Tips Berbisnis Agar Sukses

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Berbisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, salah langkah gulur tikar, tali jika berhasil akan membuat mimpi menjadi nyata.

Untuk diketahui, hampir sebagian besar orang memimpikan menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.

Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental sekuat baja, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan matang.

Nah, kira-kira hal apakah yang dibutuhkan untuk mulai membangun usaha Anda hingga sukses? Dikutip dari Cermati.com, simak 20 rahasia sukses membangun bisnis mulai dari nol berikut ini:

1. Yakinkan dirimu

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, Anda akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang Anda bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Persiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan Anda jalankan nanti. Anda bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

3. Berpikir "Out of The Box"

Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

4. Siapkan "Visi dan Misi" yang jelas

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki fleksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya, jangan lupa sertakan "Visi dan Misi" yang jelas usaha yang tengah Anda rintis.

5. Organisir diri

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha Anda. Sederhananya, jika Anda tak bisa mengorganisir diri, bagaimana Anda akan mengorganisir semua elemen bisnis Anda?

6. Rajin membuat catatan

Catat semua hal penting yang Anda dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang Anda hadapi saat mengelola usaha Anda. Dengan harapan, bila waktunya tiba, Anda tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalaman Anda.

7. Fokus pada satu bisnis dulu

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang Anda kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pebisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri Anda pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

9. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Salah satu rahasia kesuksesan adalah "proses belajar". Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada "naik dan turun". Saat bisnis yang Anda kelola sedang di atas angin, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis Anda sedang lesu, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

11. Jalankan bisnis yang Anda sukai

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, Anda dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

12. Jalankan bisnis yang Anda kuasai

Bicara bisnis tentu bicara keuntungan. Ada kalanya hal yang Anda sukai kurang menguntungkan, baiknya Anda kesampingkan dulu hal yang Anda sukai dan fokus kepada yang Anda kuasai. Pahami potensi Anda, lalu terapkan ke dalam fokus bisnis Anda.

13. Siapkan modal usaha

Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama soal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis Anda berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.

14. Lihat peluang bisnis

Sedikit bocoran, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Nah hal ini adalah contoh peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Anda bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

15. Tentukan target pasar

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun, jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

16. Persiapkan operasional

Pastikan semua kebutuhan bisnis Anda dapat dipenuhi oleh alat atau mesin penunjang operasional. Anda bisa mempersiapkannya dengan cara membeli atau menyewa. Tergantung dangan besarnya modal yang sudah ada.

17. Pilih SDM yang tepat

Sumber daya manusia adalah salah faktor krusial apakah bisnis Anda dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin Anda mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang Anda pekerjakan mendatangkan manfaat alih-alih mudarat.

18. Pahami kompetisi

Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari pesaing Anda. Jangan malu mengakui keunggulan pesaing Anda, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaing Anda, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana Anda bisa menjadi lebih unggul.

19. Mental baja

Satu kali pasti bisnis Anda akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang Anda butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa Anda raih.

20. Action

Hal terpenting dari membangun bisnis adalah "memulai". Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertama Anda menuju kesuksesan.

Sumber cermaticom

foto

Terkait

Foto

BPJS Kesehatan Terancam Defisit Rp28 Triliun

RIAUBOOK.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, terancam mengalami defisit hingga Rp28 triliun bila pemerintah tidak memberikan dana talangan…

Foto

Ingin Tahu Harga Emas Hari Ini, Lihat Dorongan Kebijakan AS

RIAUBOOK.COM, AS - Pelemahan kondisi ekonomi global tak selamanya membuat harga emas atau logam mulia terpuruk dan tak stabil. …

Foto

Bank Riau Kepri Punya Kantor Baru di Bagansiapiapi, Kemarin Diresmikan Suyatno

RIAUBOOK.COM - PT Bank Riau Kepri (BRK) memunyai kantor baru di Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil) yang telah diresmikan oleh Bupati…

Foto

Lion Air Turunkan Harga Tiket Mulai Minggu Ini

RIAUBOOK.COM - Maskapai penerbangan Lion Air segera akan menurunkan harga tiket pesawatnya mulai Rabu, 24 Juli 2019. "Ya…

Foto

Pertumbuhan Ekonomi China Melemah Akibat Tekanan dari Luar dan Dalam Negeri

RIAUBOOK.COM - Dalam kurun waktu 30 dekade terakhir, kuartal II-2019 menjadi periode terparah pertumbuhan ekonomi China sejak 1992, yakni tercatat…

Foto

Apresiasi Konsumen, Kemilau BFI Bagi-Bagi Expander dan Beragam Hadiah

RIAUBOOK.COM - BFI Finance memilih Kota Pekanbaru sebagai tuan rumah pertama dalam pelaksanaan Program Kemilau BFI 2019. Program tersebut…

Foto

Lifting Minyak Bumi Riau Tahun 2019 Turun

RIAUBOOK.COM - Target lifting minyak bumi Provinsi Riau pada tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, target…

Foto

TW I 2019, PNBP Batubara Riau Capai Rp25 Miliar

RIAUBOOK.COM - Hingga triwulan (TW) I 2019, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang disumbangkan Riau dari sektor batubara tercatat telah…

Foto

Disperindagsarkop dan UMKM Pelalawan Taja Pelatihan Kerajinan Quilting

RIAUBOOK.COM - Dinas Perindustrian Perdagangan, Pasar Koperasi dan UMKM Kabupaten Pelalawan, Riau, melaksanakan kegiatan pelatihan kerajinan quilting, bertempat di gedung…

Foto

Gubri Presentasi Ekonomi Kreatif di Jakarta, Seperti Apa di Riau?

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Syamsuar menjadi salah satu dari dua kepala daerah yang mendapat kehormatan untuk mempresentasikan dukungan pemerintah daerah…

Foto

Perhatian RAPP untuk Jemaah Haji Pelalawan, Beri Bingkisan Perlengkapan

RIAUBOOK.COM - Ratusan Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Pelalawan menerima paket bingkisan perlengakapan pribadi dari PT Riau Andalan Pulp…

Foto

Dibuka Wapres JK, Hari Ini Pemprov Riau dan RAPP Tampil di Pekan LHK 2019

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) ke-23 tahun 2019 kembali digelar. Ajang Pameran Lingkungan terbesar di Indonesia…

Foto

Ekonomi Riau Triwulan II Tahun 2019 Tumbuh 2,88 Persen

RIAUBOOK.COM - Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah Provinsi Riau merilis ekonomi di wilayah setempat tumbuh sebesar 2,88 persen pada triwulan…

Foto

BRK Kerjasama Developer Bangun Masjid, Wawako Ayat: Semoga Jadi Bank Riau Syariah

RIAUBOOK.COM - Bank Riau Kepri (BRK) kerjasama mitra developer Perumahan Bumi Mi'raj Riau PT Agung Selaras Grup membangun masjid di…

Foto

Juli 2019, FIFGROUP Grebeg Dua Pasar Tradisional di Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - PT Federal International Finance atau yang disebut dengan FIFGROUP (Anak perusahaan dari PT Astra International Tbk), tahun ini…

Foto

Upaya Pembenahan BUMD Tuah Sekata, Pemkab Pelalawan Lakukan Tiga Hal Ini

RIAUBOOK.COM - Pasca pencabutan Keputusan Bupati Pelalawan tentang pengangkatan Direktur Utama (Dirut) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tuah Sekata, pemerintah…

Foto

Fluktuasi Harga Komoditi Perkebunan Berdampak bagi Perekonomian Riau, Ini Strategi Gubri

RIAUBOOK.COM - Tidak menentunya harga komoditi perkebunan yang cenderung terpuruk pada level yang mengkhawatirkan, berdampak bagi roda perekonomian Provinsi Riau.Karena…

Foto

BRK Raih Banking Service Excellence Awards 2019

RIAUBOOK.COM - Bank Riau Kepri raih prestasi nasional pada ajang Banking Service Excellence Award 2019, dengan memborong juara 1 pada…

Foto

Kerja Gaji Pas-pasan? Ini Bisnis Sampingan yang Pas untuk Tambahan

RIAUBOOK.COM - Menjadi karyawan di salah satu perusahaan menjadi dambaan, namun tidak sepenuhnya pendapatan dapat menutupi kebutuhan hidup. Status…

Foto

Usaha Budidaya Ikan di Riau Harus Mengantongi Izin

RIAUBOOK.COM - Budidaya Ikan merupakan sebuah usaha yang banyak diminati oleh masyarakat di sejumlah wilayah Provinsi Riau.Tingginya permintaan pasar membuat…

foto

Wisata dan Gaya Hidup

Foto

Fasilitas Camping 'Bintang Lima' akan Dikembangkan di Danau Toba

RIAUBOOK.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan mengembangkan Glamorous Camping Dikembangkan di Danau Toba Seiring Pembangunan Infrastruktur pariwisata di wilayah…

Foto

Waroeng Kolong, Nikmati Ayam Sampai ke Tulangnya

RIAUBOOK.COM - Waroeng Kolong menjadi gerai satu-satunya di Pekanbaru, Riau, yang menawarkan jaminan kenikmatan bagi pelanggan, pecinta kuliner. "Makanan…

Foto

Jumat Berkah, Waroeng Kolong Berbagi Mie Rebus di Masjid RS PMC Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Waroeng Kolong, sebagai gerai makanan beralamat di Jalan Lembaga Pemasyarakatan, nomor 22 D, Pekanbaru, Riau, membagi-bagikan mie rebus…

Pendidikan