Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak kebanjiran.

Selasa, 27 November 2018 - 15:22 WIB 12250000

Jadi Langganan Banjir, Sekolah di Siak Ini Terkesan tak Ada Perhatian Pemerintah

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Baru beberapa hari lalu, Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 dan Hari Guru Nasional (HGN) ke-24 diperingati seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Siak, Riau, di umur yang sudah terbilang tua tersebut diharapkan semua fasilitas sekolah pasti harus memadai.

Namun, di sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak, boleh dikatakan jauh dari perhatian pemerintah, karena sekolah tersebut masih banyak kekurangan. Ditambah lagi, saat musim penghujan kondisi halaman sekolah genangan air banjir.

"Setiap kali hujan lebat, halaman sekolah ini digenangi air. Terakhir hujan semalam, air banjir sedalam lutut di halaman sekolah ini. Kami khawatir anak-anak didik kami ini terjatuh di parit, karena jembatan masuk pun tenggelam," kata Kepala SD Negeri 11 Benteng Hulu Dahlina Ermaneli, Selasa (27/11/18) saat dijumpai di ruangnya.

Tidak hanya itu kata Lina, sekolah tersebut masih minim mobiler, sehingga guru-guru harus bolak-balik ambil buku dan mengantar kembali, sehingga aktivitas agak terganggu.

"Kalau meja dan kursi untuk siswa, Alhamdulillah cukup. Tetapi meja untuk guru tidak cukup, sampai-sampai meja saya (Kepala Sekolah) tidak ada. Selain itu, juga di sekolah ini pun lemari tidak ada, sehingga susah kami menyimpan berkas-berkas sekolah," katanya.

Lina mengaku, sejak sekolah tersebut dibangun tahun 2015 lalu dengan bangunan 6 kelas dan 1 kantor itu, hanya di tahun pertama mendapat bantuan mobiler, setelah itu tidak ada lagi.

"Selain itu, dulu pernah juga akan dibangun drainase dan pagar, tapi belum juga. Kita berharap jika drainase dibangun, bisa mencegah air banjir masuk ke halaman, dan untuk pagar tentu kita pasti berharap, karena saat sore hari saat tidak ada aktivitas belajar mengajar, hewan-hewan peliharaan warga masuk di sekolah ini," kata Lina.

Lina mengatakan, saat ini pihak sekolah telah mengajukan pembangunan Box Culvert dan Paving Blok kepada perusahaan menggunakan dana CSR perusahaan, yang diketahui Bupati Siak.

"Hujan sebentar saja halaman sudah lecah, sehingga anak-anak tidak bisa melaksanakan upacara," imbuhnya.

Pihak sekolah berharap SD ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah, mengingat SD yang baru 2 tahun didirikan itu sudah memiliki akreditasi B.

"Sekolah ini sudah di akreditasi dengan nilai B,mudah mudahan tahun depan ini bantuan segera masuk, agar proses belajar anak didik tidak lagi terganggu," harap Lina.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak Lukman mengaku, belum ada anggaran untuk sekolah tetsebut di tahun 2019 mendatang.

"Saat ini kondisi keuangan Daerah belum membaik, jadi untuk sekolah tersebut belum ada dana yang dialokasikan. Kita berharap pihak setempat seperti Kecamatan dan Kampung agar turut berperan terkait hal itu.

"Contoh, kalau disitu selalu banjir, pihak kampung bisa meminta bantuan kepada Dinas PU atau pihak lain untuk membersihkan atau mendalamkan parit sekitar. Karena sekolah itu selalu tergenang karena dataran sekolah tersebut agak rendah.

"Halaman sekolah tu agak rendah, jadi setiap kali hujan tentu air parit penguap. Jadi sementara kita minta peran dari pihak terkait untuk menangani hal itu," tutup Lukman. (RB/Agus)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

42 ASN Bersaing Rebut Kursi Pejabat Bengkalis

Minggu, 25 November 2018 - 08:15 WIB

Pemprov Riau Berduka, Tembok Sekolah Rubuh Renggut Jiwa

Rabu, 14 November 2018 - 12:10 WIB

Tenaga Honor Bengkalis 'Was-was', Takut Dirumahkan

Kamis, 08 November 2018 - 12:05 WIB

APBD Riau Naik Rp1 Triliun, BDH dan DAK Nambah

Rabu, 07 November 2018 - 18:44 WIB

Wabup Meranti: Kalau Mau Selamat Hindari LGBT

Selasa, 06 November 2018 - 10:13 WIB

Kisah Duka Kepala BPK Babel, Korban Lion Air JT 610

Senin, 05 November 2018 - 20:18 WIB

Ini Dia Peraih Skor Tertinggi SKD CPNS

Minggu, 04 November 2018 - 22:55 WIB

SKK Migas Ngaku Kaget DBH Riau Tunda Bayar?

Kamis, 01 November 2018 - 16:42 WIB

Tragedi Lion Air, Ancaman Bom hingga Jatuh

Kamis, 01 November 2018 - 16:10 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize