Anto Rachman Fasilitasi Masalah Supirman

Anto Rachman Fasilitasi Masalah Supirman

ist

RIAUBOOK.COM - Ketua DPD Bravo-5 Riau Arsadianto Rachman atau yang akrab disapa Anto Rachman memfasilitasi masalah antara Caleg DPR RI dari Golkar Supirman, S.Kom dengan Presiden Forum Pemimpin Redaksi (FPR) Fazar Muhardi terkait kedatangan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ke Pekanbaru pada 24 Februari dan 3 Maret 2019.

"Kita sudah panggil yang bersangkutan (Supirman) untuk segera menyelesaikan masalah itu," kata Anto Rachman di Pekanbaru, Senin (8/4/2019).

Anto yang juga Ketua MPW Pemuda Pancasila (PP) Riau menjelaskan, bahwa persoalan itu membuat malu banyak pihak, termasuk partai, tim pemenangan 01, dan juga buat malu Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang merupakan petinggi tim sukses Capres 01 Jokowi-Ma'ruf.

"Jadi kemarin sudah bertemu saya dengan Supirman, dan dia bersedia menyelesaikan masalah-masalah itu. Saya juga sudah ketemu dengan Fazar untuk menyelesaikan masalah ini baik-baik," demikian Anto.

Saling Memaafkan

Calon Legislatif DPR RI Supirman, S.Kom dan Forum Pemimpin Redaksi (FPR) melalui Presiden FPR Fazar Muhardi telah bertemu dan saling memaafkan atas segala tindakan yang telah mencemarkan nama baik organisasi pers tersebut dan juha nama baik Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Semuanya berawal dari kesalahan komunikasi sehingga kemudian menimbulkan polemik seperti ini," kata Supirman Jumat malam (5/4/2019).

Pertemuan itu kemudian berlanjut pada Sabtu (6/4/2019) sore, Fazar Muhardi di dampingi kuasa hukumnya Supriadi Bone, SH, C.L.A bertemu dengan Supirman, S.Kom hingga terakhir pertemuan difasilitas Anto Rachman.

Namun baiknya, lanjut Supirman, masalah itu tidak diperpanjang atau diperlebar karena pada dasarnya terjadi kesalah pahaman hingga kemudian acara Jalan Sehat Merakyat kemarin di take over ke Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Saya mengajak kita semua terkait acara tanggal 3 Maret 2019, maupun FPR yang menjadi inisiator dalam acara tersebut, untuk bersama-sama bisa menatap masa depan yang lebih baik," kata Pirman.

Semuanya menurut dia, bisa diselesaikan dengan kepala dingin sehingga bersama-sama memperbaiki kesalahan sebelumnya.

"Terkait semua kerugian materi yang telah dikeluarkan, kami sepakat untuk menyelesaikan dengan mufakat dan mencari solusi bersama sehingga bisa digantirugikan dalam waktu dekat, paling lambat Kamis (10/4/2019)" kata Pirman.

Dan mengenai biaya hotel sewaktu kedatangan Menko Luhut tanggal 24 Februari 2019, kata dia juga sudah digantikan jauh hari.

Sebelumnya, Presiden Forum Pemred Riau (FPR) Fazar Muhardi melalui kuasa hukum Supriadi Bone menyiapkan somasi yang ditujukan ke Caleg DPR RI Supirman, S.Kom terkait utang hotel tempat menginap Rombongan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman di Pekanbaru.

Klien kata Bone, mengungkap bahwa pada tanggal 24 Februari 2019 saat kedatangan Menko Luhut, Supirman mendapat tugas untuk mengurus segala akomodasi kedatangan menteri tersebut.

Presiden FPR Fazar Muhardi menambahkan alhamdulillah ada itikad baik dari Supirman, S.Kom untuk menyelesaikan persoalan ini dan menyelesaikan kekurangan dana sesuai kemufakatan bersama secara utuh.

Dikatakan Fazar, FPR juga akan melayangkan surat klarifikasi ke Menko Luhut terkait pelaksanaan acara Jalan Sehat Merakyat pada 3 Maret 2019 terkait persoalan tersebut di atas agar tidak melebar dan dipolitisasi.

Hal itu, kata dia penting untuk memulihkan nama baik FPR sebagai organisasi pemimpin redaksi berbagai media di Riau dan Supirman.

"Menurut saya, klarifikasi ke Menko Luhut ini menjadi sangat penting, karena dalam acara ini beliau (Menko) merupakan pelindung I yang juga memiliki tanggung jawab atas acara yang sempat di take over ke Pemerintah Kota Pekanbaru," katanya.

Fazar menyampaikan, bahwa surat yang ditujukan ke Menko Luhut itu berisikan sejumlah poin penting klarifikasi bersama.

"Bahwa kami sampaikan, dalam Proses tersebut dari awal FPR sudah terlibat sebagai pelaksana utama Jalan Sehat Merakyat dan telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit," katanya.

Sementara itu, Supirman yang dikonfirmasi menyatakan bahwa masalah ini sudah selesai.

"Sudah ada kesepahaman kami berdua terkait semua urusan yang terjadi, dan kami komitmen untuk terus mendorong pembiasaan utk musyawarah mufakat sehingga semua pihak senang," imbuh Supirman.

Surat Klarifikasi

"Selain indikasi penggelapan uang mengatasnamakan Menko Luhut yang dilakukan Supirman, saya bersama FPR juga akan melayangkan surat klarifikasi ke Menko Luhut terkait pelaksanaan acara Jalan Sehat Merakyat pada 3 Maret 2019 yang juga masih menyisakan utang senilai Rp122 juta," katanya.

Hal itu kata dia penting untuk memulihkan nama baik FPR sebagai organisasi pemimpin redaksi berbagai media di Riau.

Karena selama ini, lanjut dia, informasi yang beredar dari sumber Supirman selaku Caleg DPR RI, kerap mencemarkan nama baik secara pribadi dan organisasi FPR.

"Dia kerap menyampaikan bahwa saya tidak transparan dalam anggaran untuk pelaksanaan acara tersebut. Namun sesungguhnya saya telah menyampaikan ke seluruh organ pengurus FPR terkait keuangan acara itu, seutuhnya tidak ada yang ditutup-tutupi," katanya.

Bahkan, lanjut dia, terhadap Supirman juga telah disampaikan seutuhnya terkait keuangan dan kendala-kendala yang dialami sebelum pelaksanaan acara.

"Menurut saya, klarifikasi ke Menko Luhut ini menjadi sangat penting, karena dalam acara ini beliau (Menko) merupakan pelindung I yang juga memiliki tanggung jawab atas acara yang sempat di take over ke Pemerintah Kota Pekanbaru," katanya.

Fazar menyampaikan, bahwa surat yang ditujukan ke Menko Luhut itu berisikan sejumlah poin penting; termasuk terkait kekurangan dana pelaksanaan acara.

"Bahwa kami sampaikan, dalam prosesnya dari awal FPR sudah terlibat sebagai pelaksana utama Jalan Sehat Merakyat dan telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit," katanya.

Biaya-biaya yang telah dikeluarkan waktu itu ada senilai Rp217 juta yang dialokasikan untuk pembelian baju peserta sebanyak 1.000 pcs senilai Rp45 juta, dan sablon senilai Rp5 juta, pembelian baju VIP dan panitia sebanyak 400 pcs sebesar Rp60 juta, operasional team senilai Rp20 juta, cetak kupon sebanyak 80 ribu lembar x dua senilai 18 juta, reservasi kunjungan menteri Rp10 juta, cetak dan distri busi proposal senilai Rp7 juta, biaya konsumsi rapat team Rp5 juta, dan cetak spanduk sebesar 300 meter senilai Rp42 juta, serta biaya desain grafis dan boking artis dengan nilai Rp5 juta.

Dari total pengeluaran tersebut, lanjut dia, dana sponsor yang berhasil dirangkum hanya sebesar Rp95 juta sehingga terdapat defisit atau kekurangan sebesar Rp122 juta.

"Dari nilai kekurangan itu, sebelumnya kami telah menerima informasi bahwa pelindung I dalam hal ini Menko Kemaritiman akan menutupinya. Namun sampai detik ini dana tersebut belum kami terima," demikian Fazar.

Sementara itu, Supirman yang dikonfirmasi enggan memberikan pernyataan.

(rls)

foto

Terkait

Foto

Prabowo-Titiek Soeharto Rujuk, Indonesia Lebih Sejuk

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Sudah menjadi rahasia umum bila kalangan 'emak-emak militan' atau para ibu rumah tangga pendukung Prabowo-Sandiaga Uno berharap…

Foto

Wuih, Jelang Pilpres Gaji PNS Naik 5 Persen Ditambah THR dan Gaji ke-13

RIAUBOOK.COM - Jelang Pilpres dan Pileg 2019 perhatian pemerintah nyaris merata ke seluruh kalangan masyarakat, termasuk kalangan Pegawai Negeri Sipil…

Foto

Indonesia Kalahkan China untuk Tingkat Kebahagiaan, Amerika Jauh di Atas

RIAUBOOK.COM - Ditengah perang dagang negara-negara dengan kekuatan ekonomi raksasa, Indonesia masih bertahan dengan tingkat kebahagiaan pada posisi 92 di…

Foto

Terancam Dirajam Sampai Mati, LGBT Kabur

RIAUBOOK.COM, BRUNEI - Pemerintah Brunei Darussalam bertindak ketat dan tegas untuk para pelaku LGBT di negara itu setelah mengumumkan bakal…

Foto

Ikan Purba Ditemukan Mati, Namanya Mola-mola

RIAUBOOK.COM, AMBON - Warga pesisir pantai Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Ambon, menemukan ikan mola-mola yang merupakan ikan purba langka…

Foto

Berikut Rekomendasi Judul Film Indonesia yang Tayang April 2019

RIAUBOOK.COM - Banyak cara yang dapat dipilih untuk menghabiskan waktu luang atau sejenak meninggalkan penatnya rutinitas pekerjaan, salah satunya adalah…

Foto

Pertemuan PLN dengan Masyarakat Sungai Apit, Salah Satu Poin PLTD Diperbaiki

RIAUBOOK.COM - Pihak PLN dengan masyarakat Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, melakukan pertemuan untuk mencari solusi terkait kerap selalu dilakukan…

Foto

Tanggapan PTPN V Soal Dugaan Paksa Karyawan Mengundurkan Diri

RIAUBOOK.COM - Kabag Humas PTPN V Sampe Sitorus yang dihubungi terpisah sebelumnya menjelaskan, bahwa kronologi pemecatan dengan indikasi pemaksaan pemunduran…

Foto

Ombudsman Riau Tunggu Laporan Karyawan PTPN V Terkait Dugaan Pemaksaan Pemunduran Diri

RIAUBOOK.COM - Ketua Ombudsman Perwakilan Riau, Ahmad Fitri menunggu masuknya laporan sejumlah karyawan PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V)…

Foto

VIDEO: 50 Juta Rakyat Indonesia Tak Gratis Nonton Piala Presiden

RIAUBOOK.COM - Sebanyak 50 juta jiwa rakyat Indonesia yang menjadi pelanggan TV Kabel harus merogoh kocek untuk dapat menonton Piala…

Foto

Infografis & Video: 2.806,19 Hektare Lahan Riau Terbakar Diawal 2019

RIAUBOOK.COM - Kebakaran lahan yang terjadi sepanjang tiga bulan terakhir pada awal 2019 mengakibatkan 2.806,19 lahan di Riau hangus.Berikut infografis…

Foto

Meski Titik Api Sudah Nihil, Camat Sungai Apit Minta Masyarakat Tetap Siaga

RIAUBOOK.COM - Beberapa waktu lalu, kebakaran lahan terjadi di beberapa titik di Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, namun api bisa…

Foto

Praktisi Hukum: PTPN V Bisa Dipidanakan karena Paksa Karyawan Mengundurkan Diri, Indikasi Perusahaan Bangkrut?

RIAUBOOK.COM - Indikasi zalim atau pemaksaan terhadap sejumlah karyawan PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) untuk mengundurkan diri bisa dilaporkan…

Foto

50 Juta Rakyat Indonesia Tak Nonton Piala Presiden, GOTV: Negara Tak Adil

RIAUBOOK.COM - Terdapat sekitar 50 juta jiwa warga negara Indonesia menjadi pelanggan TV kabel dan mereka menjadi korban ketidakadilan negara…

Foto

29 Tahun Megabdi di PTPN V, Abdul Khalid Dipecat Tanpa Tunjangan

RIAUBOOK.COM - Seperti biasanya, Abdul Khalid Pasaribu memulai aktivitas sebagai mandor di Afdeling I, Kebun Inti Sei Pagar, Kabupaten Kampar,…

Foto

Tanda-tanda Gebetan Jatuh Cinta Pada Mu, Lihat Bahasa Tubuhnya

RIAUBOOK.COM - Ingin mencari tahu gebetan Anda balik mencintai atau tidak? Maka sesungguhnya bisa dilihat dari bahasa tubuhnya ketika bertemu…

Foto

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian

RIAUBOOK.COM, BANYUMAS - Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan…

Foto

KPK Didesak Usut Proyek Rusun Senilai Rp12,6 Miliar di Kuansing Mangkrak

RIAUBOOK.COM - Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak untuk mengusut proyek rumah susun MBR Riau I di Kuantan Singingi (Kuansing)…

Foto

'Merah Putih' di Kolong Jembatan, Sepenggal Kisah di 'Kota Madani'

RIAUBOOK.COM - Sekelompok bocah yang harusnya mengenyam pendidikan formal di bangku Sekolah Dasar (SD), Sabtu (9/3/2019) siang terlihat saling bercengkrama…

Foto

JSM FPR 3 Maret Angkat Tema "Anti Hoax", Dibuka Menko Kemaritiman & Gubernur Syamsuar

RIAUBOOK.COM - Jalas Sehat Merakyat (JSM) Forum Pemred Riau (FPR) yang akan dilaksanakan pada 3 Maret 2019 pukul 06.00 WIB…

foto

Pendidikan