Lembaran Baru DPRD Pelalawan, Tiga Pimpinan Diambil Sumpah dan Janji

RIAUBOOK.COM - Jabatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2014 - 2019 telah berakhir pada tanggal 27 Agustus 2019.

Untuk itu Sekretaris DPRD Kabupaten Pelalawan langsung menggelar Rapat Paripurna Pelantikan 35 anggota terpilih masa jabatan tahun 2019 - 2024 sekaligus penetapan pimpinan sementara, bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa (27/8/2019).

Pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan yang definitif merupakan suatu syarat yang terdapat di alat kelengkapan DPRD Kabupaten Pelalawan.

Setelah sempat menunggu hampir tiga minggu lamanya, akhirnya pimpinan sementara DPRD Kabupaten Pelalawan kembali menggelar rapat pengucapan sumpah dan janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2019 - 2024, bertempat di Ruang Rapat Paripurna lantai II Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan, Pangkalan Kerinci, Senin (23/9/2019).

Kali ini sumpah dan janji pimpinan dilakukan terhadap tiga orang yang terdiri dari satu ketua yang didampingi oleh dua orang wakil ketua.

Ketiga pimpinan tersebut yang diambil sumpah dan janjinya adalah Adi Sukemi ST MM yang berasal dari Fraksi Partai Golkar. Adi Sukemi ditunjuk sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2019 - 2024.

Kemudian Syafrizal SE dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Wakil Ketua I dan Anton Sugianto berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) menjabat Wakil Ketua II.

Pengambilan sumpah dan janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan di ruang rapat paripurna lantai II Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan dihadiri oleh Perwakilan Gubernur Riau, Pimpinan dan Anggota DPRD Riau, Bupati Kabupaten Pelalawan HM Harris, Wakil Bupati H Zardewan.

Selain itu hadir pula Sultan Pelalawan Asaidis Syarif Haji Tengku Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan, 35 Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan Tengku Mukhlis, Forkopimda Kabupaten Pelalawan, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Tokoh Pendiri Kabupaten Pelalawan.

Kemudian, para staf ahli Bupati beserta Asisten, mantan Bupati, mantan Wakil Bupati dan mantan sekretaris daerah Pelalawan, Sekretaris daerah kabupaten/kota se-Provinsi Riau, pimpinan perangkat daerah dilingkungan Kabupaten Pelalawan, Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu Kabupaten Pelalawan, Camat se-Kabupaten Pelalawan, pimpinan perusahaan, organisasi politik dan sosial kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan alim ulama, Cerdik Pandai juga para Undangan.

Pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan ini dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Melinda Aritonang SH. MH.

Peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan 2019 - 2024 ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 165 ayat (5) yang menyebutkan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota. Di mana sebelum memangku jabatannya pimpinan tersebut harus mengucapkan sumpah/janji yang dipandu Ketua Pengadilan Negeri.

Berikut nama-nama pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan yang diresmikan dengan Keputusan Gubernur Riau Nomor : KPTS. 1028/IX/2019 Tanggal 19 September 2019;

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST. MM yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Pelalawan, ditunjuk berdasarkan surat rekomendasi dari DPP Partai Golkar. Lalu Wakil Ketua I Syafrizal SE yang juga adalah Ketua DPC PDIP Kabupaten Pelalawan, ditunjuk berdasarkan rekomendasi PDIP. Kemudian Anton Sugianto yang ditunjuk melalui rekomendasi PAN. Untuk Anton Sugianto menjadi anggota DPRD Kabupaten Pelalawan merupakan yang pertama. Begitu juga halnya menjabat sebagai Wakil Ketua.

Dalam pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Melinda Aritonang SH MH menyebutkan, janji dan sumpah yang saudara ucapkan bukan hanya kepada manusia tetapi kepada tuhan yang maha esa.

"Ingatlah, Tuhan tahu apa yang ada di dalam diri maupun pemikiran saudara," kata Melinda Aritonang dengan suara yang cukup tegas dan keras.

Terlihat ketiga pimpinan tersebut ketika disumpah dan mengucapkan janji dilakukan secara agama Islam didampingi Kepala Kantor Urusan Agama Pangkalan Kerinci.

Seusai disumpah dan pengucapan janji, ketiga pimpinan DPRD tersebut langsung menduduki kursi pimpinan di depan bersamaan dengan Bupati Pelalawan HM Harris untuk memimpin rapat paripurna DPRD Kabupaten Pelalawan.

Dalam tata tertib DPRD sebagai pimpinan yang baru, berkesempatan memberikan kata sambutannya.

Pada sambutan perdana pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan yang baru, Adi Sukemi, ST. MM mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah atas kepercayaan yang diberikan untuk dapat duduk di kursi pimpinan legislatif ini.

"Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh anggota DPRD terpilih juga warga masyarakat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan kepada kami untuk menjadi pimpinan DPRD," ujar Ketua DPRD Adi Sukemi.

Dijelaskan lagi olehnya, fungsi DPRD adalah Legislasi, anggaran dan pengawasan. Untuk itu dibutuhkan saling pengertian dan kerjasama yang baik diantara kedua belah pihak dengan tujuan yang sama.

"Tentu, dengan adanya ikatan saling mengerti akan akan menghasilkan kesejahteraan kehidupan masyarakat sesuai visi dan misi yang ada," tuturnya.

Foto: Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST. MMsaat memberi sambutan usai pengambilan sumpah dan janji.

Terkait dengan pemerintahan daerah, kata dia, bagi DPRD posisi Kepala Daerah dan DPRD adalah setara dan memiliki hubungan kerja yang bersifat kemitraan.

"Jadi secara operasionalnya kita adalah mitra kerja dalam membuat kebijakan daerah dalam membuat kebijakan dan penyelengaraan oemerintah sesuai dengan kewenangan dan fungsi masing-masing," terangnya lagi.

Masih menurut Adi Sukemi, tanggung jawab yang diemban DPRD adalah melakukan pengembangan kehidupan demokrasi, menjamin keterwakilan rakyat dan daerah dalam melaksanakan tugas dan kewenangan. Selain itu mengembangkan hubungan nekanisme chek and balance serta meningkatkan kualitas produktifitas dan kinerja.

"Semua ini demi keadilan dan kesejahteraan rakyat kabupaten Pelalawan," ungkapnya.

Semua ini dikarenakan DPRD itu merupakan salah satu pelaksana otonomi daerah. "Namun bukan berarti memiliki kebebasan dalam membuat oeraturan, karena masih di atasi oleh undang-undang,"jelas Adi Sukemi.

"Oleh karena itu setiap gerak dan langkah sebagai anggota DPRD selalu menjadi pusat perhatian masyarakat. Dan itu merupakan hal yang wajar karena merupakan representasi dari masyarakat dan rakyat di kabupaten ini. Jabatan itu pada dasarnya adalah amanah yang tercermin dari adanya tunjuk ajar yang mempunyai sifat iman dan taqwa, sifat terpercaya, tahu tanggung jawab, jujur dan setia," tambahnya.

Diakhir sambutannya Ketua DPRD yang juga merupakan anak dari Bupati Pelalawan HM Harris ini meyebutkan bahwa masih ada pekerjaan yang sudah menunggu mereka berupa pembahasan APBD tahun anggaran 2020.

"APBD ini harus sungguh-sungguh mendapatkan perhatian dan pemikiran kita bersama agar fokus pada program yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan rencana strategis yang telah disepakati bersama," katanya seraya menambahkan bahwa dengan telah ditetapkan nya pimpinan dan juga pimpinan fraksi maka DPRD sudah bisa memulai kerja dengan secepatnya menggelar rapat pembentukan alat kelengkapan dewan yang lainnya.

Sementara, Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutan di depan pimpinan dan seluruh anggota DPRD juga undangan menyampaikan ucapan selamat atas pengesahan menjadi pimpinan DPRD.

"Peresmian ini adalah awal bagi saudara-saudara dalam melaksanakan tugas sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan. Maka dari itu saya yakin dan percaya kita dapat bekerjasama dan saling mengisi demi tercapainya kesejahteraan masyarakat demi terwujudnya Pelalawan Emas," ujar Harris.

Dijelaskannya, pengambilan sumpah dan janji pimpinan DPRD Pelalawan ini merupakan proses politik yang dilakukan sebagai pemenuhan amanat undang-undang.

"Untuk itu saudara sekalian perlu menyesuaikan diri serta mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman," terangnya lagi.

Ditambahkannya DPRD mempunyai tugas seperti membentuk peraturan daerah bersama pemerintah daerah termasuk melaksanakan penyusunan APBD. Selain itu dewan juga melakukan pengawasan terhadap penegakan perarturan daerah dan peraturan Bupati.

"Jadi fungsi dan tugas DPRD tersebut adalah legislasi, e-budgeting dan pengawasan. Juga ada wewenang yang lain yang diatur dalam perundang-undangan," ucap Harris.

Masih kata dia, banyak progam yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Saya berharap agar DPRD dan Stakeholder lainnya dapat menjalin kerjasama dan sinergi dalam mewujudkan kesejahteraan masyrakat. Berhasil atau tidaknya penyelenggaran pembangunan itu semua tergantung peran saudara-saudara semua," kata Bupati mengakhiri.

Untuk diketahui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan dijabat oleh 35 anggota dari berbagai lintas partai.35 anggota DPRD tersebut berisi 20 wajah baru dan 15 wajah lama.

Dalam alat kelengkapan DPRD akan ada fraksi, komisi, Badan Kehormatan (BK), Badan Legislatif (Baleg), Badan Anggaran (Banggar) serta Badan musyawarah (Bamus).

Untuk fraksi akan mempunyai 7 fraksi, yang di antara 5 fraksi murni dan 2 farksi gabungan. Ada 7 fraksi yang mengisi lembaga DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan 2019-2014.

Foto: Para anggota DPRD Pelalawan saat rapat pengucapan sumpah dan janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2019 - 2024.

Fraksi-fraksi tersebut adalah, Fraksi Partai Grapat pengucapan sumpah dan janji pimpinan definitif DPRD Kabupaten Pelalawan masa jabatan tahun 2019 - 2024, Fraksi Golkar dengan Ketua Baharudin, Fraksi PDIP dipimpin Sozifao Hia, kemudian Fraksi PAN dengan Ketua Nazaruddin Arnazh lalu Fraksi Gerindra sebagai Ketua Andre Fransiscus Pane, Fraksi PKB Ketua Rahman Widjayanto, Fraksi Demokrat dan PKS di Ketuai Monang Pasaribu dan terakhir Fraksi Pembangunan Hati Nurani dinakhodai Junaidi Purba.

Sekretaris DPRD Kabupaten Pelalawan Tengku Ridwan Mustafa menyampaikan, dalam Surat Keputusan telah ditetapkan nama - nama pimpinan DPRD dan nama pimpinan fraksi maka dengan ini diharap kedepannya sudah bisa memulai kerja dalam melaksanakan fungsi kelembagaan. "Sudah bisa menyusun alat-alat kelengkapan dewan yang lainnya secepatnya," ucap Ridwan. (Adv)

foto

Terkait

Foto

Sah, Adi Sukemi Pimpin DPRD Pelalawan

RIAUBOOK.COM - Setelah sempat hampir satu bulan lamanya menjadi pimpinan sementara, akhirnya tiga orang pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah…

Foto

Supriyanto Ambil Formulir Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan dari PDIP

RIAUBOOK.COM - Didampingi puluhan kader, mantan Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Pelalawan Supriyanto mengambil formulir penjaringan Bakal Calon…

Foto

Tokoh PAN Riau Dukung Zulkifli Hasan

RIAUBOOK.COM - Tokoh Partai Amanat Nasional (PAN) Riau yang pernah duduk di DPRD Provinsi Riau, Ir. H. Fendri Jaswir, MP…

Foto

KPU Nyatakan PDIP Peroleh Kursi Terbanyak di Parlemen

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) memperoleh suara sah…

Foto

Musyafak Asikin, Nakhoda Berlayar Menuju Tahta Bengkalis?

RIAUBOOK.COM - Selama kurang lebih 25 tahun, Musyafak Asikin mengabdikan diri menjadi penerus 'nenek moyang' sebagai nekhoda yang kerap menyeberangi…

Foto

Amien Rais Bersurat: Alangkah Hina dan Malu Jika PAN Gadaikan 'Akidah' Gabung dengan Koalisi Jokowi

RIAUBOOK.COM - Amien Rais dalam suratnya menyebut, jikaPartai Amanat Nasional (PAN) bergabung dengan koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024,…

Foto

Luhut Panjaitan: Dari Dulu hingga Kini Jokowi Tetap Sederhana

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Semua relawan pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk tidak menaruh kebencian dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan, demikian…

Foto

Gerindra Dukung Anak-anak Jokowi Pimpin Solo?

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Bursa calon kepala daerah untuk Kota Solo kian mengerucut dan yang mengejutkan mengapung dua nama yang merupakan…

Foto

Gerindra dan PDIP Miliki Kesamaan, Begini Kata Wakilnya Prabowo

RIAUBOOK.COM, JAKARTA -Ada kemungkinan Gerindra akan mendukung pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin dengan sejumlah partai lainnyabyang sebelumnya merupakan…

Foto

Ini Dia Calon Ketua MPR Dari Gerindra

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Kursi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024 saat ini menjadi rebutan sejumlah partai politik, bahkan Gerindra…

Foto

Yakin Peroleh 60 Persen Suara DPD Golkar, Airlangga Tak Pusing Hadapi Munas

RIAUBOOK.COM - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yakin dirinya mampu memperoleh dukungan suara Dewan Pengurus Daerah (DPD) se-Indonesia lebih…

Foto

Partai Golkar Pelalawan Siapkan Dua Nama Untuk Menjadi Ketua DPRD

RIAUBOOK.COM - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Pelalawan, telah rampung menggelar rapat pleno pengurus harian…

Foto

Ada Kecenderungan Prabowo Ikut Jokowi?

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Kaca mata pengamat politik memandang pertemuan Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri memberi dampak besar terhadap penialain publik,…

Foto

Giliran Nasdem Komentari Porsi 55-45 Ala Amien Rais

RIAUBOOK.COM - Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Jhonny Gondangdia Plate menilai Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais lebih…

Foto

Soal Rekosiliasi 55-45 Keinginan Amien Rais, Ruhut Lontarkan Pernyataan Mengejutkan

RIAUBOOK.COM - Ruhut Sitompul secara terang-terangan mengomentari keinginan Amien Rais soal pembagian porsi 55-45 dalam rekonsiliasi Joko Widodo (Jokowi) dengan…

Foto

Incar Kursi Mentri Kabinet Jokowi, Wasekjen PPP: Minimal Dua

RIAUBOOK.COM - Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ade Irfan Pulungan berharap partainya mendapat minimal dua kursi di kabinet baru…

Foto

Soal 55-45 Keinginan Amin Rais, Gerindra Malah Tegaskan Tak Ada Bicara Posisi Menteri

RIAUBOOK.COM - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang sebelumnya sempat mencuatkan porsi pembagian 55-45 pasca rekosiliasi…

Foto

AMRB Desak Caleg DPRD Riau Terpilih NJ Didiskualifikasi, KPU Pekanbaru: Bukan Wewenang Kami

RIAUBOOK.COM - Puluhan orang yang mengaku sebagai Aliansi Mahasiswa Riau Bersatu (AMRB) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru,…

Foto

Sidang PHPU, Rusidi Minta Hakim MK Izinkan Anggota Bawaslu Bengkalis Beri Keterangan

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Dalam sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang berlangsung sekitar tiga jam di Mahkamah Konsitusi pada Kamis…

Foto

DKPP Copot Ketua Bawaslu Surabaya Lantaran Tak Netral di Pemilu 2019

RIAUBOOK.COM, SURABAYA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) secara resmi memberhentikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya Hadi Margo…

Pendidikan