Meski Status Tanggap Darurat Karlahut Resmi Dicabut, Personel di Inhil Tetap Siap Siaga

Jumat, 25 November 2016 - 22:43 WIB 17390000

Meski Status Tanggap Darurat Karlahut Resmi Dicabut, Personel di Inhil Tetap Siap Siaga

Share ke BBM

Riau Book - Seluruh personel serta peralatan pendukung pencegahan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dipastikan akan tetap siaga walau status tanggap darurat karlahut Provinsi Riau telah resmi dicabut Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rahman, kemarin, Jumat (24/11/2016).

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, H Yuspik, saat menggelar koordinasi pasca pencabutan status siaga karlahut di Mapolres Inhil, Jum'at (25/11/2016).

"Dengan resminya status tanggap darurat kemarin oleh Gubernur maka posko karlahut Inhil secara resmi kita tutup pula hari ini. Namun untuk antisipasi, kami tetap menyiagakan personel dan peralatan pendukung pencegahan di lapangan," tegas Yuspik didampingi langsung oleh Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung dan Dandim 0314/ Inhil Letkol Inf J Hadiyanto.

Pada kesempatan itu, Yuspik tak lupa pula menyampaikan terimakasihnya sebagai Kepala Badan Pelaksana (Kalaksa) Posko Karlahut Inhil kepada pihak kepolisian serta TNI yang sudah membantu banyak sehingga karlahut di Inhil pada 2016 jauh menurun di banding tahun lalu.

Diterangkannya, pada 2015 lalu terdapat sekitar 834 hektare lahan yang terbakar di Inhil yang tersebar di empat kecamatan. Sementara di 2016 ini hanya sekitar 80 hektar saja.

"Selain bantuan dari polisi dan TNI, tentu ini juga berkat kesadaran masyarakat yang sudah tinggi akan bahaya membakar lahan tersebut. Disamping didukung pula oleh cuaca yang sering turun hujan," imbuhnya.

Senada dengan Yuspik, Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung menyatakan keberhasilan penanganan Karhutla ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Polri akan terus memback up berbagai potensi kerawanan yang terjadi, seperti karhutla dan bencana lainnya.

"Walaupun tanggap darurat karhutla telah berakhir, namun kami tetap menyiagakan personel dan peralatan pendukung pencegahan di lapangan, sampai tingkat Polsek dan Polpos," tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf J Hadiyanto menegaskan, selama ini personelnya bersama Polri dan stakeholder terkait lainnya telah bekerja maksimal dalam pencegahan dan penanganan Karhutla.

"Alhamdulillah, keberhasilan ini karena sinergi semua elemen, khususnya jajaran Polri dan BPBD," imbuhnya.

Seluruh personel TNI, tetap dalam kondisi siaga jika sewaktu-waktu terhadap bahaya Karhutla, walaupun saat ini masa tanggap darurat Karhutla sudah berakhir. (RB/Hab).



Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
habibie

Berita Terkini

Kabar Duka, Anggota DPRD Siak Azwar Tutup Usia

Rabu, 23 November 2016 - 21:15 WIB

Gubri Terima Bintang Legiun Veteran dari LVRI

Rabu, 23 November 2016 - 20:03 WIB

UMK Kabupaten dan Kota Tinggal Disosialisasikan

Senin, 21 November 2016 - 23:12 WIB

Wakil Gubernur Riau di Tangan Setya Novanto?

Sabtu, 19 November 2016 - 07:00 WIB

Butuh Waktu Dua Bulan Pengerjaan RLH

Jumat, 18 November 2016 - 00:33 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize