Prosesi pengibaran Sang Merah Putih. (Anton)

Jumat, 18 Agustus 2017 - 08:36 WIB 3610000

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Pelalawan Diwarnai Hujan Lebat dan Padamnya Listrik

Share ke BBM

RIAUBOOK.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan memperingati detik-detik peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, bertempat di Lapangan Bola Kaki Pangkalan Kerinci, Kamis (17/08/2017).

Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 72 Tahun 2017 ini mengambil tema "Indonesia Kerja Sama". Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara yaitu Kapten Inf Esron Sihotang sedangkan Komandan Upacara dilaksanakan Kapten Arh Diding Sukardi.

Sebelum berlangsungnya detik detik Proklamasi, para tamu undangan dan peserta upacara disuguhi penampilan klosal perjuangan bangsa indonesia yang dilakoni siswa-siswi SMAN 1 Pangkalan Kerinci. Dalam drama klosal tersebut mengisahkan pertempuran antara masyarakat Pelalawan yang dipimpin Tengku Sayid Nurdin melawan penjajahan Belanda.

Tepat pada pukul 09.45 WIB, Rombongan Bupati Pelalawan HM Harris beserta Wabup Zardewan, Ketua DPRD Pelalawan Nazaruddin, Forkompinda, Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis, Sultan Pelalawan, Tokoh Pendiri Kabupaten Pelalawan memasuki tempat upacara yang telah terlebih dahulu dihadiri tamu undangan VIP seperti, Anggota DPRD Pelalawan, Anggota DPRD Propinsi Riau Sewitri dan Kepala OPD beserta jajaran dan tidak ketinggalan Pinpinan 31 Paguyuban Suku yang ada di Pelalawan juga Tokoh Masyarakat, Agama dan Pemuda.

Tepat pukul.10.00 WIB detik-detik proklamasi dimulai dengan ditandainya bunyi sirene yang cukup panjang dan dilanjuti pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Pelalawan Nazaruddin.

Namun disaat prosesi pengibaran bendera merah putih oleh Paskibra, Kota Pangkalan Kerinci tiba-tiba diguyur hujan lebat sehingga paskibra yang dipimpin oleh Letda Inf R.Ginting dan peserta apel yang terdiri dari unsur TNI-Polri, PNS serta Organisasi Kemasyarakatan, Siswa-Siswi SMK dan SMA juga SMP ikut basah kuyup. Tidak itu saja warga masyarakat yang ingin menyaksikan langsung peringatan ini juga ikut bermandi hujan.

Namun satu hal.yang membuat suasana kurang khidmat adalah akibat matinya lampu listrik dan tidak adanya persiapan dari panitia sehingga prosesi pembacaan doa oleh Kamenag Kabupaten Pelalawan HM Rais dan laporan komandan upacara Kapten Arh Diding terlihat tidak maksimal. "Sayang rasanya prosesi yang sudah dirancang dan berlatih berhari-hari rusak hanya gara-gara listrik mati," ujar salah seorang penonton pada media ini. [RB/ton].

Follow News : Riau | Kampar | Siak | Pekanbaru | Inhu | Inhil | Bengkalis | Rohil | Meranti | Dumai | Kuansing | Pelalawan | Rohul | Berita Riau

Share ke BBM

100000000
anthon dalemunte

Berita Terkini

KPK Tetapkan Mantan Bupati Bengkalis Tersangka

Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:41 WIB

Tak Pandai Berenang, Bocah di Inhil Tenggelam di Parit

Senin, 07 Agustus 2017 - 11:59 WIB

Kebakaran di Rohil Nenek dan Cucu Tewas Terpanggang

Rabu, 02 Agustus 2017 - 09:53 WIB

Berikut ini Nama Korban Crane yang Roboh di Palembang

Selasa, 01 Agustus 2017 - 14:21 WIB

Dua Crane LRT Roboh Hancurkan Rumah Warga

Selasa, 01 Agustus 2017 - 14:11 WIB

Tabrakan Maut, Pejabat Kampar Surya Budi Meninggal Dunia

Selasa, 01 Agustus 2017 - 09:42 WIB

Hari Ini Korban Ledakan Rohul Naik Helikopter

Rabu, 26 Juli 2017 - 11:08 WIB

Kebakaran Bagansiapiapi, Dua Rumah Rata dengan Tanah

Selasa, 25 Juli 2017 - 16:04 WIB

Cari Judul Berita




Galeri Riau Pustaka Lingkungan Dunia