Gubernur Riau, Syamsuar. (ist)

Selasa, 04 Mei 2021 - 15:52 WIB 119510000

Gubri Harap Pelaksanaan Salat Idulfitri di Riau Sesuai SE Kemenag dan MUI

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau (Gubri) berharap pelaksanaan salat Idulfitri 1442 Hijriah / 2021 Masehi di seluruh Kabupaten dan Kota, wilayah setempat sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Agama RI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Terkait itu, Gubri pun berharap hal tersebut dapat dipahami sebagai bagian dari upaya pencegahan Covid-19 yang saat ini kasusnya mengalami peningkatan.

"Kita harus satu bahasa gitu (terhadap pelaksanaan salat Idulfitri) jangan nanti bahasanya mungkin beda yang pada akhirnya nanti malah terjadi peningkatan lagi," katanya, saat pimpin rapat terkait pelaksanaan Salat Idulfitri 1442 H dan agenda halal bihalal di Provinsi Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (04/05/21).

Untuk itu, ia mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) di Riau untuk kerjasama untuk mengikuti sesuai dengan aturan yang telah diberikan petunjuk oleh Menteri Agama RI dan juga surat edaran dari MUI bersama seluruh ketua-ketua organisasi Islam yang ada di provinsi Riau.

"Dan sudah dibuat surat edarannya dan sudah diberikan kepada seluruh MUI dan bupati dan wali kota. Untuk itu, mari kita laksanakan agar tentunya ini bisa nanti diikuti oleh seluruh masyarakat kita," ucapnya.

Selanjutnya, Gubernur Riau ini juga berharap adanya surat edaran dari wali kota agar nantinya melalui surat tersebut juga akan disampaikan kepada camat, Polsek, Danlanal yang juga akan diedarkan kepada seluruh tempat - tempat ibadah terkait pelaksanaan Salat Idulfitri dan halal bihalal.

Ia juga mengungkapkan sejalan dengan SE dari MUI dan Kemenag RI diharapkan dapat dilaksanakan sebaik - baiknya karena bagaimanapun, menurutnya jangan sampai kejadian di India itu terjadi, untuk itu perlunya tindakan kehati - hatian dan perlunya pengetatan.

"Karena di India itu juga berkaitan dengan kegiatan - kegiatan keagamaan dan kebudayaan," ujarnya.

Syamsuar juga meminta kepada Pemko Pekanbaru, yang juga hadir Tim Satgas COVID 19 Kota Pekanbaru saat rapat untuk segera menindaklanjuti dan dapat membuat surat edaran terkait pelaksanaan Salat Idulfitri dan halal bihalal di Kota Pekanbaru.

Karena menurutnya, untuk di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau Kasus COVID 19 tren yang cukup tinggi itu di Kota Pekanbaru. Ia juga berharap Pemko Pekanbaru segera menentukan lokasi tempat ibadah salat Idulfitri bagi zona kuning dan zona hijau sehingga dapat dilakukan pengawasan.

Sedangkan pada daerah di Kota Pekanbaru yang termasuk zona merah dan zona oren untuk dapat melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing. Hal ini tentunya sebagai upaya menekan penyebaran COVID 19 di Riau.

"Untuk kami harapkan Pemko Pekanbaru untuk segera tindak lanjuti mengikuti sesuai dengan aturan dari Kementerian Agama terhadap pelaksanaan salat Idulfitri ini," tuturnya.

Share ke BBM

100000000
Dwi Anggera

Berita Terkini

Satgas Curiga Ada Varian Baru Covid-19 di Riau

Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:39 WIB

6 Calon Sekdaprov Riau Lolos Seleksi Administrasi

Senin, 12 April 2021 - 12:17 WIB

Ini Wilayah yang Boleh Mudik Lokal 6-17 Mei 2021

Sabtu, 10 April 2021 - 12:50 WIB

BI Komit Dukung Keuangan Digital Indonesia

Selasa, 06 April 2021 - 16:19 WIB

Asessment Jabatan Sekdaprov Riau Dibuka Hari Ini

Senin, 05 April 2021 - 12:26 WIB

BI Sinergi dengan Pemprov Riau Bentuk TP2DD

Rabu, 31 Maret 2021 - 13:36 WIB

Banyak Komplain Soal ELTE, Ini Penjelasan Polisi

Rabu, 31 Maret 2021 - 09:44 WIB

Cari Judul Berita

Populer



hut kota dumai riauboook

Galeri Pemkab Siak

galeri menanam padi siak


Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia



Banner

Socialize