Kembali Melonjak, 11 Kasus Positif Covid-19 Terkonfirmasi di Riau

RIAUBOOK.COM - Laju penularan covid-19 di Provinsi Riau terus mengalami peningkatan, hingga Minggu (19/7/2020) akumulasi kasus positif di wilayah setempat tercatat telah mencapai 272 kasus, dengan rincian 36 orang dirawat, 225 orang sehat dan sudah dipulangkan, dan sementara 11orang lainnya meninggal dunia. 

Pasca adanya penambahan 5 kasus positif per hari dalam jangka waktu dua hari terakhir, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau kembali mengumumkan adanya lonjakan 11 kasus positif pada Minggu (19/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yunani Nazir mengatakan, penambahan 11 kasus positif covid-19 yang terkonfirmasi hari ini, tersebar di sejumlah kabupaten/kota di wilayah setempat.

Sejumlah pasien yang terkonfirmasi tersebut, terang Mimi, memiliki riwayat perjalanan dari luar kota. Seperti dari Sumsel, Sumut, Sumbar dan beberapa daerah lainya.

Lanjutnya, 11 pasien positif ini terkonfirmasi dari hasil swab massal. Beberapa di antaranya terjaring saat pengurusan persyaratan untuk bepergian ke luar kota.

"Untuk itu kita kembali menghimbau kepada masyarakat agar bisa tetap waspada dan bisa mempertimbangkan kembali untuk melakukan perjalanan. Terutama pada daerah terangkit Covid-19," jelasnya. 

Terkait penambahan 11 orang pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Riau pada Minggu (19/7/2020), berikut datanya:

Pasien ke-262 yang terkonfirmasi positif covid-19 di Riau, berinisial RA (35). Yang bersangkutan sebelumnya menjalani rapid test untuk syarat bepergian ke luar kota.

Dari hasil rapid test, RA menunjukkan gejala reaktif. Terhadap pasien tersebut kemudian dilakukan pemeriksaan swab sebanyak dua kali, dan hasilnya dinyatakan positif covid-19.

RA dilaporkan memiliki riwayat perjalanan perjalanan dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat. 

Selanjutnya, pasien ke-263 positif covid-19 di Riau adalah Tn. EES (33), merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Pasien EES datang sebelumnya sempat mendatangi salah satu rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru dengan keluhan nyeri kepala, nyeri ulu hati dan mengalami muntah.

Yang bersangkutan kemudian dilakukan pemeriksaan swab pada tanggal 15 Juli 2020. Hasilnya, pasien EES dinyatakan positif covid-19.

Gugus tugas setempat masih belum mengetahui riwayat penularan dari EES karena pasien ini tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19 sebelumnya.

Pasien ke-264 positif covid-19 di Riau adalah Tn. H (30), merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak. Saat ini pasien tersebut sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Pasien H, sebelumnya diketahui melakukan rapid test mandiri untuk keperluan kembali ke Kota Palembang, namun hasilnya reaktif dan kemudian dilanjutkan pemeriksaan Swab pada tanggal 16 Juli 2020 di salah satu Rumah Sakit Swasta yang ada di Kota Pekanbaru.

Dari pemeriksaan swab, pasien H dinyatakan positif covid-19. Yang bersangkutan dilaporkan memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatra Selatan pada tanggal 7 Juli 2020.

Pasien ke-265 positif covid-19 di Riau adalah Tn. A (30), merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Pasien A merupakan kontak erat dari kasus positif Ke-242, yakni Tn. R (26) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan.

Pasien ke-266 positif covid-19 di Riau adalah Ny. FA (29), merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Pasien FA merupakan kontak erat dari pasien kasus positif ke- 242, yakni Tn. R (26) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan.

Pasien ke-267 positif covid-19 di Riau adalah Tn. RP (31), merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Pasien RP merupakan kontak erat dari pasien kasus positif ke-242, yakni Tuan. R (26) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan.

Pasien ke-268 positif covid-19 di Riau adalah Tn. S (36), merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak.

Pasien S jugamerupakan kontak erat dari kasus positif ke- 242, yakni Tn. R (26) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan.

Pasien ke- 269 positif covid-19 di Riau adalah Ny. EM (35), merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Kampar.

Pasien EM sebelumnya melakukan rapid test yang dilakukan oleh tempatnya bekarja. Hasil rapid test tersebut dilaporkan reaktif.Terhadap yang bersangkutan, kemudian dilakukan Swab pada tanggal 15 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan positif covid-19.

Terkait riwayat penularan pasien EM masih belum Dika lantaran yang bersangkutan tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19.

Pasien ke- 270 positif covid-19 di Riau adalah MAM, bayi laki-laki berusia 3 bulan yang merupakan warga Kabupaten Bengkalis. Pasien MAM saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Bengkalis.

Bayi tersebut dilaporkan baru kembali dari Kota Medan pada tanggal 11 Juli 2020, kemudian dilakukan rapid test, hasilnya reaktif.

Lantaran reaktif, terhadap pasien MAM kemudian dilakukan pemeriksaan Swab pada tanggal 14 Juli 2020, hasil pemeriksaan tersebut dinyatakan Positif Covid-19.

Pasien ke- 271 positif covid-19 di Riau adalah Ny. N (31), merupakan warga Kabupaten Rokan Hulu dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Rokan Hulu.

Pasien N merupakan seorang tenaga kesehatan di Kabupaten Rokan Hulu. Dia dinyatakan positif covid-19 setalah mengikuti swab Masal.

Yang bersangkutan dilaporkan memiliki riwayat perjalanan dari Sumatra Utara pada tanggal 1 Juni 2020, Hingga saat ini masih belum diketahui asal penularan terhadap pasien N.

Pasien ke- 272 positif covid-19 di Riau adalah Tn. SAH (30), merupakan warga Provinsi Jambi dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan.

Yang bersangkutan sebelumnha datang ke rumah sakit dengan keluhan sakit tenggorokan dan lemas.

Terhadap pasien SAH sebelumnya juga telah dilakukan rapid test untuk syarat kembali masuk bekerja di salah satu perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Pelalawan.

Di mana, hasil dari hasil rapid test, pasien SAH dinyatakan reaktif dan kemudian dilanjutkan pemeriksaan Swab pada tanggal 16 Juli 2020.

Dari hasil swab, pasien tersebut kemudian dinyatakan positif covid-19. Pasien SAH dilaporkan memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Jambi pada tanggal 16 Juli 2020. (RB/Dwi)

foto

Terkait

Foto

Catherine Wilson Pakai Sabu Bareng Satpam

RIAUBOOK.COM - Aktris Catherine Wilson ditangkap bersama security atau satpam rumahnya yang berinisial J, keduanya mengaku kerap menggunakan sabu bersama.…

Foto

Anggaran Covid-19 di Riau Sudah Realisasi 30 Persen Lebih

RIAUBOOK.COM - Anggaran sebesar Rp477,7 miliar yang telah dialokasikan untuk percepatan penanganan covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Riau telah terealisasi sekitar…

Foto

Tambah 5, Akumulasi Positif Covid-19 di Riau jadi 256 Kasus

RIAUBOOK.COM - Provinsi Riau kembali mencatat adanya penambahan 5 kasus baru terkait penularan covid-19, Jumat (17/7/2020). Dengan demikian, total…

Foto

Sumber APBN, 245 Orang Nakes di Riau Sudah Terima Insentif

RIAUBOOK.COM - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kantor Wilayah Provinsi Riau menyatakan, hingga 2 Juli 2020, ada sebanyak 245 Tenaga Kesehatan…

Foto

Hagia Sophia Jadi Masjid, Israel Ubah Masjid Jadi Bar

RIAUBOOK.COM - Polemik panjang pengalihanfungsi Hagia Sophia menjadi masjid oleh pemerintah Turki mendapat respon positif dan negatif dari berbagai kalangan.…

Foto

DPKH Riau: Covid-19 Tak Pengaruhi Produksi dan Kesehatan Ternak

RIAUBOOK.COM - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan mengklaim bahwa secara umum pandemi Covid-19 tidak…

Foto

Seluruh Hasil Tes Swab Massal di Rohul Negatif

RIAUBOOK.COM - Hasil tes swab massal yang sebelumnya sempat digelar di sejumlah lokasi, di Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu…

Foto

Tambah 3, Total Positif Covid-19 jadi 246 Kasus

RIAUBOOK.COM - Provinsi Riau kembali mencatat adanya penambahan 3 kasus positif covid-19 per tanggal 14 Juli 2020. Di mana, 1…

Foto

Kiriman Sampel Swab dari Kabupaten/Kota di Riau Tak Sesuai Target

RIAUBOOK.COM - Jumlah kiriman sampel swab dari kabupaten dan kota di Provinsi Riau untuk pemeriksaan Polymerce Chain Reaction (PCR) masih…

Foto

Punya Alat Baru, Lab Biomolekuer RSUD AA Mampu Periksa 1000 Sampel per Hari

RIAUBOOK.COM - Laboratorium Biomolekuer Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad (RSUD AA) telah memiliki alat baru berupa mesin ekstraksi otomatis…

Foto

Update Covid-19 di Riau, 3 Positif, 3 Sembuh

RIAUBOOK.COM - Perkembangan covid-19 di Provinsi Riau per tanggal 13 Juli 2020, terdapat adanya penambahan 3 kasus baru dan ada…

Foto

Terkait Karhutla, BPBD Riau: Personel Tetap Standby dan Waspada

RIAUBOOK.COM - Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edward Sanger memastikan bahwa wilayah "Bumi Lancang Kuning" pada Minggu…

Foto

Warga Rohul yang Dirawat di Jakarta Sembuh Covid-19

RIAUBOOK.COM - Warga asal Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu yang sebelumnya terkonfirmasi positif covid-19 dan menjalani isolasi serta perawatandi…

Foto

Akumulasi Positif Covid-19 di Riau Capai 240 Kasus

RIAUBOOK.COM - Akumulasi kasus positif covid-19 di Provinsi Riau tercatat telah mencapai 240 kasus pasca pengumuman adanya penambahan 1 kasus…

Foto

Tinggal 4 Daerah di Riau yang Masih Rawat Pasien Covid-19

RIAUBOOK.COM - Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi Riau mencatat per tanggal 12 Juli 2020, hanya tinggal empat kabupaten/kota di…

Foto

Capaian Rapid Tes di Riau 173 Persen

RIAUBOOK.COM - Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan bahwa persentase capaian rapid tes di "Bumi Lancang…

Foto

RSUD Arifin Achmad Tak Ingin Gegabah Cairkan Insentif Tenaga Medis

RIAUBOOK.COM - Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala bentuk administrasi untuk membayar insentif seluruh tenaga…

Foto

GTP Covid-19 Riau Tinjau Tes Swab PCR Massal di Pasar Ujung Batu

RIAUBOOK.COM - Tim Gugus Tugas Penangan (GTP) Covid-19 Provinsi Riau meninjau langsung pelaksanaan tes swab Polymerce Chain Reaction (PCR) di…

Foto

Tiga Pulau Terluar di Riau Abrasi, Syamsuar Beberkan Dampaknya

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan saat ini ada tiga pulau terluar di wilayah pesisir "Bumi Melayu" yang mengalami…

Foto

Gubri Sebut 4 Sungai Besar di Riau Tercemar Limbah

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan bahwa saat ini kondisi 4 sungai besar yang ada di "Bumi Melayu" telah…

foto

Pendidikan