Durian. (net)

Senin, 03 Juni 2019 - 13:53 WIB 53140000

Libur Lebaran, Yuk Wisata Durian di Kampar

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Libur Hari Raya Idul Fitri di Pekanbaru, Riau, tidak harus 'ngemall' atau ke tempat-tempat wisata alam yang membosankan, tapi juga bisa berkunjung ke Danau Bengkuang, Kabupaten Kampar, Riau.

Di daerah itu kini tengah musim durian dengan rasa yang enak dan khas, kebanyakan warga yang menjual menyajikan durian segar jatuh dari batang, bukan hasil karbitan.

Durian Kampar memang menjadi incaran para pecinta buah berduri, selain rasanya yang khas, durian Kampar berasal dari kebun milik warga dengan kesegaran buah yang terjamin.

Untuk warga Pekanbaru yang ingin mendapatkan durian Kampar langsung dari kebun atau pohonnya tinggal datang saja ke sejumlah desa tidak jauh dari Danau Bengkuang.

Untuk menuju Danau Bengkuang, dari Pekanbaru dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 40 menit.

"Tapi karena sekarang sudah masuk waktu mudik, ramai kendaraan, jarak Pekanbaru ke Danau Bengkuang bisa satu sampai satu setengah jam," kata Jalel, warga Pekanbaru yang baru balik dari Danau Bengkuang, Senin (3/5/2019).

Kata dia, di Pasar Danau Bengkuang, juga sudah banyak pedagang durian yang menjajakan buah itu dengan ragam harga.

"Satu buah durian kecil dihargai Rp5 ribu sampai Rp10 ribu, untuk ukuran sedang dihargai Rp15 ribu sampai Rp30 ribu," kata dia.

Sementara yang berukuran jumbo, lanjut dia, pedagang menghargai Rp35 ribu sampai Rp45 ribu, tergantung kondisi buah dan pandai-pandai menawar.

Untuk mendapatkan durian yang lebih segar dengan harga lebih murah, kata Zulkarnaen, dapat menyusuri sebuah perkampungan yang berada tidak jauh dari Danau Bengkuang.

"Jaraknya sekitar 15 sampai 20 kilometer dari Danau Bengkuang, di sana banyak kebun durian dan pemiliknya menjual durian di pinggir kebun dekat jalan," kata dia.

Zulkarnaen yang juga berasal dari Pekanbaru mengatakan, saat Lebaran dirinya bersama keluarga akan kembali mengunjungi kampung durian di Kampar untuk berwisata sekaligus menikmati durian Kampar yang tergolong lezat.

Sementara itu Badri, warga Kampar tidak jauh dari Danau Bengkuang mengatakan pada jelang Lebaran ini durian Kampar sudah masuk musimnya, namun belum begitu banjir.

"Saya pikir sampai Lebaran nanti masih banyak durian di Kampar dan biasanya memang jadi lokasi wisata durian bagi kebanyakan warga pelancong," kata dia. (fzr)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Lebaran di Sumbar Musim Durian

Senin, 03 Juni 2019 - 10:17 WIB

Ritual Makan Mengerikan di Indonesia

Minggu, 19 Mei 2019 - 14:19 WIB

Wisata Lembah dan Nuansa Sejuk di Pekanbaru

Sabtu, 30 Maret 2019 - 17:15 WIB

Air Mata Pengantin untuk Wisatawan Asing ke Riau

Rabu, 02 Januari 2019 - 01:28 WIB

Es Air Mata Pengantin Kalahkan Jakarta dan Bukittinggi

Sabtu, 24 November 2018 - 19:39 WIB

Tradisi Mandi Safar di Bengkalis, Untuk Tolak Bala

Kamis, 08 November 2018 - 14:27 WIB

Tempat makan enak yang cuma ada di Bali

Senin, 29 Oktober 2018 - 16:08 WIB

Belum Banyak Tahu, Ini Jadwal Festival Pantai Rupat

Kamis, 04 Oktober 2018 - 13:15 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize