Siti Aisyah (tengah). (Foto: Voa Indonesia)

Selasa, 12 Maret 2019 - 07:46 WIB 11970000

Siti Aisyah Bebas dari Tuduhan Terlibat dalam Pembunuhan Saudara Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Akhirnya, Siti Aisyah Bebas dari Tuduhan ikut terlibat di dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam, saudara pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), hal itu diketahui usai Mahkamah Tinggi Shah Alam membacakan hasil persidangan.

Hakim di persidangan mengeluarkan putusan 'Discharge Not Amounting to Acquital' untuk Siti Aisyah. Lantas, apa maksud dari putusan tersebut?

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, bunyi putusan tersebut, berarti Siti Aisyah bebas, tetapi tidak bebas murni.

"Jadi, ada kemungkinan kalau suatu saat nanti didapatkan bukti-bukti baru, dia bisa didakwa. Karena itu, pengacara sempat meminta, agar putusan bebas murni," kata Iqbal di Kantor Kemlu Jakarta Pusat, Senin malam, 11 Maret 2019.

Namun, Iqbal enggan menyimpulkan bahwa di kemudian hari, Siti Aisyah bisa dipanggil lagi untuk memulai proses persidangan lainnya. Dia menegaskan, pembebasan Siti Aisyah sudah sesuai dengan arahan dan harapan pemerintah Indonesia. "Yang jelas, sekarang bebas sesuai niat dan harapan kita. Sekarang, sudah bebas itu yang penting dulu saat ini," ujarnya.

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana mengatakan, pembebasan ini merupakan hasil dari proses panjang yang dilakukan oleh pemerintah yang terdiri dari berbagai lembaga terkait.

Siti Aisyah Ucapkan Terima Kasih pada Presiden Jokowi

"Sejak Siti ditangkap, Presiden telah meminta koordinasi antara Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Kapolri, Jaksa Agung, dan Kepala BIN, untuk memberi pembelaan dan upaya pembebasan Siti Aisyah," ujar Rusdi.

Sesuai dengan arahan tersebut, isu ini selalu diangkat dalam berbagai pertemuan bilateral RI-Malaysia, baik itu di tingkat presiden, wapres, pertemuan reguler menteri luar negeri dan menteri terkait lainnya dengan mitra Malaysia.

Bahkan, dalam pertemuan terakhir, antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohamad pada Juni 2018 di Bogor, isu Siti Aisyah pun menjadi perhatian bersama.

"Sesuai dengan mekanisme kerja sama bilateral di bidang penegakkan hukum, proses pembebasan Siti Aisyah dilakukan melalui mekanisme Bantuan Hukum Timbal Balik, di mana Menkumham bertindak sebagai otoritas pusat," ujar Rusdi

Tuntutan terhadap Siti Aisyah, dihentikan oleh Jaksa Penuntut Umum sesuai Pasal 245 Kitab Hukum Acara Pidana Malaysia. Dengan putusan tersebut, maka Siti Aisyah dibebaskan dalam tuntutan kasus ini. (Sumber: Viva.co.id)

Share ke BBM

100000000
Agus Suhaili

Berita Terkini

Papua Beri Signal Kerawanan Pemilu 2019?

Sabtu, 09 Maret 2019 - 15:14 WIB

3 Poin Sikap Demokrat untuk Andi Arief

Selasa, 05 Maret 2019 - 06:47 WIB

Tersangka, Kepsek Cabul di Siak Ditahan

Kamis, 28 Februari 2019 - 13:02 WIB

Dalam Sidang, Ratna Sarumpaet Acungkan Simbol 2 Jari

Kamis, 28 Februari 2019 - 11:06 WIB

4 Buruh Ditangkap Polisi, Kasusnya Perjudian

Selasa, 05 Februari 2019 - 14:10 WIB

Oknum Kompol Tipu Brigjen

Senin, 07 Januari 2019 - 10:56 WIB

85 Orang Tewas di Jalan Raya Siak Sepanjang 2018

Rabu, 02 Januari 2019 - 10:52 WIB

5 Kasus Kriminal Tahun 2018 Jadi Perhatian di Siak

Selasa, 01 Januari 2019 - 00:48 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize