Ilustrasi. (RB)

Selasa, 23 Juni 2020 - 10:57 WIB 19510000

Ini Pola Hidup untuk Anak Agar Cerdas Luar Biasa

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Bagaimana agar anak bisa memiliki kecerdasan luar biasa? Nah, bunda dapat melakukan upaya dengan menerapkan pola hidup seperti ini untuk anak di rumah.

5 Cara Agar Anak Pintar

Lalu, adakah cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan bayi? Berikut adalah tips yang Anda coba untuk membantu mencerdaskan anak sejak masa kehamilan.

Hidup sehat

Hidup sehat yang dimaksud adalah Ibu dan Ayah menghindari konsumsi alkohol, tidak menggunakan obat-obatan terlarang, tidak merokok, termasuk membatasi kafein, bahkan sejak sebelum merencanakan kehamilan. Zat tertentu di antaranya bisa memberi dampak negatif pada perkembangan otak janin.

Hindari kimia berbahaya

Seringkali kita nggak menyadari bahwa kita ternyata mengonsumsi kimia berbahaya, misalnya pada air minum, pada makanan yang terkontaminasi (boga bahari misalnya), atau pestisida pada buah dan sayuran.

Pola makan sehat

Sudah tahu, kan, kalau kebutuhan makan saat hamil bukanlah mesti dua kali lipat? Banyak orang salah kaprah, dengan makan dua porsi saat hamil karena beranggapan makan untuk dua orang. Memang, saat hamil kita membutuhkan tambahan kalori. Tapi ingat, ya, hanya tambahan, bukan dikalikan dua, dan yang diutamakan adalah nutrisinya. Beda dokter, beda juga, nih, pendapatnya.

Sebagian dokter biasanya memberikan vitamin khusus untuk kehamilan, sebagian dokter lainnya, lebih menyarankan menambah asupan sayuran, buah dan biji-bijan utuh. Karena lemak sehat dan protein amat penting bagi perkembangan otak janin, maka disarankan ada 12 persen (lean) protein, 30 persen lemak baik dan gula tidak boleh lebih dari 10 persen.

Jauhi bahaya infeksi TORCH

Ketika merencanakan kehamilan, umumnya dokter akan menyarankan agar Anda melakukan tes TORCH lebih dulu. Tes TORCH ini adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya toksoplasmosis, infeksi lain (sifilis, varicella-zoster, parvovirus B19), rubella, cytomegalovirus (CMV) dan herpes. Catatan, menurut ulasan di sini, tes pada bagian infeksi lain, akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien.

Terutama pada trimester pertama kehamilan, infeksi seperti rubella (german measles) atau toksoplasmosis, yang disebabkan oleh parasit dari kontak dengan kotoran hewan, bisa mengakibatkan gangguan pada perkembangan otak janin.

Membangun ikatan

Setelah si Kecil lahir, salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasannya adalah dengan membangun ikatan dengan anak.

Ikatan dan kasih sayang yang dirasakan oleh anak, dipercaya bisa meningkatkan kualitas otaknya. Hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun ikatan dengan bayi misalnya 

menggendong, berbicara pada bayi, melakukan kontak fisik seperti memijat, dst.

Itulah beberapa ciri bayi pintar dan tips untuk meningkatkan kecerdasan di buah hati.

(Stephanie)

Share ke BBM

100000000
Fazar Muhardi

Berita Terkini

Ini Ciri Anak Miliki Kecerdasan Luar Biasa

Selasa, 23 Juni 2020 - 10:51 WIB
Awas Corona

Ujian Nasional pun Ditunda

Senin, 16 Maret 2020 - 09:56 WIB

Aklamasi, Syamsuar Nahkodai APSI Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 08:59 WIB

Jalin Silaturahmi, SMK Dirgantara Riau Gelar Semnas

Selasa, 28 Januari 2020 - 11:31 WIB

M Zalal Kukuhkan APSI Pelalawan, Ini Pesannya

Jumat, 11 Oktober 2019 - 13:36 WIB

10 Rekomendasi Dewan Pendidikan untuk Gubernur Riau

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 09:14 WIB

Bagaimana Nasib Buku Diera Digital?

Selasa, 06 Agustus 2019 - 22:39 WIB

Diikuti 129 Siswa, Disdik Pelalawan Gelar FLS2N

Kamis, 11 Juli 2019 - 10:59 WIB

PPDB SD, Disdik Pelalawan: Semua Terkendali

Jumat, 05 Juli 2019 - 17:14 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize