Foto tangkapan layar dari video yang beredar terkait insiden jatuhnya pesawat tempur TNI AU di Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau.

Senin, 15 Juni 2020 - 13:45 WIB 8130000

Insiden Jet Tempur Jatuh di Pemukiman Warga, Pilot Selamat

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Insiden jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, pada Senin (15/6/2020) sekitar pukul 08.13 wib sontak menggemparkan warga sekitar.

Sebelum terjadinya insiden, warga mengaku sempat mendengar suara pesawat yang sempat merendah, kemjdian disusul suara ledakan keras.

Kepala Desa Kubang Jaya Tarmizi membenarkan peristiwa jatuhnya pesawat di desanya tersebut.

Kata dia, berdasarkan informasi yang diterima dari warga, insiden jatuhnya pesawat tempur itu setidaknya menyebabkan dua rumah rusak berat dan satu mengalami rusak ringan.

''Posisi jatuh pesawat di RT 4, RW 1, Dusun I Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu. Pesawat itu menimpa dua rumah yang kebetulan rumah kosong. Satu lagi rumah tertimpa kursi yang nyangkut di bagian atap rumah. Sejauh ini, informasi dari warga, tidak ada korban jiwa. Saya dan warga tak bisa masuk area itu sekarang, sudah steril,'' sebut Tarmizi.

Jet tempur nahas tersebut diketahui berjenis BAE Hawk 209 dari Skadron Udara 12 Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru. diterbangkan oleh Lettu Pnb Apriyanto Ismail.

Beruntung, sebelum insiden, pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat.

"Alhamdulillah pilot selamat. Sekarang dirawat di rumah sakit Lanud Rusmin Nuryadin," kata Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri di Pekanbaru.

Saat ini lokasi insiden jatuhnya pesawat tersebut telah diseterilisasi dan dipasangi garis polisi. Puluhan aparat TNI juga terlihat berjaga sekitar area.

Aparat TNI terlihat cukup tegas melarang warga dan awak media untuk mengambil gambar bangkai pesawat yang telah dibungkus terpal.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab terjadinya insiden tersebut. Petugas juga masih melakukan penyelidikan.(RB/Dwi)

Share ke BBM

100000000
Dwi Anggera

Berita Terkini

HUT Kodam I/BB, Danramil 07/Kampar Salurkan Sembako

Senin, 15 Juni 2020 - 13:10 WIB

Sore Ini, Riau Berotensi Hujan Ringan Hingga Sedang

Jumat, 12 Juni 2020 - 11:57 WIB

26 Desa di Riau Belum Berlistrik

Kamis, 11 Juni 2020 - 15:38 WIB

22 Kasus Positif Covid-19 di Riau Tanpa Gejala

Selasa, 09 Juni 2020 - 21:11 WIB

Objek Wisata Sungai Hijau Bangkinang Ditutup

Senin, 08 Juni 2020 - 11:46 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize