Sandiaga Uno bakal disambut tepung tawar LAM Riau. (ist)

Selasa, 04 September 2018 - 08:53 WIB 35470000

Orang Tua Mantan Pegawai Chevron, Anaknya Sandiaga Uno Bakal Cawapres RI, Lam Riau Mau Tepung Tawar

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Sandiaga Uno, bakal calon Wapres RI yang mendampingi Prabowo Subianto dijadwalkan hari ini akan tiba di Pekanbaru, Riau, untuk melaksanakan berbagai kegiatan politis.

Pihak Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) bahkan telah menyiapkan upacara adat tepuk tepung tawar terhadap pengusaha dan politikus nasional kelahiran Rumbai Pekanbaru, Sandiaga Salahuddin Uno.

Upacara adat Melayu Riau ini akan digelar di Balairung Tenas Effendy Balai Adat Melayu Riau, besok 23 Zulhijjah 1439 Hijriah atau bertepatan dengan Selasa (4/9/18) pukul 15.00 WIB.

Sandiaga tidak datang sendiri ke tanah kelahirannya ini. Melainkan bersama kedua orang tuanya, Razif Halik Uno atau Henk Uno dan Rachmini Rachman Uno yang lebih dikenal sebagai Mien R Uno. Bagi kedua orang tuanya Pekanbaru bukan sesuatu yang asing, karena Henk Uno pernah bekerja di perusahaan minyak Caltex (PT Chevron) sekarang.

Selain itu isteri Sandiaga, Nur Asia dan ketiga anaknya Anneesha Atheera Uno, Smyra Atheefa, dan Sulaiman Saladdin Uno.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan melihat aktivitasnya selama ini, Sandiaga Uno dinilai telah mengharumkan nama Riau. Apalagi pria kelahiran 28 Juni 1969 ini akan ditetapkan sebagai calon wakil presiden RI pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019.

Datuk Seri Syahril mengatakan dari sekitar 260 juta lebih penduduk Indonesia, hanya ada empat nama yang diperkirakan ikut sebagai calon presiden atau calon wakil presiden pada pilpres 2018 nanti, salah satunya adalah Sandiaga yang berasal dari Riau.

"Sandiaga juga mengakui Riau sebagai tanah kelahiran atau 'tanah tumpah darah'-nya. Ungkapan orang tua-tua Melayu tempat jatuh lagi dikenang, inikan pula tempat bermain. Tentunya juga tempat dimana seseorang itu dilahirkan," ujar Datuk Seri Syahril mengutip salah satu ungkapan Melayu.

Datuk Seri Syahril meminta upacara adat tepuk tepung tawar ini tidak disangkutpautkan dengan politik karena murni merupakan upacara adat.

"LAMR tidak terjun dalam ranah politik praktis. Ini lebih kepada adat, Pak Sandi 'kan anak kemenakan kita, beliau lahir dan besar di sini, ayahnya bekerja sampai pensiun di sini," kata Datuk Seri Syahril di sela rapat persiapan Upacara Adat Tepuk Tepung Tawar Terhadap Sandiaga Uno, di Balai Adat Melayu Riau, Senin (2/9/18).

Menurut Datuk Seri Syahril, sebelumnya LAMR juga pernah menggelar upacara adat tepuk tepung tawar yang diberikan kepada tokoh nasional dan lokal antara lain kepada Direktur Eksekutif Yudhoyono Institute Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada November tahun 2017 lalu.

"Pak Kapolda Riau yang baru juga telah kami tepuk tepung tawari Agustus 2018 lalu, Ini sebagai harapan dan doa kita semua semoga beliau berbuat baik di kampung kita dan bisa sukses," kata Syahril.

Datuk Seri Syahril menyadari bakal ada pihak yang menilai LAMR berpihak kepada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 nanti. Untuk itulah, ia merasa perlu memberi penjelasan sehingga jelas duduk perkaranya dimana kegiatan ini semua murni adat.

Sebagaimana diketahui, Sandiaga yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta ditunjuk Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada pemilu presiden 2019.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Panitia Upacara Adat Tepuk Tepung Tawar terhadap Sandiaga Uno tengah mempersiapkan diri untuk memastikan acara berlangsung sukses.

Upacara Adat Tepuk Tepung Tawar ini akan dihadiri Gubernur Riau, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Riau, bupati/walikota se-Riau, dan Lembaga Adat Rumpun Melayu Se-Sumatera.

Selanjutnya, rektor perguruan tinggi di Riau, Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), paguyuban/organisasi, pengurus LAMR Provinsi, LAMR kabupaten/kota dan LAMR kecamatan se-Provinsi Riau, pebatinan, ulama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan jemputan lainnya.

"Ulama kebanggan kita Datuk Seri Ulama Setia Negara Ustadz H. Abdul Somad, insya Allah akan hadir pada majelis upacara adat tepuk tepung tawar tersebut," kata Syahril. (RB/MCR)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Jokowi: Saya Ingin Terbang Lagi Naik Motor

Minggu, 02 September 2018 - 18:07 WIB

Wartawan Riau Menabung untuk Kurban

Minggu, 02 September 2018 - 08:42 WIB

Peran Lembada Adat Melayu Wujudkan Masyarakat Madani

Kamis, 30 Agustus 2018 - 10:12 WIB

LSF, Disbud Riau dan DKR Taja Diskusi Film

Selasa, 28 Agustus 2018 - 13:53 WIB

Rohul Cari Sekda Baru, 6 Orang Ikut Seleksi

Senin, 27 Agustus 2018 - 14:41 WIB

Tumbuh Lebat, Pohon Soekarno Bikin Tenda di Arafah Teduh

Minggu, 26 Agustus 2018 - 11:27 WIB

Emosi, Warga Lakban Mobil yang Parkir Sembarangan

Jumat, 24 Agustus 2018 - 12:08 WIB

Kadin Riau Peduli Gempa Lombok, Himpun Dana Kemanusiaan

Jumat, 24 Agustus 2018 - 10:27 WIB

Defisit APBD Riau Rp 1 Triliun? Sekda: Itu Belum Final

Selasa, 21 Agustus 2018 - 21:08 WIB

Kapasitas Rutan Rengat 175 Orang, Tapi Diisi 519 Napi

Minggu, 19 Agustus 2018 - 06:46 WIB

Sopir Bajaj Temukan Tas Berisi Emas

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 11:03 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize