Bupati Meranti Imbau Seluruh Elemen Dukung Program Forum Anak

RIAUBOOK.COM - Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti meminta kepada Pemerintah Daerah agar meningkatkan perhatian terhadap kebutuhan anak.

Mulai dari standar pendidikan yang merata, hingga perlindungan terhadap tindak kejahatan maupun hal lain yang bersentuhan langsung dengan dunia anak.

Selain itu, anak-anak juga menghrapkan perhatian dari semua pihak, termasuk suguhan nutrisi dan asupan gizi yang sehat, sehingga anak-anak akan tumbuh sehat dan cerdas menuju anak-anak Indonesia yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan.

"Kami meminta juga kepada pemerintah daerah agar membangun fasilitas bermain untuk anak-anak. Sehingga anak anak Meranti nantinya bisa mengembangkan bakat, serta mampu melestarikan budaya lokal," ujar Ketua Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti, Cahya Beladina bersama puluhan anak lainnya usai dikukuhkan sebagai Forum Anak Kabupaten Kepulauan Meranti, masa periode 2017-2019, di aula kantor bupati, Selasa (6/6/2017).

Cahya juga mengatakan, forum anak sebagai wadah pemersatu bagi anak-anak juga berharap kepada semua pihak agar mendukung keberadaan forum dan mampu mendorong kemajuan forum, sehingga anak-anak Meranti ke depan menjadi anak-anak yang cerdas, maju dan berkarakter. Pernyataan Cahya yang tegas ini disambut aplaus tepuk riuh pengunjung, termasuk Bupati Kepulauan Meranti Irwan dan Ketua DPRD Fauzi Hasan serta para undangan lainnya.

Usai pengukuhan, Bupati Irwan dalam sambutannya antara lain mengatakan, kepada semua pihak, kepala OPD maupun instansi vertikal lainnya ke depan agar dapat mendukung program kemajuan forum anak Meranti.

Terutama kepada kalangan pendidik, mulai saat ini agar mulai menggeser sasaran capaian sasaran anak didik. Di mana hingga saat ini anak-anak kita yang belajar mulai dari tingkat dasar hingga ke perguruan tinggi, umumnya masih berharap nantinya bisa menjadi pegawai negeri.

Sehingga terbukti saat ini banyak tamatan sarjana yang rela antre hanya untuk menjadi pegawai honorer di pemerintahan kabupaten.

Jumlahnya sangat banyak, sehingga lulusan universitas tersebut terkesan semata-mata bertujuan untuk menjadi pegawai negeri saja.

Kalau selama ini kita selalu menanamkan cita-cita kepada anak menjadi dokter, polisi, jaksa dan lein sebagainya. Namun kebiasan tersebut harus kita rubah.

Di mana anak sejak dini kita persiapkan menjadi pedagang, pengusaha, petani peternak yang andal. Sehingga ke depan pertumbuhan sektor ekonomi akan bisa lebih cepat.

Kita tidak perlu lagi menuntut ilmu hingga ke negeri Cina, sebab di Meranti sendiri sudah ada pentolan atau tokoh-tokoh yang bisa kita jadikan panutan dalam rangka kemajuan ekonomi.

"Seperti Darwin Susandi yang menjadi anggota Dewan, dan juga pejabat lainnya dari saudara kita suku Tionghoa. Sehingga tidak heran, jika 90 persen kegiatan perdagangan yang ada di Kepulauan Meranti saat ini dipegang oleh saudara kita dari suku Tionghoa," ucap Irwan.

Kepada para orang tua di rumah juga diharapkan sejak saat ini agar mulai merubah pola pikir dalam membentuk karakter anak-anak. Jangan lagi dininabobokkan dengan berbagai cita-cita yang terlalu tinggi, sebab pada kenyataannya toh tidak kesampaian.

Mari kita ajak anak-anak kita sejak kecil untuk menjadi manusa yang produktif bahkan pada akhirnya akan mampu membuka lapangan pekerjaan baru.

"Inilah harapan kita ke depan sehingga pembangunan daerah dan negara kita ini bisa berjalan dengan lancar,sebut Irwan lagi.

Di sisi lain diungkapkan, Meranti hingga saat ini masih menjadi daerah tertinggal dan termiskin untuk Provinsi Riau. Ketertinggalan tersebut atau persentase kemiskinan yang tertinggi itu terjadi memang disebabkan oleh berbagai faktor.

Pertama karena letak Meranti yang berada berpulau-pulau sehingga dengan medan yang sulit secara otomatis mengakibatkan terjadinya berbagai ketertinggalan.

Kita masih jauh tertinggal dalam bidang pembangunan infastruktur dasar. Mulai dari jalan, jembatan, air bersih, listrik, kesehatan dan pendidikan, serta berbagai bidang pembangunan lainnya yang juga sangat dibutuhkan.

Persoalan mendasar yang benar-benar pelik. Sebab membutuhkan dana yang besar juga waktu yang lebih panjang. Sehingga kemajuan yang diharapkan tidak bisa secepat yang kita bayangkan.

Untuk itulah sejak saat ini pembangunan Sumber Daya Manusia juga menjadi salah satu kiat kita untuk percepatan pembangunan Meranti kedepan.

Kepada kalangan pendidik di Meranti hendaknya mampu mengadopsi kebutuhan masyarakat di kepulauan ini sehingga dengan pendidikan formal tersebut nantinya akan bisa ditingkatkan pada jenjang pendidikan untuk mencapai sasaran,"papar Irwan.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial � Kabupaten Kepulauan Meranti Drs Asororudin selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, pentingnya keberadaan Forum Anak tersebut sebagai wadah atau tempat anak-anak menyalurkan bakat dan kemampuan mereka dalam menghadapi berbagai kemajuan.

Melalui Forum tersebut nantinya para anak-anak diberikan kebebasan berkreasi dan menyampaikan pendapat atau permintaan mereka guna perbaikan dan pembelajaran kemandirian anak.

Forum anak-anak tersebut juga sebagai pranata bagi anak dalam menghadapi maupun menyuarakan berbagai persoalan yang mereka hadapi.

Sebagai penyaluran aspirasi anak juga untuk saran membangun jati diri anak sehingga anak-anak Meranti nantinya tumbuh kreatif dan inovatif dalam menyikapi berbagai perubahan.

Terutama untuk mendapat perlindungan dari tindak kejahatan yang mungkin bisa terjadi terhadap anak-anak.

"Mari semua pihak peduli dan meningkatkan keamanan para anak-anak kita sehingga jauh dari tindakan kejahatan,sebut Asrorudin.

Usai pengukuhan itu, Bupati Irwan didampingi Ketua DPRD Fauzi Hasan, juga berkenan melepas burung Merpati, dan para anak-anak dalam waktu bersamaan juga melepaskan balon ke udara. (Jos/Advertorial/RB)


Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

foto

Terkait

Foto

Satpol-PP Pekanbaru Gandeng Kepolisian Maksimalkan Penegakan Perda

RIAUBOOK.COM - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru memang menjadi ujung tombak tertibnya penegakan Peraturan Daerah di wilayah kerja setempat.…

Foto

Realisasi Program Pelalawan Sehat

RIAUBOOK.COM - Pelalawan Sehat adalah salah satu sasaran strategis dalam RPJMD Kabupaten Pelalawan. Untuk mencapai target program Pelalawan Sehat tersebut…

Foto

Galeri Foto Peringatan Harkitnas ke-109 Tahun 2017 Pemkab Rohul

RIAUBOOK.COM - Bupati Suparman memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 109 tahun 2017 di halaman Kantor Bupati, Senin (22/5/2017).Usai…

Foto

Wabup Meranti: Indikator Keberhasilan OPD Dilihat dari Seberapa Besar Dana Diboyong ke Daerah

RIAUBOOK.COM- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Wakil Bupati Drs H Said Hasyim menyebutkan, indikator keberhasilan dari OPD (organisasi pemerintahan daerah),…

Foto

Galeri Foto Paripurna Penyampaian Hasil Reses DPRD Rohul

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar rapat paripurna masa persidangan 11 tahun 2017 tentang…

Foto

Paripurna Istimewa DPRD Kota Dumai sempena Peringatan Hari Ulang Tahun ke-18 Kota Dumai

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Dumai menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)…

Foto

Rapat Paripurna DPRD Riau, Agenda Pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau

RIAUBOOK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau Selasa (25/4/2017) menggelar rapat paripurna dengan agenda Pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi…

Foto

Pekanbaru Menuju Ketahanan Pangan Rumah Tangga

Kota Pekanbaru sebagai kota jasa dan perdagangan sudah dipastikan hampir separuh dari kebutuhan pokok sehari-hari baik beras, sayuran, protein, buah…

Foto

Gubernur: 50 Ribu Warga Riau Sasaran BRK, Irvandi Siap Bidik Proyek Nasional

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengharapkan Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Jakarta dapat meraih pasar potensial, termasuk 50 ribu…

Foto

Dirut Irvandi Gustari: Teknologi BRK Kini Sangat Mumpuni

RIAUBOOK.COM - Pejabat (Pj) Bupati Kampar, Riau, Syahrial Abdi, menandatangani perjanjian kerja sama Pengembangan dan Penggunaan Aplikasi Kasda Online Interface…

Foto

BRK Satu-satunya BPD Penerima Anugerah TOP CSR 2017, Irvandi: Kita Sinergikan

RIAUBOOK.COM - Bank Riau Kepri (BRK) menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) satu-satunya penerima Anugerah TOP Corporate Social Responsibility (CSR) 2017.Kegiatan…

Foto

Pesan Gubernur Riau untuk Bank Riau Kepri dan SDM di Dalamnya

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menjadi Pembina saat penyelenggaraan upacara sempena Hari Ulang Tahun Bank Riau Kepri ke 51…

Foto

Ribuan Anak Yatim Hadiri Tabligh Akbar Bank Riau Kepri, Irvandi: Ini Wujud Syukur

RIAUBOOK.COM - Tabligh Akbar yang merupakan salah satu rangkaian acara sempena hari jadi Bank Riau Kepri ke 51 digelar di…

Foto

Bank Riau Kepri Raih Award Media Relations 2017

RIAUBOOK.COM - PT. Bank Riau Kepri menerima penghargaan pada ajang The 2nd Public Relations Indonesia Awards (PRIA) di Ballroom Hotel…

Foto

Bupati Irwan: Dua Tahun Kedepan, Persoalan Infrastruktur dan Listrik Harus Tuntas

RIAUBOOK.COM- Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tahun 2018, yang digelar di Gedung Afifa Sport Centre Selatpanjang…

Foto

DPRD Riau Setujui Prakarsa Ranperda Komisi E tentang Ranperda Penyelenggaraan Keolahragaan

Riau Book - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar rapat paripurna tentang jawaban Komisi E DPRD Riau terhadap…

Foto

CSR Dana Kemitraan, Bupati Rohil Harapkan Perusahaan Lain Ikuti Langkah BRK

Riaubook - Bupati Rokan Hilir H. Suyatno menyampaikan apresiasi kepada Bank Riau Kepri (BRK), atas diserahkannya Program Kemitraan Corporate Social…

Foto

Kampar Banjir, BRK Salurkan Bantuan 1.200 Paket Sembako

Riaubook - Bank Riau Kepri kembali salurkan paket sembako bagi masyarakat Kabupaten Kampar yang tertimpa bencana banjir. Kali ini Direktur…

Foto

Peduli Banjir Inhu, BRK Serahkan Paket Sembako untuk Korban Banjir

Riau Book - Bank Riau Kepri menyalurkan bantuan untuk masyarakat korban banjir di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau pada…

Foto

Andi Rachman: Pemprov Siap Bersinergi dengan Pemkab Membangun Daerah

Riaubook - Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rachman, Rabu (08/03/2017), membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Rokan Hulu tahun…

Pendidikan