nilai tukar dolar AS terhadap rupiah berada di bawah Rp15 ribu, atau Rp14.885/1 dolar.

Mission Impossible 3

Pada misi kali ini, layaknya film Mission Impossible III, meski kurang mendapat apresiasi positif, namun tim petahanan yang dimotori Relawan ProJO dan Cakra 19 berhasil membuat 11 kepala daerah di Riau akhirnya menyuarakan dukungan untuk petahana.

Kabar deklarasi 11 kepala daerah di Riau yang dilaksanakan di sebuah hotel di Pekanbaru pada 10 Oktober 2018 berhasil mengejutkan berbagai kalangan politisi, tokoh adat dan masyarakat di Provinsi Riau.

Sebelumnya misi ini dianggap sebagai misi yang tak mungkin (impossible) mengingat banyak kepala daerah di Riau justru lahir dari partai yang bersebrangan.

Semisal Gubernur Riau terpilih Syamsuar yang diusung PKS dan PAN, kemudian Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT merupakan kader Demokrat.

Namun keduanya justru dengan terang turut serta dalam deklarasi mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Mission impossible kali ini kembali berakhir pada kesuksesan yang menguatkan kubu petahana, meski kurang mendapatkan apresiasi positif sebagian masyarakat.

Mission Impossible - Fallout

Setelah berhasil menjalankan misi pertama, kedua dan ketiga, layaknya Ethan Hunt dalam serial Mission Impossible - Fallout, kabinet Jokowi harus dihadapkan dengan serangan 'fallout hoax' yang bertubi, sebagian besar mempertayakan kesetiaannya terhadap bangsa yang melahirkannya.

Riau menjadi daerah 'perang' yang strategis bagi petahana setelah sejumlah persoalan yang diahadapi petahana bersumber dari wilayah tengah Sumatera ini.

Meski hasil survei di 33 provinsi yang dilakukan Alvara Research Center menyebut keunggulan petahanan di hampir semua wilayah, hal itu berbeda dengan Sumatera.

Untuk wilayah Sumatera, paslon Prabowo-Sandiaga unggul 44,6 persen dan Jokowi-Ma'ruf 40 persen.

Kondisi itu yang kemudian membuat 'Ethan Hunt' memutuskan Riau sebagai medan pertempuran politik, sekaligus menjadikannya ikon kemenangan di wilayah luar basis.

Misi ini menjadi 'impossible' jika dilihat dari rentetan peristiwa penolakan terhadap pemerintahan Jokowi-JK yang dianggap tidak pro-rakyat Riau.

Namun tidak menutup kemungkinan terwujud setelah upaya pusat masuk sebagai 'pahlawan' dalam penyelamatan APBD Riau yang defisit. Upaya itu dilakukan lewat penambahan dana bagi hasil dan kucuran DAU & DAK yang menggiurkan.

Mission Impossible The Fallout, Ethan masih harus membuktikan ketangguhan untuk mewujudkan kemenangan di medan pertempuran milik lawan pada April 2019.

Tunggu saja...

Oleh Fazar Muhardi

foto

Terkait

Foto

Kerja Nyantai Gaji Besar, Tapi Bukan Kantoran

RIAUBOOK.COM - Memiliki pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji besar tentu idaman setiap orang, namun sayangnya tidak semua orang mendapatkannya.Pekerjaan yang…

Foto

Polemik Ketertutupan SKK Migas & Jargon 'Sarang Korupsi'

RIAUBOOK.COM - Undang-Undang (UU) Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menjelaskan bahwa setiap badan publik berkewajiban untuk transparan…

Foto

Emak-emak Andalan Prabowo-Sandi

DALAM setiap kampanyenya pasangan Capres Cawapres Prabowo-Sandi tak pernah lepas dari kerumunan para kaum perempuan alias emak-emak dari berbagai kalangan…

Foto

Sekertaris Komisi I DPRD Inhil Akui Belum Terima Laporan Diskominfo Terkait Permasalahan Dana Media

RIAUBOOK.COM - Kebohongan dan tidak profesionalnya oknum pejabat pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfops) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)…

Foto

Paradoks Infrastruktur, Manufaktur dan Lapangan Kerja

SEKTOR infrastruktur merupakan sektor prioritas (unggulan) Pemerintahan Joko Widodo saat ini. Sejak tahun 2014, anggaran infrastruktur dalam APBN mengalami kenaikan…

Foto

Yudhia Perdana Sikumbang Sesalkan DPRD Inhil Tidak Kibarkan Bendera Saat HUT RI 73

RIAUBOOK.COM - Tidak terpasangnya bendera merah putih saat perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke 73 tanggal 17 Agustus…

Foto

Benarkan Kejadian Bendera Tidak Berkibar Saat Dirgahayu ke 73, Pihak Kantor DPRD Inhil Meminta Maaf

RIAUBOOK.COM - Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Indragiri Hilir melalui Plt Sekertariat DPRD Inhil, Indra Yepi membenarkan kejadian bendera…

Foto

Kantor DPRD Inhil Tidak Kibarkan Bendera Saat Perayaan Dirgahayu ke 73

RIAUBOOK.COM - Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil tidak kibarkan bendera saat perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia…

Foto

Pilkada 2018 Aman Damai, Golput Masih 'Pemenang'

RIAUBOOK.COM - Pasca Perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan pada tahun 2018 ini, Pilkada disejumlah…

Foto

Tips Agar THR Tak Cepat Habis dan Sia-sia

RIAUBOOK.COM - Lebaran Idul Fitri tentu menjadi hari yang dinanti semua umat di dunia, di Indonesia perayaan hari besar itu…

Foto

Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2018, Ketua KNPI Inhil Sampaikan Harapan Ini

RIAUBOOK.COM - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Indragiri Hilir Propinsi Riau, Bung Hidayat Hamid, S.Pd.I, menyerukan generasi muda…

Foto

Para Rider Berebut Tahta Gubernur

PARA petarung politik di Provinsi Riau saat ini seperti sedang balapan di lintasan MotoGP, melaju dengan kecepatan tanpa batas untuk…

Foto

Medsos Sosial Bikin Boros, Mitos atau Fakta?

RIAUBOOK.COM - Menabung adalah hal positif yang dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan persoalan keuangan mereka sendiri. Tapi tidak semua orang…

Foto

Yudhia Perdana Sikumbang: Karyawan Harus Tau Ini Agar Hak-haknya Terpenuhi

RIAUBOOK.COM - Ketentuan Upah Minum Provinsi (UMP) maupun Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) berlaku untuk semua perusahaan termasuk perusahaan berbentuk CV…

Foto

Politik Pelacur

JIKA pelacur menjual barang paling berharga miliknya dan mendapatkan hak atas pengorbananan diri, politisi lebih dari itu, banyak mereka menjual…

Foto

Antisipasi Wajah Hipokrit di Negeri Pertiwi, Pilih yang Adil

BEBERAPA waktu menjelang datangnya tahun, bulan, hari dan menit-menit pelaksanaan pesta demokrasi dinegeri ini semakin banyak juga muncul berbagai ikon-ikon…

Foto

Presiden Jokowi Nyaris Dipastikan Bercerai?

RIAUBOOK.COM - Sebelumnya kabar heboh menerpa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dia bercerai dengan istrinya Veronica Tan.Dan kini muncul pemberitaan…

Foto

Frasa-frasa Janggal dalam Kehidupan Orang Indonesia

BAHASA merupakan suatu alat komunikasi yang canggih untuk mempersatukan bangsa yang besar, dan negara ini diakui sebagai bangsa yang besar…

Foto

Memperbanyak Publikasi Internasional Terindeks

RIAUBOOK.COM - Oleh Dr. Iswadi Hasyim Rosma, ST, MT, MIEEE (Dosen Tetap di Universitas Riau &General Chair of International Conference…

Foto

Mengukur Moralitas dalam Politik

RIAUBOOK.COM - OlehJufri Hardianto Zulfan, S.H (Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Islam Riau. Fakultas Hukum)Tidak ada satupun yang diinginkan oleh negara…

foto

Pendidikan