Puluhan Ribu Massa NU Hijaukan Garut, Yel-yelnya: Jokowi Presiden Ku, Ma'ruf Amin Wapresku

RIAUBOOK.COM - Massa pendukung Capres 01 Jokowi-Ma'ruf kian meluas, kali ini puluhan ribu massa Nahdlatul Ulama (NU) dan relawan pemenangan Jokowi–Ma'ruf Amin, dalam peringatan Hari lahir (Harlah) ke-93 NU dan Harlah ke-73 Muslimat NU di Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan siap memenangkan kembali Jokowi untuk periode kedua jabatan Presiden.

Dibanding pelaksanaan deklarasi sebelumnya seluruh capres dan cawapres yang hadir di Garut, acara kali ini yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kerkop, tampak begitu meriah. Kemacetan pun terjadi di mana-mana, puluhan ribu massa NU tumpah menghijaukan lapangan untuk memberikan dukungan kepada Jokowi.

Mereka tak hentinya terus meneriakan yel-yel 'Jokowi Presidenku dan Ma'ruf Amin Wapresku'. Kondisi itu semakin menambah kemeriahan peringatan Harlah ke-93 NU dan Harlah ke-73 Muslimat NU di Kabupaten Garut.

Dalam acara Sabtu, 9 Februari 2019, selain memperingati Harlah NU dan Muslimat NU, dilangsungkan pula deklarasi dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dari relawan Jokowi Garut (Jogar).

Ketua, Tim Relawan Jokowi Garut (Jogar) Yudi Lasminingrat mengatakan, sesuai dengan jumlah undangan yang disebar, tak kurang dari 48 ribu massa dari 42 kecamatan di Garut, menghadiri acara itu.

"Mungkin karena antusias dan besarnya dukungan masyarakat Garut bagi Pak Jokowi," kata dia.

Seperti halnya relawan pemenangan Jokowi-Maruf lainnya di lapangan, relawan Jogar memiliki strategi khusus untuk memenangkan pasangan nomor urut satu itu di tiap kecamatan di kabupaten Garut.

"Kita akan terus menggalang kekuatan sampai ke tingkat RT, termasuk melakukan deklarasi di setiap kecamatan," ujar dia.

Untuk menambah raihan suara, Jogar Garut ujar Yudi, siap merangkul dan menargetkan suara dari kaum buruh, komunitas, termasuk kaum mienial. "Mereka dibutuhkan untuk melakukan sosialisasi ke pemilih pemula di kabupaten Garut," kata dia.

Meskipun demikian, euforia deklarasi ini hanya sebatas dilakukan sebagai ajang silaturahmi untuk demokrasi, bukan ajang untuk saling menjelekkan salas satu pasangan capres dan cawapres, yang menjadi konsestan pilpres 17 April mendatang. "Karena bagaimana pun bagi saya NKRI adalah Harga Mati," ujarnya.

3 Alasan

Sementara itu KH Abdul Mujib menambahkan, ada tiga alasan memilih pasangan Capres Jokowi-Maruf Amin. Pertama, Jokowi terbilang bersih tidak pernah korupsi, selama memimpin pemerintahan, mulai dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden saat ini.

"Di mana Pak Jokowi terlibat korupsi? Tidak ada, aman. Orangnya bersih," ujar dia di atas podium.

Kedua, cara Jokowi menghormati terhadap ulama dan menghormati umat Muslim tanah air sangat mulia. Hal itu dibuktikan dengan penetapan hari santri nasional, serta pilihannya pada Maruf Amin, sebagai pendampingnya.

"Tapi bagi kita semua, haram hukumnya menghina capres cawapres yang lainnya," ujar dia mengingatkan selurih massa yang hadir.

Ketiga, Presiden Jokowi adalah presiden pekerja dan mau membangun Indonesia. "Banyak sekali infrastruktur Indonesia yang dibangun di zaman Jokowi, semoga kita menjadi negara baldatun toyiban warobun gohofur," kata dia.

Ia pun tak sungkan mengklaim, jika mayoritas ulama dan kalangan pesantren di Garut, bakal tumpah tuah memenangkan pasangan Presiden Jokowi-Maruf Amin. "NKRI didirikan oleh ulama, sekarang ada wakil kita ulama besar mendampingi Pak Jokowi, maka wajib kita mendukungnya," kata dia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, pilihannya untuk mendukung Jokowi-Maruf Amin didasarkan atas itikad pribadi yang menghargai jasa ulama terhadap perjuangan republik ini. "KH Muhyidin dipenjara karena membela NKRI, saya sang cucunya jelas akan membela hadil ijtihad para ulama," kata dia.

Ia menilai sosok Jokowi yang memilih tokoh KH Maruf Amin, merupakan keputusan yang tepat untuk menyeimbangi keputusan yang akan diambil pemerintah.

"Yang jelas akan melindungi nilai Islam, nah sekarang kiai Amin ada dalam dalam kekuasaan, nanti keputusan pak Jokowi itu tidak akan jauh-jauh dari ulama," ujar Emil.

Ia pun meminta semua warga Garut, terutama warga nahdliyin, kemudian kalangan ulama dan santri di kota Intan Garut, bahu-membahu memenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin. "Kalau ingin selamat pilihlah ulama," ujarnya.

Jabar

Sebagai lumbung suara nasional, dukungan masyarakat Jawa Barat cukup penting untuk memenangkan Capres dan Cawapres Jokowi-Maruf Amin. "Garut juara, Jabar juara, Indonesia juara, " ujar RK.

Menurut Emil panggil akrabnya Ridwan Kamil, saat ini kondisi Indonesia cukup stabil. Bahkan, hasil survei salah satu lembaga survei dunia 2017 terhadap 200 negara besar dunia, Indonesia termasuk negara paling optimistis di dunia.

"Negara lain boleh pesimis, masyarakat lain boleh pesimis, tapi bangsa Indonesia harus optimis menjadi negara adidaya di dunia," kata dia.

Bukan hanya itu, survei terbaru 2018 mencatat, masyarakat Indonesia termasuk sebagai negara paling baik dermawan di seluruh negara di dunia. "Walaupun wajahnya susah tapi soal wakaf, sedakah, infak, Indonesia juara dunia," ujar Emil bangga.

Untuk itu, sebagai jalan menuju negara adidaya dunia, dibutuhkan transisi kekuasaan dan kepemimpinan yang kuat dan lancar. "Mana ada aman di Suriah, mana ada aman di Afganistan, kita negara paling beragam di dunia aman-aman saja, " ujar dia.

Di tengah pesta demokrasi yang berlangsung saat ini, Emil tak hentinya meminta masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Dulu ada negara Yugoslavia karena masyarakatnya pecah sekarang hilang, dulu ada Uni Soviet juga pecah menjadi Rusia dan beberapa negara bagian, India juga pecah jadi Bangladesh dan Pakistan, " ujarnya.

Selain itu, banyaknya informasi bohong yang beredar di masyarakat, harus ditanggapi bijak, sehingga tidak menimbulkan polemik dan perpecahan umat. "Tahun lalu ada 5.000 berita bohong diproduksi, kenapa? Sebab orang-orang jarang baca, rangking baca orang Indonesia itu rendah, " kata dia.

Ia mencatat, rata-rata masyarakat Indonesia, hanya membaca 27 halaman buku setiap tahunnya.

Sumber Liputan6

foto

Terkait

Foto

Bawaslu Riau ke Ancol Ikuti Rakornas Kehumasan

RIAUBOOK.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Kehumasan bagi Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota…

Foto

Mungkinkah Alfedri Menggandeng TS Hamzah jadi Wakil Bupati Siak?

RIAUBOOK.COM - Teka teki siapa sosok wakil Bupati Siak usai Alfedri akan menjabat Bupati Siak sisa jabatan 2016-2021 masih misterius,…

Foto

Ditanya Soal Kriteria Calon Wakil Bupati, Alfedri: yang Bisa Sejalan

RIAUBOOK.COM- Nama calon wakil Bupati Siak yang akan mendampingi Alfedri menjalan roda kepemimpinan sampai saat ini…

Foto

Kampanye Dukung Caleg, Oknum Kades di Inhil Divonis Penjara

RIAUBOOK.COM - Syahrial Kades Tegal Rejo Jaya, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Syahrial divonis 8 bulan dan denda…

Foto

Nama Ketua DPRD Siak Muncul jadi Calon Wakil Bupati, Ini Kata Syamsuar

RIAUBOOK.COM- Nama ketua DPRD Siak Indra Gunawan, muncul untuk menempati posisi wakil Bupati Siak yang akan…

Foto

Gubernur Riau Terpilih Syamsuar Setujui Pelantikan Bersama BMRB 27-28 April 2019

RIAUBOOK.COM - Pengurus Barisan Muda Riau Bersatu (BMRB) menggelar silaturahmi dengan Gubernur Riau terpilih Drs. H. Syamsuar, M.Si.Dalam pertemuan ini,…

Foto

DKPP Gelar Sidang Putusan Dugaan Pelanggaran Kode Etik Bawaslu Riau Besok, Cakra: Harus Adil

RIAUBOOK.COM - Pihak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI pada Rabu (30/1/2019) mengagendakan sidang putusan dugaan pelanggaran kode etik oleh…

Foto

DPRD Riau Sepakat Tidak Bacakan Aspirasi Masyarakat di Paripurna Penyampaian Hasil Reses

RIAUBOOK.COM - Rapat paripurna penyampaian hasil reses masa sidang III (September-Desember 2018) DPRD Riau, Senin (28/1/2019) berlangsung singkat tanpa ada…

Foto

Yusril Tegaskan PBB Dukung 01, 'Diharap Semua Taat Putusan'

RIAUBOOK.COM - Tidak jadi persoalan jika ada kadernya yang berbeda pilihan dalam mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden, demikian…

Foto

Sandiaga Uno Sebut Kader PBB Madura Dukung 02

RIAUBOOK.COM - Cawapres 02 Sandiaga Uno mengungkap ada kader Partai Bulan Bintang (PBB) Madura yang menyatakan mendukung dirinya.Hal itu meski…

Foto

APK Liar Terus Bermunculan, Bawaslu Riau akan Beri Pemahaman Ke Pengusaha Billboard

RIAUBOOK.COM - Meski sudah ditertibkan, masih ada saja Alat Peraga Kampanye (APK) liar yang melanggar aturan di sejumlah ruas jalan…

Foto

Bawaslu Riau Kembali Tertibkan APK di Sejumlah Ruas Jalan Protokol Kota Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau kembali menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar aturan di sepanjang jalan-jalan…

Foto

KPU Ubah Format Debat, Ma'ruf Amin: Kita Siap-siap Saja

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengubat format debat Capres dan Cawapres kedua salah satunya tanpa kisi-kisi.Menanggapi hal…

Foto

Debat Perdana Jadi Sorotan, KPU Ubah Format dan Mekanisme Debat Kedua

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengubah format dan mekanisme debat kedua dan seterusnya setelah pada debat…

Foto

Terkait Pelanggaran Pemilu, Pengacara Muda Inhil: Hati-hati Ancaman 2 Tahun Penjara

RIAUBOOK.COM - Pelanggaran Pemilu tidak bisa dipandang hanya sebelah mata karena selain ancamannya yang serius, permalasahan ini juga sudah banyak…

Foto

Dugaan Praktek Money Politik di Dapil 1, Muridi Susandi Siap Laporkan Temuannya Hari Senin Nanti ke Bawaslu Inhil

RIAUBOOK.COM - Praktek money politik belum juga bisa punah secara merata meski sudah sekian rupa aturan dibuat, untuk meminimalisir pelanggaran…

Foto

Dari Pendidikan Menuju Kursi Anggota Dewan, Davit Silaban Caleg Cerdas dengan Visi yang Bernas

RIAUBOOK.COM - "Peduli Pendidikan Untuk Indonesia Hebat", menjadi tagline utama yang diusung oleh politisi muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan…

Foto

Di Hadapan Luhut, Bravo 5 Siap Menangkan Jokowi-Amin di Riau

RIAUBOOK.COM - Bravo 5 Provinsi Riau mengukuhkan relawan Bravo 5 tingkat kabupaten/kota se-Riau, Rabu (16/1/2019), di Hotel Grand Central Pekanbaru. …

Foto

Tim TKD Jokowi-Ma'ruf Gelar Nobar Debat Capres di Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Menyambut Debat Calon Presiden (Capres) 2019, Kamis (17/1/2019) malam, Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin Provinsi Riau,…

Foto

KPU Siak Terima LPSDK Parpol, Partai Perindo Paling Banyak dapat Sumbangan Kampanye

RIAUBOOK.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak merilis Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dari partai politik (parpol) yang…

foto

Wisata dan Gaya Hidup

Foto

Syamsuar: Objek Wisata Di Riau Harus Ramah Muslim, Ada tempat Wudhu dan Tempat Sholat

RIAUBOOK.COM - Sebagai upaya dalam megembangkan pariwisata halal yang ramah muslim, Gubernur Riau Syamsuar ingin setiap objek wisata maupun ruang…

Foto

Teken MoU Wisata Halal, Pemprov Riau Menarget Kunjungan Wisman Timur Tengah

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Syamsuar telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang pengembangan pariwisata halal Riau dengan Menteri Pariwisata…

Foto

Yuk Datang Kesini, Selain Belajar Mengenal Tanaman TOGA, Pengunjung Juga Bisa Berwisata

RIAUBOOK.COM - Beberapa hari belakangan ini ibu-ibu dan masyarakat Kampung Tengah Kecamatan Mempura, sibuk berbenah mempercantik lingkungan yang dikenal sebagai…

Pendidikan