Menakar Capim BRK

Ini 3 Calon Direksi Potensial BRK Diduga Bermasalah Hukum, Syamsuar: Jangan Sampai

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Provinsi Riau sebagai pemegang saham mayoritas Bank Pembangunan Daerah (BPD) Riau Kepri dalam waktu dekat akan menyeleksi kandidat-kandidat untuk ditempatkan pada sejumlah posisi penting di perbankan berlogo tiga layar berkembang itu.

"Saya inginkan yang profesional," kata Gubernur Riau Syamsuar menjawab pertanyaan wartawan soal kriteria yang dia inginkan untuk para calon pimpinan Bank Riau Kepri, Rabu (2/10/2019).

Syamsuar menjelaskan, para capim Bank Riau Kepri (BRK) nanti harus memiliki rekam jejak yang bersih dan tidak pernah bermasalah hukum.

"Tidak bisa (kalau memiliki rekam jejak) yang buruk apalagi sempat bermasalah hukum, jangan sampai. Nanti akan kita lihat dan seleksi secara matang," kata Syamsuar.

Ketegasan Syamsuar itu seiring dengan permintaan pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tidak memaksakan kehendak dalam perekrutan atau pemilihan para pimpinan BUMD termasuk di Bank Riau Kepri.

3 Kandidat Kuat

Sebelumnya mencuat ada tiga kandidat kuat untuk tiga jabatan direksi Bank Riau Kepri, masing-masing untuk posisi Direktur Utama, kemudian Direktur Dana dan Jasa, serta Direktur Operasional.

Tiga nama yang digadang-gadangkan bersaing ketat untuk memperebutkan tiga jabatan pitensial itu masing-masing adalah petahana Denny Mulia Akbar (DMA), Nizam Putih, dan terakhir M Jazuli.

Dilema DMA

Seperti dilema, tiga kandidat kuat tersebut justru dihembuskan masing-masing memiliki persoalan hukum selama menjabat sebagai pimpinan madya dan utama pada perusahaan plat merah tersebut.

Denny Mulya Akbar yang merintis karir dari bawah hingga kini menjabat sebagai Direktur Operasional BRK terindikasi memiliki sejumlah persoalan hukum.

Salah satunya indikasi markup proyek pemasangan iklan garbarata di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru senilai Rp1,7 miliar yang diduga melibatkan adik kandungnya sebagai vendor proyek.

Dari informasi sumber berkomoeten, kasus tersebut terjadi pada tahun 2016 dengan menggunakan vendor pihak ketiga PT. Mimbar Production.

Diinformasikan, bahwa pihak vendor waktu itu tidak melaksanakan pekerjaannya alias fiktif meski dana senilai Rp1,7 triliun telah dicairkan oleh pihak BRK yang waktu itu ditandatangani oleh DMA.

Kemudian pada tahun 2017, kata sumber tersebut, pihak BRK menganggarkan kembali proyek tersebut dengan nilai yang lebih besar lagi hingga indikasi kerugian ditaksir lebih Rp2 miliar.

Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau dika babarkan telah melakukan upaya penyelidikan atas kasus ini.

Kasus lainnya yang tengah dalam monitoring intelijen Kejaksaan Tinggi Riau yang diinformasikan sumber adalah proyek pengembangan IT senilai Rp20 miliar, diduga juga melibatkan sejumlah petinggi BRK termasuk DMA.

DMA yang dikonfirmasi berkaitan dengan sejumlah dugaan kasus tersebut belum bersedia memberikan jawaban.

Nizam Putih

Mantan Direktur Dana dan Jasa Bank Riau Kepri, Nizam Putih juga masuk dalam nominasi sebagai kandidat kuat untuk mengisi salah satu kekosongan sejumlah kursi direksi di BRK.

Bahkan dia digadang-gadangkan potensial untuk menjabat sebagai Direktur Utama BRK yang telah cukup lama ditinggalkan Irvandi Gustari.

Namun perjalanan Nizam agaknya tidak mulus karena dia sebelumnya sempat diperiksa pihak Kejati Riau terkait adanya dugaan pelanggaran pada penerbitan obligasi senilai Rp 500 miliar maupun pembelian obligasi senilai Rp1,4 triliun.

M. Jazuli

Capim BRK potensial lainnya adalah M Jazuli yang saat ini menduduki jabatan sebagai Pimpinan Divisi / Sekretaris Perusahaan (Sekper).

Jika masuk bursa capim BRK, maka Jazuli adalah satu-satunya capim termuda dengan usia bawah 40 tahun.

Karir Jazuli di BRK begitu cepat menanjak, dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Pimpinan Cabang Jakarta dan Pimpinan Cabang Utama BRK.

Namun Jazuli juga dihembuskan sebagai salah satu kandidat yang memiliki masalah hukum.

Sebelumnya saat menjabat sebagai Pincab Utama BRK, dia dikabarkan menghamburkan dana senilai kurang lebih Rp600 juta untuk rekonsiliasi Bendahara Umum Daerah pada tahun 2018.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Syahrial Abdi membenarkan pihaknya bersama Manajemen Cabang Utama Bank Riau Kepri (BRK) kerap melakukan rekonsiliasi untuk memvalidasi pencatatan keuangan daerah.

"Benar, kita ada rekonsiliasi dengan BRK, kami selaku Bendahara Umum Daerah perlu untuk melakukan itu dalam keperluan pencatatan," kata Syahrial Abdi kepada RiauBook.com saat dihubungi.

Kata dia, rekonsiliasi tersebut tidak hanya dilakukan setiap akhir tahun, melainkan setiap waktu jika dibutuhkan.

"Tidak mesti setiap akhir tahun, artinya kapan pun kita membutuhkan rekonsiliasi, kita akan lakukan itu. Biasa rekonsiliasi di Batam," kata dia.

Syahrial juga tidak menampik soal adanya temuan OJK terkait biaya kegiatan rekonsiliasi yang dibebankan dalam anggaran operasional.

"Terkait temuan OJK itu, itu tahun 2018. Dan itu sudah dibawa dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) kemarin. Pak Gubernur juga sudah menandatangani surat yang isinya, mendukung agar BRK melakukan langkah-langkah penghematan, pencermatan dan efisiensi," kata dia.

"Karena itu juga menjadi temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Dan instruksi Pak Gubernur ini juga berlaku untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pak Gubernur meminta agar seluruh jajaran OPD tidak terlibat mengambil manfaat untuk kepentingan pribadi. Apakah itu tawaran-tawaran fasilitas dan sebagainya," demikian Syahrial Abdi.

Imbauan KPK

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang dihubungi dari Pekanbaru mengimbau agar para kepala daerah khususnya gubernur selaku pemegang saham mayoritas di BPD melakukan seleksi capim perusahaan secara terbuka.

"Dari awal, dulu, sebenarnya sudah ada koordinasi dengan pemda-pemda, karena sudah banyak masuk laporan hukum terkait BPD-BPD, kalau gak salah salah satunya itu ya Bank Riau," kata Wakil Ketua KPK petahana terpilih itu.

Malah kalau gak salah, lanjut dia, kemarin ada dari Bank Riau yang diperiksa penyidik di KPK.

Pejabat Bank Riau Kepri yang dimaksud

Alexander Marwata adalah Haryanti Shintia Dewi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah yang dihubungi terpisah menjelaskan, bahwa pejabat Bank Riau diperiksa terkait OTT Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Febri mengatakan pejabat Bank Riau Kepri yang diperiksa tersebut menjabat sebagai Kepala Bagian UKPN (Unit Kerja Pengenalan Nasabah) Divisi Kepatuhan.

"Terkait pemeriksaan saksi-saksi itu telah kami sampaikan ke rekan-rekan pers," kata dia.

(RB/Red/Dwi)

foto

Terkait

Foto

Tangkal Bencana dengan Kearifan Lokal

Editor : Fazar Muhardi EKSKALASI bencana alam di Indonesia diprediksikan masih akan terus meningkat setiap tahun. Hal tersebut disebabkan…

Foto

Ayah di Kolong Jerebu

BERJALAN pun tertatih-tatih, raut wajahnya lusu menahan perih, kerut keningnya bertambah setiap hari. Pagi ketika adzan dini hari berkumandang, pria…

Foto

Merah Putih Dalam Kolong Jerebu

Oleh Fazar Muhardi UDARA tak seperti biasa, tiupannya terlihat jelas hingga menutupi gedung-gedung tinggi. 'Madani' pun nyaris hilang ditelan gumpalan…

Foto

Awas, Warga Eropa Sebut Kebakaran Lahan Riau Ada Kepentingan Korporasi dan Muatan Politik

RIAUBOOK.COM - Peristiwa kebakaran lahan (karla) yang menjadi penyebab bencana kabut asap di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Provinsi Riau telah…

Foto

Asap Melanda Riau, Warga: Kami Seperti 'Ninja'

RIAUBOOK.COM - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang rutin melanda Provinsi Riau, hampir setiap tahun saat musim…

Foto

Pengakuan Mia Khalifa jadi Bintang Film 'Dewasa': Menghancurkan Hidup Saya

RIAUBOOK.COM - Terkenal sebagai salah satu ikon dalam industri film dewasa, Mia Khalifa nyatanya mengaku tersiksa melakoni peran sebagai artis…

Foto

E-Commerce Motor Penggerak Ekonomi Digital di Era Industri 4.0

RIAUBOOK.COM - Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya inovasi teknologi di Era Digitalisasi saat ini, turut mempengaruhi pola transaksi dalam…

Foto

Tak Banyak yang Tahu, Kuda Punya Naluri Luar Biasa Mengenal Rute

RIAUBOOK.COM - Sejak berabad-abad lalu kuda memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Umumnya, hewan tangguh berkaki emapat tersebut kerap dijadikan…

Foto

PFI Pekanbaru Kerjasama dengan Waroeng Kolong, Diskon Kopi 50 Persen Seumur Hidup

PEKANBARU - Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru, Rian FB Anggoro kerjasama dengan Waroeng Kolong menyiapkan member card untuk seluruh anggota…

Foto

Benarkah Kader Partai Jadi Pemimpin Aksi Rusuh Papua?

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Kerusuhan di Kota Sorong dipimpin oleh Ketua DPD Perindo Sorong, Sayang Mandabayan, demikian pesan berantai yang diterima…

Foto

Jalan Panjang Pemprov Riau Cari Formulasi Utang

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau saat ini tengah mencari formulasi pinjaman dana untuk menggesa pembangunan infrastruktur berupa jalan dan…

Foto

Tak Melulu Angkat Senjata, Ini Contoh Kegiatan TNI yang Menarik Simpati Rakyat

RIAUBOOK.COM - Tidak melulu angkat senjata melakukan tugas-tugas operasi militer untuk mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara, di sisi lain TNI…

Foto

Kali Ini Gubernur Tanpa Bupati dan Wako Rayakan HUT Riau, Mengapa?

RIAUBOOK.COM - Ada yang berbeda dengan perayaan hari jadi Provinsi Riau kali ini, Gubernur Syamsuar melaksanakannya tanpa para kepala daerah…

Foto

Cinta Terlarang, Kisah Kakak dan Adik Kandung Miliki 2 Anak

RIAUBOOK.COM, SULSEL - Kisah cinta terlarang tidak hanya ada di dalam film-film layar kaca, namun juga terjadi di kehidupan nyata.Seperti…

Foto

AS Klaim Tembak Jatuh Drone Iran, Hossesn Salami: Buktikan

RIAUBOOK.COM - Pihak militer Amerika Serikat (AS) menegaskan bahwa kapal perang USS Boxer milik mereka telah menembak jatuh satu pesawat…

Foto

Ratusan Kepala Desa Rohil Ikuti Edukasi KI, Alnov: Sengketa Informasi Jangan ke Pengadilan Agama

RIAUBOOK.COM - Ratusan kepala desa asal Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengikuti acara Implementasi Undang-undang Tentang Keterbukaan Informasi Publik yang digagas…

Foto

Ini Dia Masakan Megawati yang Luluhkan Prabowo

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto beberapa waktu lalu mengejutkan publik, dan kali ini giliran…

Foto

Polda Maunya Cepat Pindah, Tapi Proyek Mapolda Belum Serahterima

RIAUBOOK.COM - Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau berkeinginan cepat untuk pindah markas dari Jalan Sudirman ke kawasan Jalan Patimura mengingat…

Foto

Pertemuan Jokowi-Prabowo, Begini Tanggapan Ustadz Somad dan Aa Gym

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) bertemu mesra dengan lawannya Prabowo Subianto, peristiwa itu mengharukan sekaligus mengejutkan…

Foto

Prabowo Didampingi Kepala BIN

RIAUBOOK.COM, JAKARTA - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Stasiun MRT Lebak Bulus,…

Pendidikan