Sengketa Prime Park Pekanbaru, Saksi Tegaskan Uji Tuntas Tidak Bisa Jadi Alat Bukti Persidangan

RIAUBOOK.COM - Keterangan saksi Arif Jauhari di persidangan, Rabu (21/11/2018) menguatkan fakta belum pernah ada audit atas pelaksanaan proyek kerjasama pembangunan Condotel Pekanbaru Park.

Mega proyek bernilai ratusan miliar itu kini berujung dengan sengketa perdata di PN Pekanbaru. Keterangan akuntan publik dari kantor Raschin dan Ichwan itu membuka tabir sengkarut perkara dengan objek apartemen dan Condotel yang kini bernama Prime Park itu.

Saksi Arif yang dihadirkan ke muka persidangan atas permintaan para pihak tergugat, justru menyatakan dan berulang kali menegaskan bahwa hasil uji tuntas (due dilligent) yang dilakukannya tahun 2013 silam, tidak untuk dipergunakan di muka persidangan dan tidak untuk alat pembuktian.

Mengenakan batik berwarna dasar kuning tua, Arif membenarkan pernah melakukan uji tuntas terhadap keuangan perusahaan pemilik megaproyek di tengah Kota Pekanbaru itu.

Dan menurut kuasa hukum tergugat, kehadiran Arif adalah terkait dengan bukti berupa hasil uji tuntas yang mereka ajukan ke persidangan.

"Memang pernah saya membuat due delligent tahun 2013. Dibuat atas nama kantor. Pertama kali atas permintaan H Jufri Zubir. Dibuat kontrak antara kantor saya, H Jufri Zubir dan pak Saiful," ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai akuntan publik itu.

Arif mengaku, H Jufri Zubir meminta sebagai uji tuntas itu selaku pemilik perusahaan PT Mitra Nusa Graha (MNG).

"Permintaan audit secara lisan. Dimulai Agustus 2013 selesai Mei atau Juni tahun 2014. Sifatnya pemeriksaan standar dokumen, bukan audit yang kita kenal memberikan dokumen opini.

Kalau audit kita ada persetujuan konfirmasi pihak ketiga, misalnya bank. Tapi kalau uji tuntas hanya berdasarkan dokumen yang ada di perusahaan. Tujuannya untuk bisnis. Misal menjual atau membeli saham. Kalau audit pihaknya banyak, melibatkan publik pak hakim. Jadi ini hanya untuk kedua pihak. Pemeriksaan lebih mendalam itu namanya audit," beber Arif.

Arif lantas menjawab pertanyaan kuasa hukum penggugat dan kuasa hukum para tergugat dan turut tergugat.

Kuasa Hukum H Jufri Zubir, DR Zulfikri Toguan dan Syastri Robby Unaldo berulang kali dalam persidangan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tampak membuat Arif gelagapan memberikan jawaban.

Zulfikri antara lain mencecar Arif mengenai bukti-bukti aliran dana dan tanda terima uang baik dari dan kepada kliennya. Arif tampak tergagap menjawabnya.

Masih di hadapan bukti yang diperlihatkan di atas meja hakim, Syastri lantas menanyakan kekuatan hukum hasil uji tuntas itu.

"Kami hanya ingin menegaskan, apakah hasil uji tuntas ini bisa menjadi bukti di persidangan," kata Syastri.

Mendengar pertanyaan itu, Arif terdiam sejenak. "Hasil uji tuntas tidak dapat menjadi bukti di persidangan atau materi penyelidikan dan penyidikan. Siapa pun yang berperkara," jawab Arif di muka persidangan.

Setelah mendengar jawaban saksi tersebut, majelis hakim menanyakan kepada tiga kuasa hukum pihak tergugat dan pihak turut tergugat yang hadir, apakah ada saksi atau bukti lain yang akan diajukan. Mereka menjawab tidak. Hakim pun lantas menutup sidang dan dilanjutkan pekan depan.

Sebelumnya, pada Selasa (30/2/10/2018) lalu, sidang yang digelar atas gugatan Jufri Zubir kali ini, difokuskan dengan mendengar keterangan saksi yang dihadirkan oleh pihak Onny Hendro Adiaksono dan Mochamad Sofyar selaku tergugat I.

Dalam persidangan tersebut, saksi atas nama Gipson Hutapea membenarkan adanya keterlibatan Jufri Zubir dalam proses pembangunan Condotel mewah tersebut, kata dia, hal itu bermula saat Jufri masih menjabat sebagai Direktur di PT. Osmar pada tahun 2011.

Tuturnya, kala itu PT. Osmar tengah kesulitan dalam membayar pinjaman dana kepada PT. Bringin Srikandi Finance (BSF) untuk pembangunan sebuah proyek di bidang properti.

"Waktu itu PT. Osmar punya pinjaman ke BSF, sebagai konsultan, kemudian saya memberikan alternatif solusi," ujarnya.

Dalam sebuah rapat bersama Jufri beserta Pengurus PT. BSF, saksi kemudian menyarankan agar Jufri menciptakan bisnis baru yang diharapkan bisa berkembang dan dan mampu menanggulangi tunggakan hutang PT. Osmar.

"Pada saat itu saya diajak diskusi pengurus BSF, bagaimana menyelesaikan persoalan seperti ini, saya diskusi bukan hanya dengan Pak Jufri saja, di situ ramai, kita ada meeting, saya bilang bagaimana kalau diciptakan bisnis baru yang lebih prospek," tuturnya.

Saran tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh Jufri dengan membentuk satu Badan Usaha baru bernama PT. Mitra Nusa Garaha (MNG).

Selanjutnya PT. MNG bekerja sama dengan PT. Panghegar, keduanya sepakat membentuk satu Badan Usaha baru bernama PT. Panghegar Pekanbaru Permai untuk melaksanakan proyek pembangunan Condotel di atas lahan seluas 52.345 meter persegi milik Jufri.

Menjawab pertanyaan kuasa hukum, dalam persidangan itu saksi membenarkan jika Jufri Zubir sejak awal terlibat dalam pendirian PT.MNG.

"Apakah saudara mengetahui jika Jufri Zubir terlibat dalam pendirian PT. MNG?," tanya Kuasa Hukum Jufri kepada saksi.

"Ya, ada," kata saksi yang juga pernah menjadi Direktur Komersial PT. BSF pada tahun 2012.

Setelah masing-masing kuasa hukum dari kedua belah pihak merasa cukup, akhirnya Majelis Hakim menutup sidang tersebut sekitar pukul 14.00 WIB.

Seusai sidang, Syastri Roby Unaldo yang mewakili Jufri dalam perkara ini mengatakan, keterangan saksi yang dihadirkan dalam persidangan tersebut menguatkan bahwa lahan yang menjadi lokasi berdirinya Condotel tersebut merupakan milik Jufri Zubir.

"Dengan pengakuan dan statemen saksi tadi, berarti jelas, kepemilikan lahan tersebut secara sah adalah milik klien kita, yaitu Jufri Zubir," ujar Roby.

Dalam perkara ini, Jufri Zubir meminta kompensasi atas penggunaan lahan yang menjadi tempat berdirinya Condotel tersebut, dirinya juga merasa dirugikan puluhan miliar karena adanya perbuatan hukum dan dugaan penggelapan saham yang dilakukan oleh tergugat I bersama Tomi Karya selaku tergugat II.

Selain itu, Jufri juga melaporkan jika PT. Panghegar Pekanbaru Permai merupakan pihak yang turut menjadi tergugat II dan Prime Park Hotel Pekanbaru sebagai turut tergugat III, serta PT.PP Property. Tbk turut tergugat V.

Untuk diketahui, sebelumnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru juga telah mengabulkan permohonan Jufri Zubir atas pemblokiran sertifikat 7 bidang yang diakui sebagai miliknya.

Untuk diketahui, pada 19 Oktober 2018 lalu, BPN telah menangguhkan segala peralihan hak atau jaminan dalam bentuk apapun terhadap tanah tersebut. Karena hal itu, saat ini pihak manajemen Condominium tidak bisa mengalihkan sertifikat yang harusnya menjadi hak konsumen karena tidak bisa dibalik namakan.(rls)

foto

Terkait

Foto

Razia Pekat, Satpol PP Siak Amankan 9 Wanita Pelayan Tamu Karaoke dan Miras di Minas

RIAUBOOK.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Siak berhasil mengamankan 9 wanita pelayan tamu karaoke dan minuman keras…

Foto

Pesta Shabu, 5 Pria Diringkus di Salah Satu Wisma Sungai Apit

RIAUBOOK.COM - 5 pria, AS (31), Jn (48), HI (43), ,ZH (40) dan OP (22) diringkus polisi, karena kedapatan berpesta…

Foto

Polisi Ungkap Identitas Orang Tua Mayat Bayi Dalam Tas, Ternyata Pemilik Inova Bohong

RIAUBOOK.COM - Polisi berhasil mengungkap orang tua dari mayat bayi laki-laki yang dibungkus di dalam tas, saat ditemukan di dalam…

Foto

Pemilik Mobil Inova 'Dititipi' Mayat Bayi Laki-laki saat Ditinggal Mandi di SPBU Minas

RIAUBOOK.COM - Sesosok mayat bayi yang diketahui berjenis kelamin laki-laki, ditemukan didalam sebuah tas warna hitam, yang diletakkan seseorang di…

Foto

Nabi Palsu Jual Tiket Masuk Surga Rp2 Juta

RIAUBOOK.COM - Pengakuan nekat, pria bernama Abdul Muhjib, asal Karawang, menyebarkan infromasi sesat soal dirinya adalah nabi, cerita ini sempat…

Foto

Korupsi Bank Century 'Bangkit' Lagi, KPK Periksa Boediono dan Budi Mulya di Sukamiskin

RIAUBOOK.COM - Kasus korupsi Bank Century kembali 'bangkit' dan kali ini pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah pihak termasuk…

Foto

Mabes Polri Ungkap Keterlibatan Wabup Bengkalis Dalam Dugaan Korupsi Pipa Transmisi

RIAUBOOK.COM - Perkara dugaan korupsi pengadaan dan pemasangan pipa transmisi di Indragiri Hilir (Inhil), Riau, terus berkembang, kali ini Wakil…

Foto

Pegawai BRI Meranti Ditahan, Negara Rugi Rp926 Juta

RIAUBOOK.COM - Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menahan seorang oknum pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) unit Teluk…

Foto

Ratna Sarumpaet Ajukan Tahanan Kota, Polisi Menolak, Ini Alasanya

RIAUBOOK.COM - Permohonan penahanan kota terhadap tersangka Ratna Sarumpaet ditolak oleh Penyidik Polda Metro Jaya, demikian Kabid Humas Polda Metro…

Foto

Pembunuh Isteri Menyerahkan Diri

RIAUBOOK.COM - Rk akhirnya menyerahkan diri dan diamankan pihak kepolisian setelah sempat menghilang usai melakukan penganiayaan berat yang menyebabkan isterinya…

Foto

Sidang Sengketa Informasi, SKK Migas 'Ngotot' Bukan Badan Publik Walau Terima APBN

RIAUBOOK.COM - Pihak SKK Migas Sumbagut tetap ngotot bahwa mereka bukan badan publik kendati mengakui dalam operasionalnya menggunakan APBN. Padahal,…

Foto

Suami Tega Tikam Isteri Berkali-kali hingga Tewas, Peristiwa Ini Berlangsung di Inhil

RIAUBOOK.COM - Rk (27) warga Desa Air Balui, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, tega menikam isterinya sendiri, Sri…

Foto

Soal Sengketa Informasi SKK Migas Sumbagut, LAM Riau Angkat Bicara

RIAUBOOK.COM – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mendukung penuh upaya Novrizon Burman menggugat SKK Migas Sumbagut terkait sejumlah informasi yang…

Foto

Sesosok Mayat Ditemukan Warga Dayun, Diduga Tewas Tersetrum Listrik

RIAUBOOK.COM - Sesosok mayat ditemukan warga di tepi jalan Lintas Dayun-Perawang tepatnya di Km 69 Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, kuat…

Foto

Buron Setahun Usai Diduga Bakar Hutan, Warga Inhu Terancam 5 Tahun Penjara

RIAUBOOK.COM - Setelah berhasil diamankan usai buron selama setahun, kasus dugaan perambahan kawasan hutan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau,…

Foto

Misteri Tersangka 'Mahkota' Korupsi Proyek Pipa

RIAUBOOK.COM - Kepolisian Daerah Provinsi Riau pada Jumat (19/10/2018) mengumumkan penindakan yang mereka lakukan atas tiga dari empat orang tersangka…

Foto

Tahap II, Pelaku Pembakaran Istana Siak Sri Indrapura di Sidang

RIAUBOOK.COM - Berkas penyidikan pelaku pembakaran Istana Siak Sri Indrapura atas nama TSA (42) alias Faisal saat ini telah dilimpahkan…

Foto

Oknum Pengacara Terdakwa Kasus ITE Ditangkap, Diduga Peras dan Ancam Warga Rohil

RIAUBOOK.COM - Seorang oknum pengacara bernama Yunaldi Zega SH, kena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Sat Reskrim Polres Rokan Hilir (Rohil),…

Foto

Malang Samai Rekor Riau, 3 Kepala Daerah Diringkus KPK

RIAUBOOK.COM - Kasus korupsi benar-benar sudah 'menggurita', setelah sebelumnya tiga Gubernur Riau masuk bui, kali ini gikiran Malang, sudah 3…

Foto

Penghina Ustadz Somad Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

RIAUBOOK.COM - Aparat penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Riau menetapkan Jony Boyok alias JB sebagai tersangka ujaran kebencian terhadap Ustadz Abdul…

foto

Pendidikan