foto
Kapolda Riau Hadiri Musrenbang Kabupaten Meranti

Bupati Irwan: Dua Tahun Kedepan, Persoalan Infrastruktur dan Listrik Harus Tuntas

RIAUBOOK.COM- Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tahun 2018, yang digelar di Gedung Afifa Sport Centre Selatpanjang Kamis (16/03/2017), diwarnai dengan beberapa kegiatan.

Mulai dari pengukuhan Saber Pungli, dan juga penyerahan surat tanah hibah Pemkab Meranti kepada pihak Polda Riau. Yang dalam hal diserahkan langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H Irwan Nasir MSi kepada Kapolres Meranti AKBP Barliansyah SIK, disaksikan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara.



Pelaksanaan kegiatan Musrenbang tingkat kabupaten tersebut menjadi begitu spesialis karena turut dihadiri pimpinan tertinggi Kepolisian Daerah Riau tersebut.

Selain dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara, kegiatan ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, Wakil Bupati Drs H Said Hasyim, Sekretaris Bappeda Provinsi Riau, Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan SE, Plt. Sekdakab Meranti Yulian Norwis,SE MM, mewakili Dandim Bengkalis, Kajari Meranti, dan para undangan lainnya.



Bupati Irwan, dalam sambutan singkatnya antara lain mengatakan, kegiatan Musrenbang yang ditaja tersebut memiliki maqna sejarah dalam perjalanan kabupaten muda di Riau itu. Sebab pada saat bersamaan turut dilakukan pengukuhan puluhan pejabat dari berbagai lintas sektor dan instansi tersebut, yang diberi tugas dalam pemberantasan pungutan liar itu.

Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar itu menempatkan Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Barliansyah menjadi Ketua Pelaksana I. Sementara Yulian Norwis yang saat ini menjabat Plt Sekdakab Meranti, dipercaya menjadi Ketua Pelaksana II. Dan disusul oleh puluhan deretan nama pejabat hingga melibatkan seluruh Camat se Kepulauan Meranti. Sedangkan penanggungjawab utama adalah Bupati Kepulauan Meranti, Drs H. Irwan Nasir MSi, diikuti oleh Wakil Bupati Drs. H Said selaku wakil penanggungjawab I.

Pembentukan Saber Pungli Kepulauan Meranti tersebut sesuai dengan surat keputusan nomor 334/HK/KPTS/XII/16/2016, didasari oleh Peraturan Presiden RI.No.87/2016.

Bupati Irwan dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Terutama atas kedatangan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara beserta rombongan di Meranti yang me.

Disebutkan Irwan, dalam rangka mengatasi masalah ketebelakangan dan kemiskinan yang terjadi di Meranti, pihaknya untuk dua tahun kedepan masih fokus melaksanakan pembangunan infrastruktur. Seperti jalan poros yang nantinya akan menghubungkan daratan Kepulauan Meranti dengan daratan Pulau Sumatera di daerah Kabupaten Siak.

Selain peningkatan jalan poros, pemerintah daerah juga akan terus berupaya meningkatkan ratio elektrifikasi hingga seluruh pelosok desa yang ada akan menikmati listrik. Diaukinya, ketertinggalan infrastruktur Meranti yang berimplikasi pada tingginya angka kemiskinan yang terjadi.

Untuk itu sasaran pembangunan untuk dua tahun ke depan masih berkutat dan fokus dalam wilayah pembangunan infrastruktur. Diungkapkannya, juga tercatat tingkat kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti hingga saat ini masih terpaut di angka 34 persen. Menempatkan Meranti menjadi daerah termiskin di Provinsi Riau saat ini.

Kita harapkan dengan pembanguna yang terintegrasi dengan rencana strategis pembangunan Meranti lima tahun kedepan, maka angka kemiskinan itu akan dapat ditekan secara bertahab. Untuk itulah pelaksanaan Musrenbang tingkat kabupaten ini menjadi sangat strategis guna menghitung secara cermat dan sekaligus mempertajam program kerja demi percepatan sasaran pembangunan yang kita harapkan,"urai dia.

Menurut Irwan, upaya pengentasan kemiskinan selama ini juga terus konstan melalui pembangunan di berbagai sektor unggulan. Seperti sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan berbagai sektor lainnya, yang pada intinya untuk dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejehteraan masyarakat.

Selain ketertinggalan berbagai sarana infrastrukur dasar, Meranti sejak lama bahkan hingga saat ini masih saja diberondong oleh terjangan ombak yang mengakibatkan terjadinya abrasi hebat. Abrasi terjadi diberbagai titik pantai terutama garis pantai yang berhadapan langsung dengan laut Selat Malaka.

Ada pengurangan luas daratan pulau yang terjadi secara terus menerus, khususnya di Pulau Rangsang. Dimana sekitar 15 meter daratan pulu tersebut setiap hari menjadi lautan yang tentu akan mengurangi luas daratan teritorial NKRI.

Ini perlu satu penanganan komprehensif bukan saja pemerintah daerah dan provinsi, tapi harus juga melibatkan peran pemerintah pusat,kata Irwan.

Terkait penyerahan surat tanah untuk pembangunan Mapolres Kepulauan Meranti, Irwan menyebutkan niat pemerintah daerah sejalan dengan program pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Meranti.

Dikatakan Irwan, guna mewujudkan harapan masyarakat Meranti tersebut, kehadiran Polres dengan berbagai kelengkapannya menjadi salah satu syarat untuk mendukung kekondusifan Meranti. Diakunya juga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif juga menjadi prasyarat dalam rangka pelaksanaan pembangunan itu sendiri.

Keamanan dan ketertiban masyarakat akan sangat mendukung gerak laju pelaksanaan pembangunan di berbagai setor dan bidang itu. Untuk itulah kehadiran Polres Kepulauan Meranti menjadi sebuah kebutuhan yang sangat strategis.

Bahkan kehadiran sebuah daerah otonomi baru seperti kebupaten juga harus dilengkapi dengan berbagai instansi vertikal lainnya. Saat ini operasional Polres Meranti masih meminjam gedung Mapolsek Tebingtinggi, dengan berbagai keterbatasan yang ada.

Kita sangat berharap dengan dihibahkannya lahan untuk pembangunan Mapolres Kepulauan Meranti maka tidak lama lagi Meranti akan memiliki Mapolres yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung kehadiran Polres itu sendiri,"sebut Irwan lagi.

Sementara itu Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Zulkarnain Adinegara dalam sambutannya mengatakan, berterimakasih setinggi-tingginya buat Pemberintan Kabupaten Kepulauan Meranti, yang telah berhasil mewujudkan pengadaan tanah untuk pembangunan Mapolres yang sangat ditunggu-tunggu tersebut.

Zulkarnaen bahkan pada malam sebelumnya saat gelaran ramah tamah antara Pemkab Meranti dengan Kapolda Riau di Meranti hotel mengakui, pemberian lahan untuk pembangunan Mapolres Meranti itu menjadi cikal bakal akan segra terwujudnya Mapolres sebagaimana mestinya.

Mengenai sertifikat dan pengurusannya barangkali akan saya urus sendiri biar lebih cepat. Sebab untuk mengajukan pembangunan fisik perkantoran mapolres tersebut ke Mabes harus berdasarkan sertifikat. Itu artinya jika nantinya sudah keluar sertifikatnya maka akan langsung kita serahkan ke Mabes untuk selanjutnya diproses dalam rangka melaksanakan pembangunan sebagaimana layaknya sebuah Mapolres,"ujar Kapolda.

Terkait dikukuhkannya Satgas Saber Pungli Meranti, Kapolda Zulkarnaen mengingatkan agar pejabat yang terpilih menjadi bagian dari satgas saber pungli tersebut yang menjadi pihak pertama yang memberikan contoh teladan dalam rangka sapu bersih pungli.

Saya berharap saudara-saudara yang menjadi bagian dari anggota Satgas Saber Pungli bukan justru menjadi pelaku pungli. Ini sangat penting dalam rangka mencapai sasaran menghapus segala bentuk pungutan liar yang membebani masyarakat.

Pemerintah kita saat ini ingin memberikan kemudahan semudah-mudahnya bagi seluruh lapisan masyarakat dalam melaksanakan berbagai urusan di pemerintahan. Dengan demikian masyarakat akan merasa dimudahkan dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Inilah salah satu tujuan pemerintah dalam membentuk saber pungli, dengan demikian secara bertahab nantinya kebutuhan dasar masyarakat akan terbutuhi. Seperti pangan, sandang dan papan.

Jika kebutuhan dasar tersebut masih jauh dari harapan, maka pembangunan itu masih belum bisa dikatakan berhasil. Untuk itulah semua lini diharapkan mendukung program pemerintah, sebab tanggungjawab atas kemajuan bangsa dan negara kita saat ini terletak dipundak pemerintah,"urai Kapolda.(jos/adv/RB)




Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

DPRD Riau Setujui Prakarsa Ranperda Komisi E tentang Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan

Riau Book - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar rapat paripurna tentang jawaban Komisi E DPRD Riau terhadap…

Foto

CSR Dana Kemitraan, Bupati Rohil Harapkan Perusahaan Lain Ikuti Langkah BRK

Riaubook - Bupati Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan apresiasi kepada Bank Riau Kepri (BRK), atas diserahkannya Program Kemitraan Corporate Social…

Foto

Kampar Banjir, BRK Salurkan Bantuan 1.200 Paket Sembako

Riaubook - Bank Riau Kepri kembali salurkan paket sembako bagi masyarakat Kabupaten Kampar yang tertimpa bencana banjir. Kali ini Direktur…

Foto

Peduli Banjir Inhu, BRK Serahkan Paket Sembako untuk Korban Banjir

Riau Book - Bank Riau Kepri menyalurkan bantuan untuk masyarakat korban banjir di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau pada…

Foto

Andi Rachman: Pemprov Siap Bersinergi dengan Pemkab Membangun Daerah

Riaubook - Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rachman, Rabu (08/03/2017), membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Rokan Hulu tahun…

Foto

Ketua Umum PDUI Riau Gandeng Bank Riau Kepri untuk Co Branding

Riau Book - Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK) DR. Irvandi Gustari menandatangani MoU atau perjanjian kerjasama Co Branding dengan…

Foto

BRK Taja Workshop Kesiapan Penerbitan Obligasi

Riau Book - Bank Riau Kepri (BRK) menggelar workshop di Batam, Provinsi Kepulauan Riau yang bertajuk Penerbitan Obligasi PT. Bank…

Foto

BRK Dipercaya Pemkab Lingga Kelola PBB-P2

Riau Book - Bupati Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Alias Wello S.IP yang diwakilkan Sekda Drs. Abu Hasim, MM, menandatangani…

Foto

BRK Dikunjungi Deputi Pemberantasan PPATK, Lihat Pekanbaru dari Lantai 15

Riau Book - Dirut Bank Riau Kepri (BRK) DR. Irvandi Gustari di dampingi Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Eka Afriadi…

Foto

PKPU Pekanbaru Terus Berkarya Membangun Masyarakat Riau

Riaubook - PKPU atau Pos Keadilan Peduli Umat Pekanbaru telah memberikan karyanya kepada masyarakat Riau sebanyak kurang lebih 10.000 penerima…

Foto

Terapkan Transparansi Rekrutmen Pegawai, Gubernur Riau Meresmikan e-recruitment BRK

Riaubook - Guna menerapkan prinsip God Corporate Governance (GCG) dalam proses perekrutan pegawainya, PT. Bank Riau Kepri secara resmi meluncurkan…

Foto

Gubernur Riau Meresmikan e-Recruitment BRK

Riau Book - Untuk menerapkan prinsip God Corporate Governance (GCG) dalam proses perekrutan pegawai, PT Bank Riau Kepri meluncurkan program…

Foto

IMA Chapter Pekanbaru Resmi Dikukuhkan, Irvandi Gustari Terpilih jadi Presiden

Riau Book - Ratusan Pengurus Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Pekanbaru dikukuhkan oleh Direktur Organisasi IMA Pusat Roy Nicholas Mandey…

Foto

Syariah BRK Tingkatkan Kinerja dengan Berbenah Menuju Spin Off

Riaubook - Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari pada Sabtu (28/01/2017) membuka pelatihan bagi 150 pegawai Bank Riau…

Foto

IMA Chapter Pekanbaru Akan Segera Dikukuhkan dan Siap Memajukan Riau

Riaubook — Jumat (27/01/17) yang lalu, pengurus Indonesia Marketing Association (IMA) Pekanbaru bersilaturahmi mengunjungi Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rahman…

Foto

Bank Riau Kepri Undang Ketua BPK RI, Gelar Seminar Nasional Tata Kelola BUMD

Riau Book - Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Dr. Harry Azhar Aziz, M.A menjadi pembicara dalam seminar nasional Tata…

Foto

BRK Perkuat Sinergi Bisnis di Kepulauan Riau

Riau Book - Direktur Utama Bank Riau Kepulauan Riau (BRK), DR Irvandi Gustari dan Komisaris Utama Bank Riau Kepulauan Riau…

Foto

704 Nasabah Jadi Pemenang

Riau Book - Bank Riau Kepri kembali lakukan penarikan undian Sinar Tebar Miliar (STM) tahun keenam periode XII masa pengundian…

Foto

BRK Syariah Pasir Pengaraian Resmi Beroperasi, Irvandi: BRK Pertama SISKOHAT

Riau Book - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sukiman beserta istri Peni Herawati pada Rabu (21/12/2016) meresmikan…

Foto

Provinsi Riau Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Pendidikan

Riau Book - Untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berkualitas, pemerintah Provinsi Riau berkomitmen dalam memperbaiki sektor…

foto

Pendidikan