Langkah Senyap SBY: Cikeas Temukan Momentum Bangkit?

RIAUBOOK.COM - Tahun 2010, publik tanah air digegerkan oleh sebuah karya intelektual karangan George Junus Aditjondro. Buku berjudul,Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Centuryitu, pasalnya, berhasil menyita perhatian masyarakat lantaran ulasannya yang dinilai sarat kontroversi.

Betapa tidak, dari judulnya saja publik sudah bisa menebak ke mana penulis akan mengarahkan mata penanya. Namun, terlepas dari segala polemik, ada hal menarik yang selama ini, atau paling tidak jauh sebelum buku ini ditulis, tidak pernah terpikirkan oleh publik, yakni soal ekspansi 'kekuasaan Cikeas'.

Istilah Cikeas sendiri merujuk pada komplek Puri Cikeas yang merupakan sebuah kawasan perumahan elite di Bogor, kerap dikaitkan dengan tempat tinggal mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Seperti halnya istilah keluarga Cendana yang merujuk pada Soeharto dan keturunannya, maka keluarga Cikeas pun dapat dikatakan lekat dengan nama besar SBY dan keluarganya.

Dengan begitu, kekuasaan Cikeas mengambil bentuk dan makna yang sama dengan kekuasaan milik keluarga SBY dan orang-orang di sekelilingnya. Selama menjabat presiden RI, SBY terbilang satu-satunya presiden pertama paska reformasi paling lama berkuasa (10 tahun).

Satu dekade kepemimpinan SBY membuat tidak hanya namanya ikut terangkat, tapi juga bisnis dan jejaring kekuasaannya yang lain. Beragam skandal dan megakorupsi menyertai rezim politik SBY, mulai dari kasus korupsi Bank Century, BLBI hingga kasus Hambalang yang menyeret sejumlah eks petinggi partai Demokrat.

Seiring kegagalan mengurai deretan kasus besar semasa menjabat presiden, ditambah keruntuhan Demokrat yang diawali dengan megakorupsi Hambalang membuat SBY kehilangan keseimbangan untuk menjaga trah kekuasaannya terus berlanjut.

Gurita Cikeas--demikian meminjam istilah George Aditjondro--pun tergulung sekejap. Hampir satu dekade terakhir, SBY bersama Demokrat bahkan terdepak dari panggung utama kontestasi elektoral. Namun, kini segala upaya masih terus dilakukan oleh SBY dan terutama melalui sang pangeran, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY demi dapat kembali memulihkan nama besar Cikeas yang sempat terseok.

Walhasil, perjuangan keras untuk kembali bangkit belakangan mulai terlihat melalui lobi-lobi SBY dan juga AHY dengan sejumlah tokoh politik terkemuka menjelang persiapan Pemilu 2024.

Berkat kerja keras itu, AHY yang sebelumnya tidak diperhitungan dalam kandidasi elektoral, belakangan justru jadi bahan pembicaraan bahkan digadang-gadang bakal jadi salah satu kandidat cawapres terkuat.

Kuda Hitam AHY

Tak banyak yang mengetahui bagaimana pergerakan politik yang dimainkan AHY menjelang Pemilu 2024. AHY sendiri termasuk pendatang baru dalam dunia politik jika dibadingkan dengan banyak politisi senior lainnya yang masih eksis hingga hari ini.

Keterlibatan AHY dalam dunia politik praktis dimulai ketika dirinya maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Sebelum memutuskan terjun ke dunia politik, AHY dulunya seorang prajurit TNI berpangkat Mayor. Karena pilihannya itu, ia terpaksa memilih pensiun dini dari dunia militer pada 2016.

Meski banyak yang menyayangkan keputusan tersebut, AHY nyatanya sudah bulat memikirkan konsekuensi yang akan ia hadapi. Paling tidak, muncul dua tantangan besar di awal keputusannya memilih keluar dari dunia militer dan masuk ke ranah politik praktis.

Pertama, ia harus beradaptasi dengan cuaca politik yang belum pernah ia selami sebelumnya. Kedua, fakta memilukan terkait kerapuhan Demokrat akibat kasus korupsi yang mendera partai berlambangmercyitu.

Dua tantangan yang tentu tidak mudah bagi AHY. Di bawah bimbingan SBY, AHY pun mulai belajar tentang apa itu politik dan bagaimana praktiknya. Tahun 2020, ia dipercaya sebagai ketua umum Demokrat menggantikan SBY. Tepat di saat menduduki pucuk pimpinan partai Demokrat inilah AHY mulai diperhitungkan.

Menatap Pemilu 2024, AHY pun tampak sangat siap menyambut momentum krusial ini. Meskipun gerakannya di awal kurang terbaca, perlahan mulai banyak mengundang perhatian baik di kalangan elite maupun di levelgrass root.

Pasang mata publik bahkan akhir-akhir ini dibuat terbelalak melalui serangkaian manuver politik yang dimainkan AHY bersama SBY dalam membangun blok kekuatan menjemput Pemilu. Sekuel pertemuan bersama sejumlah tokoh penting, mulai dari Surya Paloh, Jusuf Kalla hingga Prabowo menunjukkan komitmen dan keseriusan AHY dalam menjemput pesta demokrasi di depan mata.

Tak hanya itu, AHY juga disebut-sebut bakal jadidark horsealias kuda hitam seusai namanya dipasangkan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk simulasi pasangan Capres-Cawapres 2024.

Kini, babak baru pun dimulai. Sang pangeran yang mulai mengerti bagaimana cara berpolitik perlahan kembali menata kerajaan yang sedang keropos.

Musim Semi Cikeas

Masalah bertubi-tubi tidak menyurutkan semangat dan komitmen SBY mempertahankan trahnya. Melalui AHY, upaya menggapai kembali kekuasaan tidak lagi sebatas romantisme belaka.

Menyongsong 2024, baik SBY maupun AHY terlihat sangat sibuk dalam menjahit komunikasi dan memperluas resonansi jejaring politik.

Ini semua tentu tak lain dan tak bukan, demi konsolidasi dukungan dan kekuatan sebelum memasuki arena pemilu. Dan, salah satu sumber kekuatan kebangkitan Cikeas ada pada sosok SBY itu sendiri yang belakangan terlihat cukup serius menatapi momentum elektoral akan datang.

SBY, biar bagaimanapun tetap memiliki pengaruh kuat di level politik senior. Pengalamannya di dunia politik tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, SBY tercatat sebagai salah satu presiden Indonesia yang punya kedekatan cukup kuat dengan Paman Sam.

Berkat hubungan dekat SBY dan AS ini lah membuat sebagian pihak memprediksi AS akan turut memberikan dukungan kepada AHY jika SBY membisik.

Belakangan, tak banyak yang menduga bahwa SBY yang sebelumnya memilih jalan sunyi tiba-tiba muncul di panggung depan dalam proses konsolidasi kekuatan menghadapi jamuan elektoral. Intensnya komunikasi SBY dengan sejumlah politisi senior guna mempermudah langkah politik AHY ke depan menandakan kalau dirinya benar-benarall-outuntuk pemilu 2024.

Fenomena turun gunung SBY ini menarik untuk dicermati. Menimbang, ini bukan sesuatu yang lazim ia lakukan pasca dirinya tidak lagi memegang tampuk kekuasaan. Saat purna jabatan dari kursi kepresidenan, SBY terlihat lebih memilih menikmati masa tuanya dengan kegiatan melukis dan cenderung menarik diri dari hiruk pikuk dunia perpolitikan.

Bersamaan dengan itu, Demokrat juga seketika mengubah strategi politiknya ke mode senyap. Menariknya, strategi baru ini ternyata cukup berhasil dalam mengkader estafet kepemimpinan. Hasilnya, Demokrat yang tadinya lumpuh total pada elekoral 2014 perlahan bangkit di 2019 dan kini siap ambil bagian di 2024.

Kegiatan safari politik SBY dan AHY disertai militansi kader dalam merajut dukungan di taraf nasional menunjukkan adanya gelombang kebangkitan Demokrat dan juga reinkarnasi kerajaan Cikeas.

Dengan melihat skenario dan langkah politik SBY untuk AHY dalam merebut kursi RI 01, memberikan semacam sinyalemen bahwa kekuasaan Cikeas kini sedang menemukan momentumnya untuk kembali bangkit?

*Penulis: Harsam (Research Director of IndoNarator)

foto

Terkait

Foto

Gubernur Syamsuar Geram, Semua Pimpinan BRK Dikumpulkan

RIAUBOOK.COM - Gubernur Riau Syamsuar langsung mengumpulkan semua komisaris, direktur dan kepala cabang Bank Riau Kepri (BRK) di setiap kecamatan…

Foto

FPR Audiensi ke BPJS Sumbagteng-Jambi, Deputi: Kami Ringankan Tunggakan Peserta

RIAUBOOK.COM - Forum Pemred Riau (FPR) audiensi BPJS-Kesehatan Wilayah Sumbagteng-Jambi yang membawahi pengelolaan BPJS untuk empat provinsi di lantai II…

Pertamina Dumai raih lagi Penghargaan Bisnis Indonesia CSR Award 2022

RIAUBOOK.COM - Ajang Bisnis Indonesia CSR Award (Bisra) 2022 mendaulat program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kilang Pertamina Internasional Refinery…

JMSI Dumai rampungkan restruktur pengurus dan bersiap gelar Rakercab

RIAUBOOK.COM - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kota Dumai agendakan gelar rapat kerja cabang pada Juli 2022 nanti untuk membahas…

Foto

Baru Saja, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Wafat

RIAUBOOK.COM - Kabar duka, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia usai menjalani perawatan intensif…

Foto

Pantau Jemaah Haji Riau, Gimana Kondisi Makanan Mereka Ya...

RIAUBOOK.COM - Kementerian Kesehatan memastikan makanan jemaah haji aman untuk dikonsumsi karena pemantauan dilakukan melalui dashboard TelePetugas. Melalui TelePetugas,…

Foto

Brigjen Iroth Sonny: SMSI Harus Jaga Ideologi Pancasila Bersama TNI

RIAUBOOK.COM - Steering committee (SC) Rapat Pimpinan Nasional Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Tahun 2022 melakukan rapat persiapan bersama pimpinan…

Foto

Ini alasan KONI Dumai tidak bantu cabor dalam Kejurprov

RIAUBOOK.COM - Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Dumai Muhammad Said menegaskan perihal anggaran bantuan untuk pengurus cabang olahraga sudah…

Foto

Kehadiran Ukraina di KTT G20 Indonesia Tergantung...

RIAUBOOK.COM - Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan, partisipasi Ukraina dalam KTT G20, yang akan diadakan di Indonesia, akan tergantung pada situasi…

Foto

NasDem: Restorasi Pilpres 2024

PARTAI Nasional Demokrat (NasDem) memiliki frekwensi politik yang berbeda dengan partai-partai lainnya, restorasi menjadi inti dari keterpilihan Surya Paloh menjadi…

Foto

Job Kurniawan: Pemprov Riau Cegah Sebaran Penyakit Hewan Jelang Idul Adha

RIAUBOOK.COM - Perlu dilakukan koordinasi khususnya di lintas sektoral dalam upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku…

Foto

Sejahterakan Masyarakat, Pemprov Riau Percepat Sertifikasi Halal

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menggelar rapat koordinasi percepatan sertifikasi halal yang…

Foto

Komisaris Utama Kilang Pertamina Internasional puji kinerja RU II Dumai

RIAUBOOK.COM - Komisaris Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Triharyo Indrawan Susilo puji kinerja dan kesiapsiagaan yang dicapai Refinery Unit…

Foto

Mahasiswa Politeknik Negeri Medan dikenalkan bisnis kilang Pertamina Dumai

RIAUBOOK.COM - Sebanyak 71 mahasiswa Politeknik Negeri Medan berkunjung dan studi tur ke PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery…

Foto

Perizinan sejumlah usaha hiburan malam Dumai ditemukan belum lengkap

RIAUBOOK.COM - Tim Pengawas Terpadu Pemerintah Kota Dumai temukan sejumlah kekurangan dokumen syarat perizinan saat melakukan operasi pengawasan operasional di…

Foto

Marshanda Ditemukan di Wilayah Gelandangan dan Pecandu Narkoba AS

RIAUBOOK.COM - Aktris Marshanda ditemukan di kawasan rawan kriminal, tempat di mana banyak gelandangan dan pecandu narkoba sekitar wilayah Las…

Foto

Aktris Marshanda Hilang di Los Angeles, Sempat Sebut Nama Joe Biden dan Jokowi

RIAUBOOK.COM - Aktris Marshanda sempat disebut linglung sebelum dikabarkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat, dia bahkan sempat menyebut nama…

Foto

Muflihun Akan Cabut Izin Holywings Pekanbaru

RIAUBOOK.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Riau, Muflihun, akan menjabut izin Kafe Holywings jika terbukti melanggar aturan dan mengancam…

Foto

AS Siapkan Rp9.000 Triliun Lawan Proyek Tiongkok di Indonesia

RIAUBOOK.COM - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, dan para pemimpin G7 lainnya meluncurkan kembali "Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi…

Foto

Jenderal Andika Ganti Danpaspampres, Jokowi Akan Dikawal Sosok Wahyu Hidayat

RIAUBOOK.COM - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerbitkan surat keputusan bernomor Kep/558/VI/2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan perwira TNI. Dalam…

Pendidikan