foto

Peserta KOMWIL I APEKSI Kagumi Pembangunan Pekanbaru

Siapakah Yang Layak Memimpin Riau 5 Tahun Ke Depan?

Firdaus-Rusli
Syamsuar-Edy Nasution
Arsyadjuliandi Rahman-Suyatno
Lukman Edy-Hardianto

RIAUBOOK.COM - 24 Walikota dan Ratusan peserta Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (MUSKOMWIL I APEKSI) memuji pembangunan Kota Pekanbaru yang maju pesat di bawah kepemimpinan Doktor Firdaus.

Selama tiga hari berada di Kota Pekanbaru hampir seluruh peserta betah dan mengagumi acara demi acara yang disajikan oleh panitia pelaksana.

Mulai pembukaan hingga penutupan MUSKOMWIL I APEKSI Pekanbaru yang berlangsung tanggal 1 - 3 Februari 2018, acara demi acara yang sudah dirancang bisa berjalan lancar dan aman tanpa halangan berarti. Sebuah prestasi dan kesuksesan yang patut siacungin jempol, sebab ini kali pertama Pekanbaru menjadi tuan rumah setelah sekian lama berkutat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, bahkan Kepri.

Pujian pertama terlontar dari mulut Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saat berkunjung ke Pekanbaru guna melantik pengurus baru MUSKOMWIL I APEKSI periode 2018-2021 yang diketuai Doktor Firdaus.

Ia mengagumi inovasi yang dibuat Firdaus untuk memajukan kota Pekanbaru dalam hal pelayanan "smart card".

Ia bahkan ingin mengadopsi ilmu yang diterapkan Pekanbaru untuk masyarakatnya di Tangerang Selatan.

"Kami akan mencontoh "smart card" Pekanbaru, sepertinya menarik dimana dalam satu kartu bisa bekerjsama dengan bank. Masyarakat akan dimudahkan, " tutur Airin yang juga selaku Ketua Umum Apeksi ini.

Ia juga salut karena Pekanbaru sudah maju selangkah dalam mengikusi program pemerintah untuk menerapkan program pelayanan kepemerintahan dan masyarakat yang berbasis non tunai.

"Apalagi kita sekarang di pemerintahan sudah tidak boleh lagi tunai harus non tunai. Ini adalah salah satu alternatif kita untuk pelayanan dibidang perbankan yang bisa dikerjasamakan dengan pelayanan di masyarakat Kota Tangerang Selatan" pujinya panjang lebar.

Tidak sampai disitu Airin yang juga menutup acara MUSKOMWIL I APEKSI memuji tata kota yang bersih dan teratur, apalagi dengan adanya pembangunan sistem perkotaan yang mulai menyebar ke wilayah baru, ia menyatakan kekagumannya dengan visi Doktor Firdaus. Sebab tidak hanya memikirkan kepadatan disatu wilayah tetapi juga pemerataan pembangunan dengan membuka pengembangan wilayah baru. Ini terbukti dengan dikembangkannya kawasan perkantoran Walikota Tenayan Raya akan membawa pemerataan kesejahteraan bagi pergerakan perekonomian wilayah.

Karenanya Airin berpesan program pemerintah yang bagus dan berhasil itu tidak semata mengandalkan dana APBD, tetapi juga sangat ditentukan oleh kerjasama dan dukungan masyarakat.

"Sukses buat pak wali, yang namanya kawasan perkotaan pembangunan saat ini bagus, mudah-mudahan ini bisa dilanjutkan dan menjadi contoh buat kota lain, " harapnya.

Tidak jauh berbeda walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang pernah menjabat Pengurus Apeksi wilayah Regional 1 periode 2015 - 2018 tak henti memuji keberhasilan Doktor Firdaus membawa Pekanbaru menuju kota pintar.

Hal ini siucapkannya usai menghadiri peninjauan Pekanbaru Command Center (PCC) yang berada di jalan Pepaya .

Ia salut untuk persiapan pemerintah kota Pekanbaru sebagai tuan rumah penyelenggaraan Muskomwil Apeksi wilayah 1 tahun 2018 yang dihadiri 24 walikota dan tamu undangan lainnya.

Mahyeldi Ansharullah juga bangga dan kagum atas persiapan dan rangkaian penyelengaraan Muskomwil Apeksi tahun 2018 kali ini , dimana mulai dari persiapan penyambutan kedatangan tamu 24 walikota yang hadir , paparan master plane rancangan kinerja pemerintah Pekanbaru dalam program kerjanya Smart City , serta kemajuan pembangunan kota Pekanbaru.

"Saya merasa kagum saat rombongan 24 walikota yang hadir dapat melihat tatanan kota Pekanbaru yang bersih , rapi dan pesat akan kemajuan pembangunan , seperti pembangunan perkantoran bersama pemerintah Pekanbaru yang tadi pagi kita tinjau," ucap Mahyeldi Ansharullah.

Menurutnya serangkaian kegiatan penyelengaraan yang disajikan Pekanbaru akan menjadikan inspirasi yang baru bagi pihaknya dan munculnya sejumlah ide-ide cemerlang untuk lebih berpacu membangun wilayah kerja kami masing-masing.

"Dengan adanya kegiatan ini kiranya dapat lebih bermanfaat bagi peserta Apeksi dan memajukan program kerja Apeksi serta yang paling utama merajut tali silahturahmi , kekompakan serta mempererat tali persaudaraan, " imbuhnya.

Ia juga tak lupa mengucapkan selamat kepada bapak Dr H Firdaus ST MT yang telah terpilih menjabat sebagai ketua Komisariat Wilayah I Apeksi periode 2018 - 2021 mendatang .

Sementara itu Datuk Bandar Setia Amanah Firdaus mengucapkan selamat dan terimakasih kepada panitia yang sudah bertungkus lulus mempersiapkan acara ini.

Firdaus menilai acara yang dituanrumahi Pekanbaru berhasil sukses, dengan hadirnya ke 24 Wali Kota dari lima Provinsi.

Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri ke Kota Pekanbaru pada acara Musyawarah Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Muskomwil I APEKSI) tanggal 1-3 Januari.

"Kepada penyelenggaran saya ucapkan terimakasih sekretariat dan semua panitia semua rangkaian acara dari awal pembukaan hingga penutupan berjalan lancar dan semua sehat, " pungkasnya.

Ketua Panitia Pelaksana Azwan juga tidak lupa menyampaikan apresiasi ini berhasil berkat semua element panitia dari tingkat atas hingga ke bawah termasuk masyarakat.

Ia menilai rangkaian acara musyawarah komisariat wilayah I regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (MUSKOMWIL I APEKSI) tanggal 1 - 3 Februari 2018. Dengan berbagai agenda, baik dari aspek budaya, lingkungan, dan pemerintahan dapat tersaji sesuai perencanaan.

"Selama muskomwil I agenda penting seperti pawai yang diikuti oleh Pemerintah Kota se Sumatera, pembukaan city expo/pameran yang diawali dengan penanaman pohon di Kawasan Perkantoran Tenayan, bahkan pemilihan Ketua baru Doktor Firdaus semua lancar," ujarnya.

Sehingga ia berharap APEKSI ini membuka mata masyarakat diluar sana bahwa Pekanbaru adalah kota yang berkembang pesat dan akan menjadi metropolitan madani. (RB/Vera)

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Terkait

Foto

Keterbukaan Informasi, Upaya Memupuk Kepercayaan Publik

SISTIM keterbukaan informasi publik bukanlah hal yang tabu lagi, tapi saat ini sudah menjadi kewajiban bagi penyelengara pemerintahan untuk menerapkan…

Foto

Destinasi Wisata dan Budaya Inhu Ternyata Sangat Mengagumkan

RIAUBOOK.COM - Selama ini hanya segelintir orang yang tau jika di Kabupaten Inhu banyak terdapat objek atau destinasi wisata alam…

Foto

Bukti Keberhasilan Pendidikan, Pelajar Inhu Miliki Segudang Prestasi

RIAUBOOK.COM - Salah satu bukti jika pembangunan bidang pendidikan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) dibawah kepemimpinan Bupatinya,…

Foto

Festival Pancing Udang Para Pemburu 'Si Jepit Biru' Miliki Prospek Jadi Iven Tahunan

RIAUBOOK.COM- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan membuka Festival Pancing Udang Para Pemburu 'Si Jepit Biru'. Bupati mengatakan,…

Foto

Diskominfo Inhil Kunjungi Dewan Pers

RIAUBOOK.COM- Dalam rangka mencari masukkan seputar eksistensi media, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Indragiri Hilir (Inhil) kunjungi Kantor Dewan…

Foto

Maulid Nabi Merupakan Tradisi Peringati Hari Lahir Rasulullah SAW

RIAUBOOK.COM- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyebut, gelaran Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah tradisi untuk memperingati…

Foto

Bupati Inhil Hadiri Pisah Sambut Kapolres

Foto

Sambu Group 50 Years Anniversary, Bupati Nyatakan Mr Tay Juhana Sebagai Tokoh Pengembang Kelapa Inhil

RIAUBOOK.COM- Pada perayaan Sambu Group 50 Years Anniversary, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan menyatakan, Mr Tay Juhana…

Foto

Ekpos Bupati, Pusat Apresiasi Keberhasilan Progam DMIJ

RIAUBOOK.COM- Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, menggelar ekpos terhadap pencapaian program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) di Kementerian…

Foto

MTQ Ke - 36 Riau, Bupati Inhil Ikuti Prosesi Pelepasan Pawai Ta'aruf

Foto

Bupati Inhil Kembali Torehkan Prestasi

RIAUBOOK.COM- Bupati Indragiri Hilir kembali menorehkan prestasi di tingkat Provinsi. Kali ini, HM. Wardan meraih Award dari Komisi Informasi…

Foto

Lantik Kades Tunggal Rahayu Jaya, Teluk Belengkong Ditengah Genangan Air, Bupati Inhil: Ini Adalah Rahmat

RIAUBOOK.COM- Sungguh mengharukan jika melihat kondisi pada saat dilaksanakannya pelantikan Kepala Desa (Kades) Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong.…

Foto

Puluhan Pengurus Muslimat NU Pulau Burung Berikrar Capai Tujuan Dan Patuhi Aturan Organisasi

RIAUBOOK.COM- Puluhan pengurus Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) dan Dewan Pimpinan Ranting Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Pulau Burung…

Foto

Delapan Kades Pulau Burung Dilantik, Bupati Inhil Berpesan Untuk Amanah Jalankan Tugas

RIAUBOOK.COM- Delapan orang Kepala Desa (Kades) Kecamatan Pulau Burung secara resmi dilantik. Pada acara pelantikan, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir…

Foto

Pelantikan 3 Kades Kateman, Bupati Inhil Imbau Setiap Kades Gerak Aktif Upayakan Pembangunan

RIAUBOOK.COM- Dalam prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 3 (tiga) Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kateman, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir…

Foto

Bupati Kukuhkan Kepengurusan DPC APDESI Inhil Periode 2017 - 2022

RIAUBOOK.COM- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengukuhkan struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh…

Foto

Bupati Inhil Komit Tuntaskan Jalan Rantau Panjang - Tekulai

RIAUBOOK.COM- Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan kembali menindaklanjuti komitmen penuntasan pembangunan infrastruktur jalan. Kali ini, giliran ruas…

Foto

Bupati Inhil Instruksikan BPBD Berlakukan Siaga Banjir

RIAUBOOK.COM- Dengan ditetapkannya Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai salah satu daerah rawan banjir oleh Pemerintah Provinsi Riau. Maka, Bupati…

Foto

Pemkab Inhil Berkomitmen Tuntaskan Infrastruktur Jalan Teluk Pinang

RIAUBOOK.COM- Teluk Pinang yang belum mendapatkan perbaikan sepanjang 5 KM di Parit 17, Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak…

Foto

Dewan Pinta Kesra dan LPTQ Jelaskan Tanggung Jawab Terkait Buruknya Prestasi Inhil Pada MTQ ke - 36 TP Riau

RIAUBOOK.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Asmadi, pinta instansi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) dan Lembaga…

foto

Pendidikan