Ist.

Rabu, 07 April 2021 - 09:34 WIB 7520000

LAM Pekanbaru Maafkan Kekeliruan Keanu Soal Tanjak, Beri Nasihat

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru telah memaafkan Selebgram Indonesia, Keanu Angelo yang sebelumnya dinilai keliru dalam menggunakan Tanjak saat mengisi sebuah acara di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu.

Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH) LAM Kota Pekanbaru, Datuk Sri Muspidauan mengakui, Keanu saat itu memang dianggap tak patut menggunakan Tanjak lantaran dia mengenakan celana pendek.

Namun, Datuk Sri Muspidauan memahami bahwa kejadian itu hanya sebuah kesalahpahaman. Hal ini disampaikan setelah pihaknya mendapat klarifikasi dari pihak panitia penyelenggara acara.

"Ya, kita sudah memaafkan. Ini soal kesalahpahaman saja," kata Datuk Sri Muspidauan usai menggelar pertemuan dengan panitia penyelenggara acara di Balai LAM Kota Pekanbaru, Selasa (6/4/2021) malam.

Datuk Sri Muspidauan juga memberi apresiasi kepada pihak panitia penyelenggara yang dengan itikad baik dan rasa persaudaraan yang tinggi telah memenuhi undangan pihaknya untuk bersilaturahmi dan cepat menanggapi persoalan tersebut.

"Tadi kita sudah berbincang-bincang, kita dari pihak LAM Kota Pekanbaru telah memberikan pandangan yang berkaitan dengan adat - istiadat dan kebudayaan Melayu, terutama dalam pemakaian tanjak," ungkapnya.

"Mereka juga mengakui bahwa kedepan mereka ingin mempelajari bagaimana budaya Melayu tersebut. Kami sudah memaafkan, ini adalah pertemuan yang membawa suatu hikmah lebih besar daripada permasalahan yang kecil," tambahnya.

Datuk Sri Muspidauan juga berpesan kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda agar dapat mempedomani aturan penggunaan berbagai atribut warisan adat dan budaya.

"Kepada anak-anak muda Melayu, kami sangat senang sekali karena mereka sudah mulai mencintai adat dan budaya sehingga mereka dapat menyaring budaya-budaya luar," Datuk Sri Muspidauan.

Harapan dia, anak-anak muda yang antusias terhadap warisan dan budaya Melayu, khususnya di Pekanbaru, dapat berkunjung ke Balai Adat LAM setempat untuk menambah khazanah pengetahuan.

"Mari sama-sama kita perkenalkan budaya Melayu kepada masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat internasional," harapnya.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara acara itu, Adha mengaku salah karena pihaknya tak mengingatkan Keanu soal adab dan aturan menggunakan Tanjak.

Hal itu, kata Adha, lantaran panitia terfokus terhadap penerapan aturan protokol kesehatan (Prokes) di lokasi acara.

"Jadi waktu itu, pihak talent (Keanu) itu tertarik dengan Tanjak yang ada di toko dan langsung memakai Tanjak tersebut. Kami dari tim panitia harusnya mengingat beliau dengan menggunakan pakaian yang lebih tepat," terangnya.

"Namun, karena kami fokus dengan Prokes di lokasi, kami khilaf dan kami salah tidak mengingatkan. Jadi pihak talent ini tidak mengetahui bahwa dalam memakai Tanjak itu harus menggunakan baju yang pantas. Oleh sebab itu kami meminta maaf kepada pihak LAM," tambahnya. (Rls)

Share ke BBM

100000000
Dwi Anggera

Berita Terkini

BI Komit Dukung Keuangan Digital Indonesia

Selasa, 06 April 2021 - 16:19 WIB

Asessment Jabatan Sekdaprov Riau Dibuka Hari Ini

Senin, 05 April 2021 - 12:26 WIB

BI Sinergi dengan Pemprov Riau Bentuk TP2DD

Rabu, 31 Maret 2021 - 13:36 WIB

Banyak Komplain Soal ELTE, Ini Penjelasan Polisi

Rabu, 31 Maret 2021 - 09:44 WIB

Hakim dan Pegawai PN Pekanbaru Jalani Vaksinasi

Selasa, 30 Maret 2021 - 11:01 WIB

BPBD Riau Siapkan Logistik Antisipasi Korban Banjir

Senin, 29 Maret 2021 - 13:34 WIB

Nasabah Non Muslim Dukung Konversi BRK ke Syariah

Minggu, 28 Maret 2021 - 13:13 WIB

Selamat, Rahmad Handayani Ketua FPR

Rabu, 17 Maret 2021 - 16:49 WIB

Pekan Depan, Riau Mulai Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Sabtu, 27 Februari 2021 - 12:23 WIB

BMKG Pantau 63 Titik Panas Terpantau di Riau

Senin, 22 Februari 2021 - 12:01 WIB

Riau Dikepung Titik Panas, Terbanyak di Pelalawan

Sabtu, 20 Februari 2021 - 11:24 WIB

Menolak Vaksinasi Bakal Kena Sanksi Administratif

Sabtu, 20 Februari 2021 - 10:05 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize